Jumat, 30 Oktober 2020

Kenapa Harus Membiasakan Membaca Buku

Kira - kira kapan nih terakhir kali membaca buku? 

Saya sih mewajibkan diri untuk selalu membaca buku, jadi dalam sebulan itu harus ada buku yang selesai saya baca. Entah itu buku novel, agama dan buku lainnya. Yang penting saya harus membaca. 

Kalau enggak dibiasakan memang males sih, kadang semangat beli bukunya, tapi pas bacanya males, hehe. Dulu saya gitu banget loh, buku bacaan yang baru dibeli numpuk begitu saja. 



Ada penelitian yang menyebutkan bahwa 49% orang beli buku karena memang suka membaca, 27% ada yang beli buku untuk keperluan sekolah atau kerja, 16% menyebutkan membeli buku hanya sebagai stress release saja dan ada yang 8% itu beli buku untuk hadiah. Nah temen - temen masuk ke yang mana nih? 

Buat saya, membiasakan membaca buku itu wajib. karena manfaat dari membaca buku itu baik banget loh. 

Manfaat membaca buku itu banyak sekali,sama sih kayak tubuh, otak kita juga harus dilatih secara rutin supaya tetap sehat. Otak manusia itu, makin tua maka kekuatan otak pun akan makin lemah. Maka, dengan membiasakan membaca adalah salah satu cara terbaik untuk membuat otak tetap bekerja dengan baik. 

Jika otak digunakan secara aktif, ini bisa memperlambat atau mencegah penyakti alzheimer dan demensia. 

Ketika baca buku, biasanya suka fokus sama karakter atau tema yang ada dalam buku, jujur, hal ini membuat kita tuh terdistraksi dari kehidupan nyata, tubuh akan merasa lebih rileks ketika membaca. Pernah mengalami hal serupa? 



Jika ingin tidur lebih cepat, biasanya saya suka baca buku. Beberapa menit kemudian, ngantuk deh hehe. Kalau susah tidur artinya kita sedang banyak yang dipikirkan, sedang jika membaca buku kan bakalan fokus sama buku saja dan itu akan membuat lebih cepat tidur. 

Dalam buku itu banyak sekali komponennya yang membuat otak bekerja. Ketika sedang membaca, maka otak akan bekerja dan berusaha untuk mengingat setiap detail dalam buku. Memori otak akan terasah ketika otak mengingat setiap komponen dalam buku. 

Membaca buku juga bisa meningkatkan rasa empati loh. Kita akan ikut masuk ke dalam emosi cerita dalam buku. Ini akan membuat kita lebih paham sama jalan ceritanya. Tanpa disadari, empati kita yang ditujukan pada karakter itu akan berdampak baik loh pada kehidupan nyata. 

Membaca buku juga bisa menambah kosakata, kosakata kita akan mengalami peningkatan. Bukan hanya itu, kemampuan bicara dan menulis pun akan terasah. 

Sama halnya untuk anak. Kemampuan bahasa yang dimiliki anak akan meningkat jika anak terbiasa membaca. Banyak sekali penerbit buku anak yang menyajikan cerita bagus untuk dibaca anak. 

Temen saya tuh yang tinggal di Jogjakarta bilang katanya disana banyak Penerbit Buku Anak Jogja yang menyajikan cerita - cerita yang mengasah empati anak dan juga menstimulasi motorik anak - anak. 


Yuk biasakan membaca, supaya anak juga terbiasa. Saya biasanya membacakan buku cerita dengan suara keras, supaya anak tertarik ikut membaca. Kalau sekarang sih anaknya sudah besar jadi sudah terbiasa membaca buku sendiri. Jadinya paling seneng kalau diajakin ke toko buku deh. 


Nah, kalau tememn - temen gimana? Sukanya baca buku apa nih?



With love,

Tian lustiana 



Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon