Jaga Kesehatan Jantung Sedari dini dengan Dance With Your Heart

September 21, 2020

Masalah kesehatan zaman sekarang tuh tidak pandang tua dan muda. Penyakit yang dulu katanya diderita oleh orang tua, kini yang muda pun merasakannya. Kok bisa ya kejadian seperti itu? Ya, bisa banget karena pola  hidup sekarang tuh ambyar. 

Penyakit apa tuh yang sekarang banyak menyerang tua dan muda yang pola hidupnya ambyar alias jauh dari pola hidup sehat?  



PENYAKIT JANTUNG

Ya, sekarang tuh penyakit jantung tidak hanya memangsa yang tua, yang muda pun dilibasnya. Serem yah?  


Menurut data valid nih gaes dari World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa penyakit jantung ini tuh menjadi penyakit nomor satu yang paling banyak menyumbang kematian, bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Banyak faktor yang memicu hadirnya penyakit jantung ini, diantaranya adalah merokok, gaya hidup yang jauh dari sehat, penggunaan alcohol yang berlebihan dan lainnya.

Sebagai manusia, kita tuh kadang lupa untuk menjaga kesehatan jantung, lupa untuk bersyukur dengan cara menjaga kesehatannya. Jantung merupakan alat vital dalam tubuh kita yang bekerja tiada henti, jika terhenti? Ya innalillahi. Makanya jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kesehatan jantung. 

Menjaga kesehatan jantung dan merawat kesehatan jantung itu sama dengan kita merawat kehidupan, setuju kan?



Ada beberapa cara nih yang bisa diterapkan guna menjaga kesehatan jantung dan juga merawatnya, diantaranya adalah :

KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Mengingat betapa pentingnya jantung, makanya salah satu cara paling utama dan paling baik adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Konsumsi makanan sehat terutama makanan yang kandungan seratnya banyak. Makanan yang kandungan seratnya banyak bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang mana bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Asupan sehatnya bisa didapat dari buah – buahan, sayuran, gandum, kacang – kacangan dan juga sereal. Konsumi air putih yang banyak supaya pencernaan pun  tetap lancar.

JANGAN MEROKOK

Saya yakin temen – temen sudah tau pasti  bahwa orang yang aktif merokok itu risiko nya lebih tinggi loh mengalami penyakit jantung coroner. Bukan Cuma perokoknya, orang sekitarnya pun yang terpapar asap rokok bisa kena loh, soalnya asap rokok tuh bisa merusak pembuluh darah jantung dan bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah loh. Kemudian bisa menyebabkan fungsi jantungnya keganggu karena kurang asupan nutrisi dan oksigen.

KURANGI LEMAK JENUH

Temen – temen pasti sudah tahu deh kalau konsumsi lemak jenuh dan lemak trans itu bisa meningkatkan kolesterol dalam darah, ini bisa memicu gangguan pada jantung. Kolesterol yang terus menumpuk itu bisa menyumbat pembuluh darah pada jantung dan menjadi pemicu penyakit.

Penting banget makanya membatasi konsumsi lemak jenuh yah. Kurangin atau batasi konsumsi daging merah, kulit ayam (padahal ini paling enak ya, hehe), kurangin juga makanan yang digoreng dan produk susu yang berlemak.  


ISTIRAHAT YANG CUKUP

Ternyata kurang istirahat atau kurang tidur tuh bisa juga meningkatkan risiko penyakit jantung loh. Untuk dewasa membutuhkan waktu istirahat minimal 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Selain penyakit jantung, kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko penyakit darah tinggi, dan diabetes juga.

 

RUTIN BERGERAK

Rutin bergerak, melakukan aktivitas fisik itu adalah cara baik untuk menghindari risiko penyakit jantung loh, asalkan rutin dilakukan. Aktivitas fisiknya bisa olahraga ringan saja yang dilakukan secara rutin sekitar 20 atau 30 menit setiap hari.

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan sejak dini maka Malaysia Healthcare ngajakin kita semua untuk rutin melakukan gerak aktif, sebuah gerakan kecil sebagai langkah awal menjaga supaya jantung tetap sehat.



Gerakan apa yang digagas Malaysia Healthcare itu? #DanceWithYourHeart .

Yuk ikutan Dance With Your Heart untuk kesehatan jantung supaya tetap bekerja optimal, caranya gimana nih?



Temen – temen follow deh @medtourismmy.id di instagram, like postingan Dance With Your Heart. Kemudian ikuti dengan posting video gerakan atau dance nya di ig story maksimal 30 detik, jangan lupa tag temen – temennya biar ikut serta juga yah.

Kalau bingung gerakannya, bisa ikutin gerakan yang sudah ada saja. Kalau mau improve atau kreatif lagi juga bisa banget loh, lagunya juga bebas kok mau pilih sesuai kesukaan. Atau mau ikutin lagu yang sudah ada juga bisa langsung aja klik : bit.ly:/LaguDanceWithYourHeart

Biar gak hilang, storiesnya simpan di Highlight yah. Hastag nya #DanceWithYourHeart #MalaysiaHealthcare dan tag juga akun ig @medtourismmy.id.

Periodenya hanya berlaku dari 16 september sampai dengan 28 september 2020 , keputusan juri ini tuh mutlak ditentukan oleh tim Malaysia Healthcare yah.

Yuk ikutan Dance With Your Heart ini untuk menjaga kesehatan jantung kita, dan buat dapetin hadiahnya juga. Lengkapnya bisa langsung ceki – ceki aja ke instagram nya yah.

 

 

 With love, 











You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut