Tips Menjalani Bisnis Industri Kreatif Yang Lebih Menguntungkan

Agustus 27, 2020

Bismillah, 

Masa pandemi ini kita harus pinter mencari celah dan jalan agar mendapatkan penghasilan tambahan, betul? Apalagi sekarang tuh usaha yang berjalan pun tidak sedikit yang gulung tikar, makanya wajib banget mempertahankan usaha dan bisnis supaya tetap bisa menghasilkan pundi - pundi. 




Masalah menjalankan bisnis ini bukan karena promosi semata namun juga harus kreatif, setuju? 

Industri kreatif tuh semakin penting, terutama dalam mendukung kesejahteraan perekonomian. Saya pernah deh denger yang berpendapat bahwa kreativitas manusia itu merupakan sumber daya ekonomi utama. Dan pada abad 20 itu bahkan bergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan juga inovasi. Dan didefinisikan pada kegiatan yang masuk dalam industri kreatif. Atau sekarang tuh banyak yang menyebutnya ekonomi kreatif. 

Bagaimana nih cara supaya tetap bertahan menjalani usaha dan bertahan di sektor industri kreatif? Apa saja yang harus dilakukan dan diterapkan dalam menjalankan usaha ini? 

Tentukan Target dan Segmen Pasar Yang Potensial 
Menjalankan usaha, catatan penting yang wajib digaris bawahi yakni menentukan target dan juga segmen pasar yang akan kita bidik. Ini sangat mempengaruhi dalam menentukan desain produk, strategi pemasaran, range harga, cara pengembangan produk supaya lebih kreatif dan inovatif supaya konsumen tertarik dan menjadi langganan produk yang kita jual. 

Pahami Kelebihan & Kekurangan Produk dan Jangan Terpengaruh Perang harga 
Merintis usaha itu banyak sekali persaingannya, yang saya rasakan sih itu. Makanya kita tuh harus cermat menilai kelebihan dan juga kekurangan produk yang kita produksi / jual dan coba deh bandingkan dengan produk sejenis lainnya. Bandingkan dari desain dan kualitas milik "sebelah". Bandingkan pula harga produknya. Dan pelajari keunikan strategi pemasaran yang banyak digunakan usaha kreatif lainnya. Biar tetap bisa survive. 


Dengen mempelajari kelebihan dan kekurangan produk sendiri dibandingkan produk kompetitor itu supaya kita bisa menilai dan membedakan produk kita dengan produk lain, produk yang dijual harus memiliki ke khas an. 

Jangan terpengaruh untuk mengambil strategi yang sama dengan kompetitor untuk menarik calon pelanggan. Dan jangan langsung down ketika melihat harga sebelah lebih murah dibandingkan produk kita. Putar otak gimana caranya menjual dengan kualitas terbaik dan harga oke. 



Belajar Terus dan Ciptakan Ide segar 

Pelaku industri kreatif harus memiliki wawasan luas guna menciptakan ide segar untuk mengembangkan kreasi produknya. Maka dari itu, kita harus selalu belajar dan meningkatkan kemampuan dan ilmu yang dimiliki. Belajar mengamati trend pasar zaman now kan bisa dipelajari lewat internet dan buku. 

Sampai saat ini saya masih terus belajar dan ingin membuat produk yang saya jual tetap survive. Saya pun mengamati beberapa industri kreatif yang masih survive pada masa Pandemi ini.



Banyak sekali pelaku industri kreatif di Bandung yang sampai saat ini masih standing dan menghasilkan. Salah satunya adalah walltswalet yang di komandanin Muhammad Adzwin. 


Sejak 2015, bisnis walltswalet ini makin sukses dan menemukan pelanggannya sendiri. Wallswalet yang beralamatkan di Jl. kawaluyaan Indah 1 No. 66 Bandung ini sejak tahun 2015 tahun juga setia berlangganan JNE sebagai mitra pengiriman untuk mengirimkan barang jualannya pada pelanggan. JNE juga mendukung banget loh, mendukung Industri Kreatif untuk melakukan pengiriman produknya. Karena sudah merasakan banyak plus nya bermitra dengan JNE maka dari itu Muhammad Adzwin ini memutuskan untuk memiliki JNE Loyalty Card yang banyak untungnya itu. 


Apa sih JNE Loyalty Card itu? 

JNE Loyalty Card, banyak untungnya

JNE Loyalty Card (JLC) adalah sebuah program keanggotaan yang dipersembahkan JNE untuk konsumennya yang melakukan pengiriman di Cash Counter JNE (walk in customer). 


Muhammad Adzwin selaku brain of walltsWalet ini memutuskan untuk bergabung sebagai pemegang / member JLC karena JLC ini banyak sekali benefitnya, dan tidak dipungut biaya apapun alias free

Muhammad Adzwin

Untuk menjadi member JLC ini cukup melakukan pendaftaran melalui jlc.jne.co.id dan semua customer JNE bisa menjadi member JLC. 

Apa saja keuntungan menjadi member JLC? 

Banyak sekali keuntungan yang bisa dimanfaatkan menjadi member JLC. Muhammad Adzwin mengatakan bahwa beliau merasakan keuntungan menjadi member JLC itu, mendapatkan poin kiriman yang bisa ditukar dengan beraneka ragam hadiah yang ditawarkan. Hadiahnya tuh mulai dari alat elektronik sampai trip jalan - jalan. Yang sering Muhammad adzwin tukarkan itu adalah voucher belanja. Wah lumayan kan voucher belanja hasil redeem poin member JLC. 

Muhammad Adzwin mengatakan bahwa penggunaan JLC ini, baik penginputan poin ataupun transaksi mengandalkan jaringan pada system JNE, jadi ketika akan melakukan transaksi dipastikan jaringan system JNE harus normal, seandaipun ada kendala dipastikan tidak pernah berlangsung lama. 

Wah, ternyata banyak ya keuntungan menjadi member JLC. Saya pun jadi ingin menjadi member JLC, mengingat pengiriman penjualan lumayan nih setiap minggu nya. Menjadi member JLC ini kayaknya wajib deh untuk para pemilik online shop, lumayan kan bisa redeem poin nya. 

Temen - temen ada yang sudah menjadi member JLC juga? Sharing yuk! 



with Love,


Tian lustiana 


You Might Also Like

13 Comments

  1. Wah ternyata ada program loyalty card ya di jne, baru tau... Menguntungkan banget ya untuk para pengusaha...

    BalasHapus
  2. betul sekali bahwa kreativitas adalah sumber daya manusia yang paling besar. Kita bisa lihat di negara maju, kreativitas sangat diutamakan di dunia pendidikan sehingga generasi mereka memberi dampak signifikan bagi ekonomi negaranya. Kita juga harus begitu... naikkan kreativitas.

    BalasHapus
  3. Keren banget nih program, selain kualitas pengiriman dari JNE baik kita sebagai pengguna juga berkesempatan memperoleh tambahan. Thx u kak infonya

    BalasHapus
  4. Alahmdulillah walau masa pandemi, tetap ada celah dan peluang untuk usaha. Insya Allah selalu ada rezeki ya, Mbak. Asalkan itu tadi, harus terus berinovasi, terus promo dan berstrategi, termasuk pelayanan cepat dalam mengiriman. Dan JNE sangan membantu sekali ini untuk memperlancar pengiriman produk kita, ke kastamer.

    BalasHapus
  5. Wah ekspedisi dan industri kreatif harus saling bekerjasama ya biar tercipta iklim bisnis yang kece. Menarik juga nih info soal JLC.

    BalasHapus
  6. Sy juga sering pake jne kalau kiriman,tpi belum member.
    Kalau tau bnyak promo member, nanti datang lagi ah bikin member..

    BalasHapus
  7. tas2 atau merch bikinan owner Bandung gt kenapa desainnya bagus2 dan pengin dimiliki ya, rasanya terkesan kreatif. Dg jne loyalty card apalagi utk pengusaha spt ini, pasti menambah banyak keuntungan ya

    BalasHapus
  8. Boleh nih ya saya stalking info soal member ini
    Soalnya sering pakai JNE pengiriman karena ada ekspedisi yang ga dijangkau sama yang lain

    BalasHapus
  9. ternyata banget jadi keuntungan member JNE JLC ini, apalagi bisa membuat barang di antar jadi cepat dan penemuan lokasi juga tepat lokasi.. ini sih cocok banget buat bisnis online

    BalasHapus
  10. Jangan terpengaruh untuk mengambil strategi yang sama dengan kompetitor untuk menarik calon pelanggan.

    Ini pas banget nasihatnya, sebagai penjual baru kadang kegoda untuk ikutikutan

    BalasHapus
  11. Enak juga ya menjadi member JLC, bisa dapeting poin kiriman dan ditukar dengan beraneka ragam hadiah. Buat yang jualan online harus banget nih gabung jadi anggota, biar keuntungannya jadi double hihihihi.

    BalasHapus
  12. banyak keuntungannya ya menjadi member JLC.
    bagi online shopper yang punya pelanggan tetap wajib banget nih jadi member JLC ya biar poin banyak dan bisa tukar poin, kali bisa jalan-jalan gratis kan dari JNE :)

    BalasHapus
  13. Wah banyak benefit yang didapatkan ya kalau kita join jasi member JNE JLC. Udah gitu untuk registrasinya juga free . Menarik deh ini. Thank imfonya Mbak

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut