Minggu, 10 Januari 2021

Learning Management System (LMS) dari Ruangguru, Terbaik di Indonesia

Bismillah, 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah dilaksanakan sejak Maret 2020 sampai sekarang. Berbagai macam penerapan e-learning gencar dilakukan untuk mendampingi belajar online. 

Yang ngaku gaptek saja zaman seakrang tuh harus lebih bisa melek teknologi untuk imbangi efektivitas pembelajaran daring anak - anak. Betul? 



Setelah menjalani pembelajaran secara daring yang hampir masuk setahun ini, ternyata lumayan efisien sih menurut saya. Efisien secara biaya, waktu & juga tenaga. 

Metode pembelajaran e-learning ini jadi pilihan di masa pandemi sekarang, soalnya kan pembelajaran tatap muka diliburkan dulu sampai batas waktu yang belum diketahui, ya siap gak siap saya harus siap dong menemani anak belajar secara daring. Makanya saya harus upgrade nih biar paham tentang pembelajaran sistem online ini.

Ternyata nih, efisien atau tidaknya metode secara daring atau e-learning yang digunakan saat ini tuh ternyata sangat bergantung pada LMS loh, apa tuh LMS?

LMS itu adalah singkatan dari Learning Management System.

Simplenya, LMS ini tuh adalah sistem komputer yang dibuat untuk pengelolaan dan juga pendistribusian materi ajar.

Jadi, LMS ini tuh bukan cuman dipakai pada metode pembelajaran secara daring / e-learning untuk sekolah atau kampus tapi juga banyak dan sering digunakan untuk bimbel online.

Fitur yang disediakan oleh LMS ini tuh sangat erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Untuk fitur absensi dan pengumpulan tugas. Jadi LMS ini penting banget peranannya untuk proses pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini yah.

BTW, ngomongin LMS gini nih, ada rekomendasi gak sih yang bisa digunakan untuk menemani belajar anak selama daring ini? Yang pastinya LMS yang terbaik dan paling oke digunakan di Indonesia.

Inilah, LMS terbaik yang ada di Indonesia yang digunakan untuk pembelajaran daring

Ruangkelas by Ruangguru 

Saya yakin, temen – temen yang sering mampir ke blog saya nih pasti pernah baca salah satu tulisan saya tentang ruangkelas persembahan Ruangguru. Iya kan?

Yes, ruangkelas ini adalah salah satu platform yang masuk kedalam kategori LMS loh, hebat yah. Asli buatan anak negeri ini gengs. Ini tuh baru dirilis tahun 2020 loh. Hebat kan?

Usianya memang masih belia namun produk ruangkelas ini punya banyak fitur unggulan yang membuat ruangkelas ini menjadi salah satu LMS terbaik yang ada di Indonesia.


Dengan LMS ini, guru bisa membuat sebuah kelas online bersama dengan para siswa & siswi nya. Kelas online bisa dibuat secara manual atau bisa juga langsung import dari Google Classroom.

Hebatnya, di ruangkelas ini ada fitur yang membuat guru bisa menganalisa nilai siswa & siswi nya. Terus, guru bisa melakukan interaksi langsung dengan siswa & siswi nya via chat atau video. Ruangkelas ini kehebatan lainnya yaitu punya fitur special yang mana fitur itu tidak dimiliki oleh LMS lain.

Melalui LMS ini, guru bisa send materi yang mana materinya hasil gurunya sendiri ataupun hasil rangkuman dari materi lain, jadi guru gak hanya memberikan tugas tapi juga ada pilihan lainnya seperti memberikan latihan topik dan juga bank soal dari Ruangguru. Learning Management System (LMS) dari Ruangguru, Terbaik di Indonesia dan masih ada kok LMS terbaik lainnya seperti  Google Classroom dan ada beberapa LMS lainnya juga , ini nanti akan saya bahas pada postingan lainnya ya gengs.

 

With Love,



Tian lustiana 

 

 

 

19 komentar

  1. Aku belum nyoba nih LMS dari RuangGuru. Udah hampir setahun ini ngajar online, pakai berbagai metode dan cara sih. Coba aku browsing lebih jauh deh. Mau juga coba pakai LMS RuangGuru

    BalasHapus
  2. Ohh LMS itu semacam media pembelajaran yang digunakan ya Mbak? Anakku selama ini pakai Google Classroom dan Google Meet untuk pembelajaran daring. Baru tahu klo Ruang Guru juga punya produk LMS.

    BalasHapus
  3. wuah LMS ini bermanfaat banget ya untuk pandemi
    dan kalaupun pandemi usai, LMS ini masih bisa banget disinkronkan dengan siswa-siswi

    BalasHapus
  4. Keren banget nih inovasinya Ruang Guru. Tanggap dengan keadaan dan kebutuhan di masa pandemi ini. Semoga sistemnya bisa bermanfaat pagi tenaga pendidik, ortu dan juga siswa ^^

    BalasHapus
  5. wah ada LMS ya, pas banget buat pandemi seperti ini
    kapan kapan kau coba ah
    buat anak anak belajar di rumah

    BalasHapus
  6. Was LMS ini seharusnya dipakai sama sekolah adikku nih. Selama ini dia masih menggunakan zoom meeting begitu untuk sekolah onlinenya. Tugas dan materi pun dibagikan melalui WAG.

    BalasHapus
  7. Walaupun memang belum lama, tapi Ruangguru terus berkembang dan sekarang menghadirkan Ruangkelas untuk memudahkan proses PJJ.

    BalasHapus
  8. ya ampun, ruang guru ini aplikasi anak negeri yang paling keren dan bermanfaat sih menurut ku. semakin hari inovasinya semakin berkembang.

    BalasHapus
  9. Di kampung aku ngga ada pakai LMS ini. Kondisinya belum mendukung karena keterbatasan SDM dari ortu siswa-siswinya terkait juga dengan tingkat pendidikan para ortu yang tak sama. Padahal keknya bagus ya.

    BalasHapus
  10. Saat kita kita dimudahkan teknologi ya. Datang gak semua anak bisa merasakan kemudahan ini. Seperti di sekolahku. Anak2 yg tinggal desa susah sinyal dan bahkan ada yg tidak punya hape.

    BalasHapus
  11. Enak juga sistem LMS di ruang guru ya kak.. soalnya guru bisa melakukan interaksi langsung dengan siswa & siswi nya via chat atau video.
    Jadi anak gak bosan kalo cuma belajar online tanpa interaksi secara langsung.

    BalasHapus
  12. wah ada program baru kah ini di Ruang guru, dl sering ikut promosi nya,, belu ada LMS ini dan bikin penasaran pengen coba

    BalasHapus
  13. Ooh ini bagian dari ruang guru toh. Banyak platform yang dapat membantu kita dalam mengusahakan pembelajaran untuk anak agar lebih berhasil

    BalasHapus
  14. Oh, jadi LMS ini semacam bimbel online ya kak?

    Kalau dari ruang guru inysallah terjamin kualitasnya. Dan kebetulan juga PJJ ya. Pasti berguna banget

    BalasHapus
  15. Ah iya nih, penerapan e-learning saat ini makin gencar dilakukan untuk mendampingi belajar online ya kak. Soalnya PJJ akan sampai kapan, kita tidak tahu. Butuh terus eksplorasi dalam metode belajar

    BalasHapus
  16. Kayaknya saya butuh nih kalau ingin buat materi ajar fotografi
    Saya coba ah ke Ruang Guru juga

    BalasHapus
  17. Lengkap ya fitur ruangguru. Yang paling membantu sih tool untuk menganalisis nilai siswa. sebagai seorang guru, ini membantu aku banget. Soalnya kalau mau ngitung manual satu-satu bisa makan waktu banget. ^^

    BalasHapus
  18. Ruang guru emang selalu inovatif ya mba, dan sekarang sangat membantu pekerjaan guru plus makin 'mendekatkan' guru dan murid. Mantap

    BalasHapus
  19. salut saya sama sistem yang digunakan oleh Ruang guru, dibuat sedemikian rupa dan akhirnya sistem yang digunakan akan banyak diadopsi dan ditiru oleh sistem pembelajaran sekarang

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon