Minggu, 25 Oktober 2020

Tips Tetap Semangat Belajar di Rumah

Masih semangat menemani anak belajar di rumah? 

Dibilang semangat, pastinya dong semangat. Tapi kadang suka tiba - tiba hilang juga semangatnya, hiks.  

Disaat saya bersemangat, kadang anaknya yang mendadak kurang semangat. Dan begitu sebaliknya, huhuhu. 



Apalagi nih neng Marwah sekarang tuh kelas 6 SD jadi belajarnya mesti beneran serius karena sebentar lagi akan memasuki jenjang yang lebih tinggi, SMP. 

Apa saja yang harus saya lakukan supaya neng Marwah tetap semangat dan mau belajar meskipun di rumah? 

Ada beberapa tips nih yang saya terapkan, semoga bisa membantu ya dan diaplikasikan pada anak - anak di rumah. 

Jangan berhenti untuk selalu memberikan dukungan 

Ini adalah hal yang paling utama yang harus dilakukan orang tua, yaitu memberikan dukungan pada anak supaya anak mau belajar dan semangat belajar. Bukan hanya dukungan omongan namun juga harus memberikan fasilitas juga. Misalnya biar anak nyaman belajar ya belikan meja belajar yang nyaman untuk anak. 

Jaga komunikasi dengan anak 

Sebagai orang tua, sudah sewajarnya kita memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Biasanya saya selalu menanyakan aktivitas apa saja yang ia lakukan ketika disekolah, nah kalau sedang belajar di rumah gini juga harus ditanyakan. Aktivitas apa saja yang membuat dia senang dan tidak bosan belajar.

Komunikasi ini lumayan cukup efektif supaya anak menyadari bahwa kita sebagai orang tua nya benar - benar perhatian pada anak. Jadi anak bisa merasakan ketulusan perhatian dari orang tuanya. 



Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada anak 

Berikan rewards atau apresiasi pada anak jika anak berprestasi. Anak akan merasa bahagia dan termotivasi terus untuk berprestasi jika diberikan apresiasi oleh orang tuanya. Anak akan belajar untuk bekerja keras demi mendapatkan sesuatu yang ia inginkan. 

Terapkan jam belajar dengan disiplin 

Belajar dengan disiplin adalah salah satu cara yang paling efektif supaya anak mau belajar tanpa harus disuruh. Saya sih sama neng Marwah sudah ada kesepakatan seputar waktu belajar ini, jadi ketika waktunya belajar tiba anak sudah tidak boleh ada aktivitas lain selain belajar. 

Salah satu cara yang paling jitu yang saya terapkan pada neng Marwah adalah belajar sesuai jadwal dan juga ada ruang nya. 

Neng Marwah belajar les privat di ruangles

Les privat di ruangles itu gimana sih? 

Jadi les privat di ruangles itu adalah belajar online eksklusif yang mana muridnya satu orang saja dengan satu guru. 

Pengalaman belajar anak lebih efektif juga loh, karena kan belajarnya sesuai dengan kebutuhan. Anak bisa belajar kapan saja dan dimana saja, tentunya dengan media online. 



Kenapa harus les privat di ruangles? 

  • Guru les nya adalah guru terbaik dari lulusan universitas ternama. Dibimbing langsung oleh guru terbaik. 
  • Gurunya profesional dan juga memiliki pengalaman. Semua guru sudah melewati rangkaian proses rekruitmen yang sangat ketat dan juga guru harus memiliki pengalaman mengajar sesuai dengan bidangnya. 
  • Lokasi dan juga jadwal belajar yang fleksibel. 
  • Topik mata pelajarannya pun beragam dan juga lengkap.  Ruangles ini menyediakan banyak sekali topik mata pelajaran sesuai kebutuhan anak. Mulai dari mata pelajaran sekolah nasional & internasional juga ada, mau belajar bahasa asing, IELTS, TOEFL, mengaji, olimpiade dan lainnya pun lengkap. 
  • Jaminan puas untuk murid dan juga orang tua. Dipastikan akan mendapatkan guru privat terbaik, jika merasa kurang cocok bisa langsung dibantu untuk menemukan guru privat lainnya. 
Gimana?
Asik bukan belajar di ruangles? Yuk, tunggu apalagi daftarkan sekarang juga anak - anak untuk belajar les privat ruangles. 



With love,

Tian lustiana 






Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon