Jumat, 30 Oktober 2020

Pilih Mana Yah? Ruangguru atau Quipper?

Quipper atau Ruangguru? 

Di zaman serba online ini, saya dibingungkan ketika harus memilih bimbingan belajar untuk neng Marwah. Soalnya sekarang tuh banyak sekali bimbel online yang mana semuanya mengiklankan kelebihannya, jadilah saya pusing memilihnya. 

Beberapa orang tua murid kasi referensi nih tentang bimbel online ini, diantaranya tuh adalah Ruangguru dan Quipper. Nah, apa sih perbedaan antara Quipper dan Ruangguru. Mari kita bahas perbandingannya apa saja, jadi bisa menentukan nih bimbel online yang mana yang paling oke untuk dipilih. 



Perbandingan Ruangguru & Quipper 

Ruangguru adalah perusahaan yang berasal dari Indonesia, asli produk anak bangsa. Hebatkan ya? 

Sedangkan Quipper ini adalah produk dari perusahaan London. 

Dari fitur pun sudah bisa dibedakan, kalau Ruangguru itu memiliki fitur yang lebih bervariasi dibandingkan Quipper yang cuman punya fitur video belajar, latihan soal dan juga rangkuman soal. 

Nah, kalau Ruangguru tuh punya beberapa fitur yang membantu anak belajar online, diantaranya ruangles, ruangbelajar dan lain sebagainya. Ruangles itu adalah fitur pencarian guru les privat yang disediakan Ruangguru. Nah, pada fitur ini tuh bisa digunakan oleh guru dan juga muridnya. Guru juga bisa mendaftar sebagai guru privat dan bisa menentukan biaya per jam nya juga plus bisa menentukan jadwal juga. Untuk muridnya bisa memilih guru privat sesuai dengan kriteria dan juga kebutuhannya.



Di Ruangguru ada fitur yang namanya ruang les online, dimana fitur ini tuh menyediakan layanan untuk siswa supaya bisa menghubungi guru nya, standby via chatting. Bisa juga menanyakan PR loh. 

Quipper ini ga ada fitur yang dimiliki Ruangguru. Quipper ini punya fasilitas konsultasi belajar online, namun konsultasi nya ini gak standby seperti Ruangguru. Quipper juga punya pelayanan konsultasi via video call. Untuk jadwal konsultasi, ditentukan oleh pihak Quipper. Kalau di Ruangguru, konsultasi ituvia chat dan by phone plus untuk waktunya pun lebih fleksibel. 



Quipper punya metode menjelaskan mata pelajaran itu dengan video. Kadang ada penjelasannya melalui papan tulis gitu. Nah kalau di Ruangguru, video penjelasan mata pelajarannya itu perpaduan antara guru yang sedang menjelaskan dan juga ada ilustrasi animasi, jadi anak ga monoton melihat guru saja tapi anak akan melihat objek animasi juga yang mana membuat anak tidak cepat bosan. 

Baik fitur Ruangguru dan Quipper keduanya punya rangkuman belajar dan latihan soal juga. 

Untuk berlangganan, di Ruangguru, murid bisa pilih langganan itu bisa per bulan atau langsung per tahun, nah sedangkan di Quipper tuh hanya bisa langganan video belajar langsung per tahun. 

Kalau saya lebih milih Ruangguru, soalnya bisa nyobain langganan per bulan dulu, nah kalau cocok maka akan lanjutkan deh ke langganan per tahun. 

Kalau temen - temen lebih pilih mana nih, Ruangguru atau Quipper ? Sharing Yuk! 


With Love

Tian Lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon