Pentingnya Berpikir Kritis

September 24, 2020

Kenapa ya kita tuh harus berpikir kritis? 

Hayoh, ada yang bisa jawab gak?
Pas denger kata "kritis", yang terlintas dalam benak itu biasanya adalah orang yang suka mencecar seseorang dengan pendapatnya. Betul? 



Yang dianggap kritis tuh biasanya yang suka kasi pertanyaan susah dijawab, ya karena orang yang dianggap kritis itu biasanya ngasi pertanyaan bukan buat dijawab namun untuk dijadikan bahan argumentasi, itu sih yang selama ini melekat. 

Padahal, anggapan selama ini yang melekat itu salah. Kritis bukan seperti itu gengs. Kritis itu punya kebiasaan menganalisa sesuatu, mengevaluasi sesuatu hal. Bukan cuman pemikiran orang lain namun juga pemikiran diri sendiri. 



Ternyata, memiliki pikiran atau pola pikir yang kritis itu mengajarkan kita buat lebih jeli atau lebih teliti dalam menerima informasi loh, jadi ga asal nerima informasi. Kan sekarang tuh banyak sekali info hoax simpang siur gak karuan. 

Dengan berpikir kritis jadinya kita lebih rasional. Rasional tanpa harus menjadi agresif yah. Tapi jangan juga menyanggah atau nolak mentah - mentah informasi yang diterima. Analisa dulu sebelum bilang setuju atau bilang gak setuju. Jangan asal nyangkal juga sih. 

Yang harus digaris bawahi nih gengs, berpikir kritis itu bukan untuk mencari kesalahan atau kelemahan orang lain. Namun, berpikir kritis ini adalah metode berpikir yang  cenderung lebih hati - hati dan juga memperhatikan banyak kemungkinan, yang akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan atau keputusan yang lebih baik untuk semua pihak. 



Sanggahan yang diungkapkan harus dengan penuh kesopanan, karena kan berpikir kritis ini bukan untuk menang atau kalah tapi mencari keputusan terbaik, betul ga sih? 

Seseorang yang berpikir kritis itu punya beberapa ciri loh, diantaranya : 

Sistematis
FYI, berpikir kritis itu ada kaitannya dengan kemampuan berpikir yang terstruktur. Orang yang memiliki sistem pemikirran sistematis itu tidak bersikap, tidak bertindak dan juga tidak membuat suatu keputusan dengan tergesa.
Logis
Berpikir logis atau rasional ini juga ada kaitannya dengan berpikir positif. Orang yang logis atau rasional akan selalu memiliki alasan kuat yang mendasar pada pemikiran matang untuk percaya ataupun melakukan sesuatu. Jadi apa yang dilakukan atau keputusan apa yang diambil pasti bisa dijelaskan alasannya pada orang lain. 
Objektif 
Jika membuat keputusan, orang yang pemikirannya kritis gak bakalan terpengaruh sama perasaan. Biasanya orang objektif ini akan berusaha mengevaluasi dirinya sendiri, makanya jarang yang tersinggung nih kalau punya pemikiran objektif. 

 

Jadi menurut saya penting sekali memiliki cara berpikir kritis, supaya bisa memahami suatu berita dengan baik, tidak asal nangkep berita saja. Tapi dipikirkan dan dianalisis dengan baik sebelum menyampaikan atau menerima berita. 


 With love,


Tian lustiana

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut