Tips Membuat Target Penjualan Yang Tepat Agar Pencapaian Penjualan Maksimal

Gak kerasa ya sekarang kita sudah ada dipenghujung tahun 2020. Berasa banget kemarin banget deh memasuki awal tahun 2020, sekarang sudah mau memasuki tahun 2021. 


Dulu, memasuki 2020 saya punya banyak harapan dan doa. Salah satu yang saya panjatkan adalah usaha saya makin berkah dan makin maju. Gimana pencapaiannya? Alhamdulillah, meski belum goals banget namun saya sangat bersyukur sekali usaha saya (Marwah Style) masih tetap bisa survive ditengah Pandemi seperti ini, masih tetap bisa produksi dan jualan adalah anugerah banget. 

Memang, pencapaiannya belum sempurna. Namun saya masih selalu bersyukur karena banyak usahanya yang bahkan gulung tikar dihantam pandemi ini. Meski banyak yang tetap survive bahkan makin maju ditengah pandemi ini. 



Nah, untuk tetap survive berbisnis ditengah pandemi ini bukan tanpa usaha loh, ya ada beberapa usaha yang harus dilakukan supaya tetap berjalan dan sesuai target bisnis nya. 

Salah satu usaha yang kerap saya lakukan adalah membuat target penjualan yang tepat agar pencapaian penjualan maksimal. 

Sebagai pelaku bisnis, buat saya target penjualan itu merupakan hal paling penting dan gak bisa diabaikan begitu saja. Maju mundurnya bisnis ya bisa ditentukan dengan seberapa banyak sih kita jualan, bener gak? 

Makin banyak barang kejual, makin untung. Betul? 

Peranan marketing dibutuhkan disini. Dalam usaha yang saya jalankan, saya sebagai owner pun merangkap sebagai marketing juga, hehe. Jadi saya harus punya marketing plan ala saya yang bisa saya terapkan. Saya sih buat marketing plan sederhana saja ala - ala saya hehe yang tetap memperhatikan 4P ( Product, Place, Price & Promotion). Ilmu yang saya dapatkan ketika kuliah dulu nih. 



Sohow membuat target penjualan yang tepat? 

Gimana nih cara membuat target penjualan yang tepat agar pencapaian penjualan maksimal? 

Doa

Jangan pernah sepelekan kekuatan doa. Dengan doa semua hal yang mustahil terjadi insya allah akan terjadi. Bukankah doa itu senjata kita sebagai orang muslim/muslimah? 



Apapun yang kita inginkan, yang sedang kita kerjakan maksimalkan dengan doa, insya allah apa yang diinginkan akan tercapai. 

Merencanakan penjualan secara jelas 

Rencanakan dengan detail kemana produk akan dipasarkan. Tentukan juga siapa saja yang menjadi target penjualan produk kita. Tentukan juga pola penjualan seperti apa yang akan dipakai. 

Cek deh dari data - data tentang karakter pembeli, ada yang beli langsung banyak dan ada juga yang beli hanya coba - coba saja. Database pelanggan seperti ini dibutuhkan banget loh untuk membangun usaha dan membuat target penjualan. 



Kreatif & inovatif 

Harus punya kreasi tentang bagaimana menyampaikan produk supaya lebih kreatif dan juga inovatif, ini untuk menarik supaya calon konsumen tertarik menggunakan produk yang kita jual. Dalam hal ini, kepuasan konsumen akan membuat kita bisa mencapai terget penjualan yang lebih cepat. 



Fokus & fleksibel 

Jangan kaku, tapi fleksibelkan diri ketika ketemu dengan konsumen baru. Biasanya pebisnis itu cepat beradaptasi maka ketika ngobrol dengan calon konsumen akan langsung tahu apa sih yang sebenernya dicari konsumen. Dengan demikian akan lebih mudah menawarkan produk kepada konsumen. 

Fokuskan pada target penjualan dan konsisten menjalani rencana yang sudah dibuatkan untuk mencapai target penjualannya. Disiplin, is the key. Jadi jangan langgar aturan yang sudah dibuat, disiplinkan dalam membuat laporan pencapaian setiap minggunya, fokus untuk menuliskan laporan penjualan selama prosesnya berjalan. 

Jalin kerjasama baik dengan partner bisnis 

Dalam urusan bisnis kita ga gerak sendiri. Ada partner yang ikut berjuang bersama. Seperti yang saya alami nih, saya produksi pakaian otomatis saya harus menjaga kerjasama dengan suplier kain, benang dll. Betul? 

Karena usaha saya kebanyakan online, jadi saya juga harus berpartner dengan baik dengan ekspedisi yang mengirimkan barang - barang jualan saya untuk sampai dengan baik kepada pelanggan. 

Saya selalu setia nih sama JNE sejak tahun 2009 sampai sekarang. Percuma kan produksi oke, jualan oke kalau gak ada yang anterin produk kita sampai ke tangan pembeli? Gak mungkin kan saya anterin sendiri jualan ke luar kota, bener? 


Kenapa saya pilih JNE sebagai partner dalam mengirimkan produk - produk Marwah Style ke luar kota? 



Kecepatan & ketepatan waktu 

Menurut saya, JNE udah paling oke deh untuk masalah kecepatan & ketepatan waktu ketika melakukan pengiriman. JNE memiliki komitemen untuk memberikan layanan yang tepat dan cepat dalam setiap pengiriman barang. 

Jaminan keamanan 

JNE memberikan jaminan keamanan pada setiap paket yang dititipkan. jadi menjamin bahwa barang yang dikirimkan aman, tidak akan rusak.  Keren yah? Selain cepat & tepat juga aman dong, idola banget emang nih JNE kesayangan. 



Banyak pilihan untuk paketnya 

Senengnya tuh JNE banyak pilihan paket pengirimannya. Bisa disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan konsumennya. Ada yang mau cepet pake YES atau yang REG juga oke. Atau kalau santuy banget sih pake yang OKE juga jaminan banget. Jadi JNE itu beneran menyesuaikan, sila bebas pilih yang mana. Biasanya saya tanyain pada konsumen mau pakai paket pengiriman yang mana. Sejauh ini sih kebanyakan pada suka pakai yang REG. 


Sistem online yang bikin serba mudah 

Paket pengiriman belum sampai pada pelanggan? Tenang, langsung cek online saja, masukkan kode resinya dan keliatan itu paket sedang ada dimana, semudah itu loh melakukan cek paket yang sedang dikirim. 

Gimana? mudah bukan melakukan pengiriman melalui JNE? Cocok banget emang nih JNE buat partner dengan para online seller. Selain itu, kami para seller juga dimanjain dengan adanya JLC (JNE Loyalty Card) yang bisa diredeem menjadi voucher belanja atau bisa mendapatkan kesempatan memenangkan undian dari JNE. Asik pokoknya. 

Baca : Peranan JNE dalam dunia digital 

Gimana temen - temen sudah mempersiapkan target penjualan untuk tahun 2021? Gimana nih pencapaian di tahun 2020? Sharing yuk! 


With Love, 

Tian lustiana 




Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon