Selasa, 27 Oktober 2020

Tips Supaya Berhasil Menyelesaikan Soal UTBK dengan Baik

"Teh iyang tolong dong print kan soal - soal untuk UTBK" Pinta adik sepupu yang sebentar lagi akan mengikuti UTBK. 

Dia tuh rajin banget mengerjakan soal - soal dengan harapan nanti nilai UTBK nya bagus dan bisa lolos ke universitas harapannya. Aamiin. 

Karena jadwal UTBK sudah tinggal hitungan jari nih, ada banyak yang perlu dipelajari untuk mempersiapkan diri. Salah satunya ya harus kenal dan paham dengan baik sama soal TPS nya. Lah apa tuh soal TPS? 



Soal TPS itu untuk mengukur kemampuan kognitif, kemampuan nalar atau logika. Pengetahuan tentang hal umum harus dikuasai selain pengetahuan akademik. Harapannya dari tes ini tuh supaya menunjukkan potensi keberhasilan murid dalam pendidikan formal ketika kuliah nanti. 

Soal TPS itu ragam dan soalnya lumayan banyak, ya kan? Nah gimana nih tips nya supaya berhasil menyelesaikan soal TPS UTBK nya dengan baik. 

Harus memanfaatkan setiap kesempatan mengikuti tryout 

Dalam mengerjakan soal TPS ini ada batasan waktu yang digunakan. Duh, kebayang dong kalau menghadapi soal yang lumayan sulit dengan batasan waktu yang sudah ditentukan, huhuh. Tapi tenang gengs, jangan sampai mengabaikan soal yah. Tetap tenang dan kerjakan dengan baik, jangan lupa berdoa dulu biar makin dipermudah. 

Selain kita harus semangat kerjakan sola UTBK secara mandiri nih, harus juga memanfaatkan tryout. Cobain deh ikutan belajar atau mengerjakan soal - soal UTBK atau tryout UTBK ruangguru. Karena penting banget ikutan tryout sebelum ikutan UTBK . 





Pentingnya tryout itu untuk membiasakan kita menyelesaikan soal dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Cobain deh ikutan tryout nya di ruangguru, disana ada rangkaian tryout yang lengkap. 

Langsung saja ikutan, biar berhasil masuk universitas impian. 

Jangan bosan untuk cek lagi catatan evaluasi 

Persiapan UTBK ini bukanlah waktu sebentar, sudah dipersiapkan sejak berbulan - bulan sebelumnya. Betul? 

Artinya sudah ada catatan perkembangan belajar dong dalam mempersiapkan diri menghadapi soal UTBK. Catatannya tuh mungkin saja tentang materi - materi yang dipelajari selama ini. Jadi baiknya sebelum mengerjakan soal mendingan buka dulu deh catatannya biar nanti pas mengerjakan soalnya lebih mudah. 


Pahami dan kenali pola soal UTBK 

Untuk terus berlatih, coba deh pakai soal - soal UTBK tahun sebelumnya. Jadi bisa belajar dari sana, tapi ingat yah bukan berarti harus berpatokan sama soal UTBK tahun lalu. Kan lumayan berlatih supaya pas nanti ujian UTBK mendapatkan hasil dan nilai yang memuaskan. 

Gimana? Sudah sampai mana nih mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK? Jangan lupa untuk selalu berdoa yaaa. 



Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon