Kelola Stress dengan Cara Sederhana

November 04, 2020

" Ini tensi nya tinggi, ibu punya pikiran? "

Tanya dokter, saya langsung aja jawab " Ya iya dok saya punya pikiran, kalau engga mah bahaya." 

Kebayang kan gimana kalau engga punya pikiran, haha. 

Stress zaman now itu memang kerap dialami sama siapa saja, tua dan muda. Terjadi karena banyak tuntutan dan juga kemelut hidup, serta kurangnya manajemen stress. Itu yang membuat terjadinya tekanan pikiran. 



Supaya stress teratasi dengan cepat, tentunya harus diperlukan penanganan dan juga pengelolaan stress dengan baik. Apalagi dimasa pandemi ini, stress bisa saja terjadi. Stress karena melihat grafik yang terus saja meningkat, belum lagi harus menemani dan membimbing anak #BelajardiRumah dan mengerjakan beberapa pekerjaan lainnya, kebayang kan? 

Stress pastinya pernah dirasakan, oleh saya dan temen - temen semua. Pernah ga temen - temen merasa cepet marah, gelisah, merasa kesepian, sulit banget menenangkan pikiran, suka berpikiran negatif dan hal buruk lainnya? 

Yess, bisa saja ketika merasakan itu, itulah sedang dalam keadaan stress. Yang harus dilakukan ya langsung segera atasi, jangan sampai berlarut. 

Merasa stres, adalah hal yang wajar dan normal juga. Stress juga bisa memberikan efek positif namun jika tidak diatasi dengan cepat ya yang ada akan memberikan efek negatif. 

Stress berdampak pada kesehatan 

Menurut dokter, dampak stress terhadap kesehatan itu kentara banget. Stress berlebihan dampaknya pada kesehatan mental dan juga kesehatan pada umumnya. 

"kenapa yah stress bisa menyebabkan datangnya penyakit? "

Jadi gengs, stress itu bukan cuma perasaan. Stress itu bisa saja memicu beberapa reaksi, tekanan darah yang meningkat, pembuluh darah yang menyempit dan napas pun menjadi lebih cepat, pernah merasakan hal ini? 

Hormon juga bisa meluapkan energi begitu saja jika kita sedang merasa cepat lelah. Ketika sedang stress makan imun kita tuh menurun loh, jadi tubuh sangat sulit melawan penyakit. Yang ada kita bakalan mudah terkena berbagai macam penyakit. 

Ketika sakit terus stress, yang ada yang makin parah lah penyakitnya. Ini beberapa penyakit yang bisa terjadi ketika mengalami stress yang berkepanjangan, diantaranya adalah : 

  • Sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan tidur
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Stroke 
  • Asma 
  • Penuaan dini
  • Depresi
  • Disfungsi Seksual
  • Penyakit jantung
  • Asam lambung
  • Dan penyakit lainnya 
Duh, banyak sekali ya penyakit yang dipicu dari stress, huhuh jadi ngeri. Jadi harus segera diatasi stress nya. 

Gimana memang mengendalikan stress? 

Yang paling utama harus dilakukan adalah mengetahui apa sih yang menyebabkan stress. Kemarin dokter bilang, cara tepat yang paling utama dilakukan adalah tulisin aja apa yang membuat stress jadi kedepannya bisa mengantisipasi langkah apa saja yang harus dilakukan. 

Selanjutnya lakukan relaksasi untuk tubuh dan juga pikiran. 

Keluarkan yang ada dalam hati, semua unek - unek 
Dengan cara mengeluarkan unek - unek. Jangan pendam perasaan ini malah bisa bikin makin stress, jadi mending keluarkan saja semua unek - unek, bisa membuat melepaskan beban. Kalau gak bisa curhat sama orang bisa dengan menulis, saya biasanya menulis sebagai stress realese yang mujarab. 

Rutin olahraga 
Olahraga dengan rutin bukan hanya membuat tubuh sehat tapi juga mampu meredakan stres loh. Jalan kaki setiap pagi juga bisa menjadikan tubuh lebih segar dan pikiran fresh. 

Lakukan apa yang disukai 
Apa hobinya? Shopping, nonton drakor atau ngeblog? Ya lakukan semua itu dengan hati bahagia. Ini bisa membuat tubuh & pikiran menjadi rileks, karena melakukan sesuatu yang kita sukai. 

Menjaga diri sendiri
Istirahat yang cukup, berikan tubuh makanan yang sehat dan bergizi. Jangan membuat tubuh sakit, selalu membuatnya bahagia. Ibadah yang lebih baik lagi. 

Sederhana bukan mengelola stress? Ya karena kita yang tentukan. Namun jika masih berlangsung dan susah dikelola, itu tandanya membutuhkan bantuan medis. Jadi butuh ke psikiater. 

Semoga kita semua sehat yah, sehat lahir dan juga batin. Aamiin. 



With love, 


Tian lustiana 


You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut