Senin, 26 Oktober 2020

Yuk Coba Trik Cermat Supaya Suka Makan Sayur

Sayuran dikenal sebagai makanan menyehatkan untuk tubuh. Namun sayangnya, gak semua orang suka memakan sayur karena alasan ‘rasa sayuran yang gak enak’, entah itu anak kecil maupun orang dewasa. Padahal sayuran mempunyai banyak kandungan penting untuk membuat tubuh berjalan sesuai dengan fungsinya. Seperti sumber mineral dan vitamin yang sangat baik buat menjaga kesehatan tubuh. 

Sering kali orang mengganti sayuran dengan suplemen, tapi perlu diingat kalau itu gak akan cukup untuk memenuhi asupan gizi yang ada di sayuran. Kamu harus tetap memberikan asupan sayuran dalam tubuh meski tidak setiap hari. Lantas, bagaimana caranya biar kita bisa suka makan sayuran demi pola hidup yang sehat? Berikut ada beberapa trik cermat yang bisa kamu coba untuk membuat diri agar suka makan sayuran. 


Olah Sayuran Menjadi Cemilan 
Bagi yang suka ngemil, kamu bisa mencoba memakan sayuran yang diolah menjadi camilan. Kini banyak kedai-kedai makanan ringan yang menjual sajian cemilan sayur-mayur yang menyehatkan. Kalau kamu mau coba buat sendiri juga bisa kok, misalnya bikin kripik bayam, brokoli goreng tepung, atau membuat kebab yang dipadukan dengan banyak sayuran. Memasukkan sayuran ke dalam camilan sehari-hari akan membuat kamu terbiasa memakan sayuran. Sehingga kamu pun bisa mencukupi gizi dari sayuran yang cukup buat tubuh. 




Masukkan Sayuran Ke Menu Masakan 
Memakan lauk sayuran dengan bentuk masakan seperti ca-kangkung atau sayur bayam mungkin kurang menggugah selera. Cobalah siasati menu makanan kamu dengan memasukkan sayuran dalam masakan. Gak perlu banyak-banyak, berikan saja sedikit potongan sayuran pada makanan. Contohnya, kamu bisa menambahkan irisan buncis, wortel atau sayur caisim ke dalam masakan mie favoritmu agar rasanya lebih lezat. 



Berbicara tentang mie, sekarang ada lho mie instan yang diolah dengan sayur-mayur. Seperti Mie Lemonilo yang merupakan mie goreng yang dibuat dengan bayam organik plus bumbu pilihan tanpa pewarna buatan, perasa, pengawet, MSG dan HPV. Sehingga menjadi makanan yang menyehatkan. Cara pembuatan mienya pun sehat, yakni dipanggang di oven lantas dikemas. Jadi, mie nya bebas terhadap lemak trans yang biasa diperoleh dari proses penggorengan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, yakni kisaran Rp 6.000 dipasaran. 


Jadikan Minuman
Cara simple mengkonsumsi sayuran adalah dengan menjadikannya smoothies atau jus. Supaya rasa sayurnya tidak mendominasi, berikan tambahan buah segar pada sajiannya. Tapi, perlu diingat, memblender sayuran akan membuat kandungan seratnya berkurang. Namun, kamu tetap bisa memperoleh asupan mineral dan vitaminnya. Oleh karena itu, ada baiknya jadikan jus sayuran sebagai selingan saat waktu makan. Usahakan buat tetap mengkonsumsi sayuran buat memenuhi asupan serat kamu. 



Mengolah Sayuran dengan Cara Dibakar atau Dipanggang 
Jika sayuran dipanggang, maka akan mengeluarkan rasa manis alami daripada dimakan dengan mentah atau dikukus. Kamu bisa mencoba menyajikan makanan sayuran dengan cara dibakar atau dipanggang. Tapi, pilih sayuran yang punya tekstur padat serta terasa juicy jika dipanggang, seperti tomat, jagung, zukini, paprika, bawang bombay, jamur, terong, wortel, ubi, dan kentang. 

Makan Menu Sayuran saat Perut Terasa Lapar 
Saat tidak lapar, kamu bakal cenderung memilih-milih makanan yang sekiranya enak dilidah. Sebaliknya, kalau perut kosong dan lagi lapar, kamu bakal memakan apapun yang ada, salah satunya semangkuk sayuran. So, kamu bisa menggunakan cara ini agar kamu bisa mengkonsumsi sayuran. Selalu sajikan olahan sayuran untuk lauk dan makanlah saat perut terasa lapar. 





Semoga informasinya bermanfaat ya gengs, selamat menikmati sayur kesukaan. 


With love,

Tian lustiana 


Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon