Pilih Ruangguru atau Pahamify?

Dimasa pandemi gini, bimbingan belajar online menjadi pilihan. Betul? 

Dan memang, bimbel online ini sangat membantu para orang tua dalam menemani anak selama belajar daring. Saking banyaknya tuh bimbel online zaman now, saya sebagai orang tua jadinya agak bingung. Mau pilih mana gitu, hehe. 


Ruangguru atau Pahamify

Beberapa waktu ini gencar banget pada ngomongin Ruangguru dan juga Pahamify. Penasaran dong jadinya. Kalau sama Ruangguru sih selama ini sudah kenal baik, hehe. Tapi sama Pahamify sama sekali belum kenal dan belum tau informasinya. 

Ruangguru dan Pahamify keduanya adalah lembaga bimbel online yang bakalan saya bandingkan nih, kira - kira apa saja ya persamaan dan perbedaannya? 

Ruangguru

Sudah pada tau dong yah jargon Ruangguru adalah sebagai Bimbel Online No.1 di Indonesia. Ruangguru ini merupakan bimbel yang memberikan solusi paling lengkap hanya dalam satu aplikasi. Ruangguru pun sudah dipercaya oleh belasan juta para pelajar dan juga ratusan ribu guru yang ada di Indonesia. Jadi memang Ruangguru ini sudah terpercaya banget. 



Kalau dilihat dari jam terbang juga, Ruangguru lebih punya pengalaman dalam melayani belajar online kepada user nya. Ruangguru sudah ada sejak tahun 2014 dan dari urusan fitur dan program juga lebih unggul. 

Fitur dan programnya memang lebih unggul, dibuktikan dengan adanya layanan Ruangbelajar, Ruangbelajar plus dan lainnya.  


Ruangguru atau Pahamify

Ruangguru juga punya program Brain Academy Online, Skill Academy, Ruang Kerja, Konsultan Pendidikan dan juga Layanan Pelanggan. Dan sekarang - sekarang malah punya komunitas ARMADA (Arisan Mama Cerdas) loh. 

Dilihat dari segi paket belajar juga, Ruangguru punya banyak pilihan paket belajar loh. Durasi dan harganya pun bervariasi banget. Ada paket tiga tahun dari tingkat SD sampai SMA juga ada, lengkap banget. 

Pahamify

Pahamify juga merupakan bimbel online yang punya jargon sebagai aplikasi belajar no.1 di Indonesia. Usia Pahamify ini lebih muda dibandingkan dengan Ruangguru, makanya dari segi fitur dan layanan pun masih kalah dari Ruangguru.  


Ruangguru atau Pahamify

Pahamify ini diluncurkan tahun 2019, masih muda banget yah? 
Sebagai yang baru, pahamify ini harus belajar dari para bimbel online pendahulu nya, makanya pahamify berusaha untuk melengkapi fitur dan juga program layanannya.  


Pahamify menyediakan beberapa paket belajar, diantaranya ada paket belajar UTBK dan paket tryout UTBK juga. Juga punya paket belajar UTBK yaitu paket 20 kali dan juga ada paket belajar juga. 

Jadi Ruangguru vs Pahamify ini sama - sama aplikasi belajar, namun punya beberapa perbedaan dari segi fitur dan juga layanan belajarnya. Ruangguru dan juga Pahamify punya harga yang variatif juga, bersaing disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi untuk saya pribadi jika dihadapkan pilihan Ruangguru atau Pahamify, saya akan lebih rekomendasikan Ruangguru soalnya fitur dan layanan lebih lengkap juga sih. 


With love,

Tian Lustiana 


Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon