Tips Memulai Bisnis

November 24, 2020

Mana nih suaranya yang sedang maju mundur ingin membuka usaha sendiri? Dulu, saya termasuk yang juga maju mundur buat memulai usaha. Membuka usaha sendiri itu adalah salah satu peluang yang bisa menghasilkan uang, iya kan? 

Apalagi nih, dimasa pandemi gini susah kan nyari pekerjaan apalagi kalau gak ada skill khusus. Belum lagi ekonomi kita yang naik turun bak rollercoaster. Coba deh baca berita bisnis, banyak juga bisnis yang gulung tikar, hiks sedih kan yah. 


Tipsmemulaibisnis

Kalau buka usaha sendiri kan artinya kita malah membuka peluang untuk menghasilkan uang dan membuka lapangan kerja juga, betul? Yah, supaya finansial kita juga tetap berjalan lancar. 

Punya usaha sendiri, jadi bos ya siapa sih yang engga mau, pastinya semuanya juga mau dong. Punya usaha sendiri tuh waktunya juga lebih flexibel yah, gak terikat jam kerja kayak kalau kita jadi karyawan. Namun risiko pun besar yah kalau kita punya usaha sendiri. 




Tertarik buka usaha sendiri? 

Ada beberapa tips nih yang bisa dilakukan sebelum membuka usaha / bisnis sendiri, diantaranya : 

ANALISA JENIS USAHA 

Sebelum buka usaha, pastiin dulu bahwa usaha atau bisnis yang akan dibuka itu adalah jenis usaha yang memang disukai dan diminati. Kenapa? Karena itu akan lebih baik jika diminati, pastinya skill juga mendukung. Coba temen - temen lakukan analisis Break Event point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha yang akan didirikan. Setelahnya, baru deh dijelaskan atau dijabarkan rencana usahanya secara detail, mulai dari sales forecast, analisa arus kas dan hal lainnya. Setelah semua selesai, baru deh susun rencana pemasaran yang aka dilakukan untuk bisnis yang dijalani. 


MODAL 

Ini nih yang penting ya, MODAL. Semua orang punya keinginan untuk memulai bisnis atau usaha sendiri, tapi modal yang membuat harapan tidak menjadi kenyataan. Yah, ujungnya mandek di modal, betul? 

Modal untuk usaha baiknya darimana? 

Bisa dari modal sendiri, hasil menabung. Bisa juga nyari investor untuk menanamkan modal pada bisnis kita. Mengajukan pinjaman pada Bank atau dengan sistem partnership. Jadi bisa dicari ya modalnya, tergantung kondisi keuangan juga.

Bisnis tanpa modal? Bisa dong, temen - temen bisa memulai bisnis dengan tanpa modal, bisa menjadi reseller juga loh. Oiya, temen - temen juga bisa banget menjadi reseller Marwah Style (bisnis yang sedang saya jalani). Hehe, ya siapa kali berminat kan? 

PERLUAS JARINGAN 

Perluas networking, karena jaringan bisa disebut landasan untuk kelangsungan bisnis yang dijalani. So, temen - temen bisa melakukan memperluas jaringan / networking sebelum memulai bisnis. Jadi pas tar bisnis sudah ready, jaringan sudah oke untuk memasarkan produk yang dijual. 

Karena tidak bisa dipungkiri, jaringan yang luas bisa membuat bisnis berjalan lancar, percayalah. 

Untuk jalani bisnis ini, tips bisnis yang paling oke adalah jangan pernah menyerah dan teruslah melakukan networking untuk memasarkan produk yang kita jual. Apalagi sekarang kan dunia sosial media sudah oke banget bisa diandalkan untuk memasarkan produk / jasa yang kita jual.

Kalau menurut temen - temen gimana? Ada lagi gak tips yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis? Sharing yuk! 


With love,





You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut