Ramai Sepi Bersama Ramadan Tahun ini

Mei 13, 2020


Bismillah, 
"Ramadan tiba - Ramadan tiba" 

Masya Allah Tabarakallah. Alhamdulillah yaa Rabb masih diberikan kesempatan untuk bisa bertemu lagi dengan bulan penuh Rahmat & ampunan dari MU yaaa Rabb. Meskipun memang Ramadan kali ini tuh beda dengan Ramadan tahun sebelumnya. Bukan beda dari arti dan makna Ramadan nya namun beda dari suasananya. Biasanya, sehari sebelum Ramadan, di lingkungan rumah saya tuh suka ada pawai obor. Anak - anak bersholawat dengan riang gembira menyambut Bulan Ramadan. Tapi Ramadan kali ini? Ramai Sepi Bersama lebih terasa dan silaturahmi setiap hari hanya bisa dilakukan via online. Lebih dari itu anak - anak tidak bisa melakukan pawai obor karena alasan sosial distancing akibat pandemic Covid-19.

Beneran deh, biasanya sehari sebelum Ramadan itu ramai banget, suasananya tuh beneran terasa. Ramainya anak - anak yang antusias berkeliling sambil membawa obor dan perlengkapan supaya suasana makin ramai, ah jadi kangen suasana itu, Tapi sekarang? Sepi, sepi sepi.



Sedih? 

Pasti!!!

Meskipun begitu, yang penting nanti dan seterusnya harus masih bisa bersama - sama, bersilaturahmi yah, meskipun sepi tetep harus ramai. "Ramai Sepi Bersama" , ya kan?


Selain tidak bisa melakukan pawai obor, sudah pasti buka bersama, tarawih berjamaah di masjid atau i'tikaf di masjid tidak ada lagi tahun ini. Namun untuk urusan ibadah sih ga masalah, karena masih bisa dilakukan di rumah dan bisa diambil hikmahnya juga. Yang biasanya para suami melakukan shalat di masjid, sekarang bisa menjadi imam di rumah, alhamdulillah kan? Kapan lagi coba?Biasanya saya dan suami jarang banget bisa berjamaah, karena kan suami diwajibkan dan diutamakan untuk sholat di masjid, nah dengan adanya pandemi ini jadinya suami bisa sholat di rumah, menjadi imam saya dan neng Marwah. Momen langka bukan?

Namun sedihnya, saya gak bisa silaturahmi sama teman dan kerabat lainnya. Biasanya tuh kalau Ramadan jadi ajang reunian dan ketemuan sama sohib - sohib dan keluarga jauh. Dari mulai buka bersama sampai silaturahmi lebaran. Ber swafoto bersama, berhaha hihi bersama dan curhat ngalor - ngidul barengan. Ah kangen deh.

Kangen kumpul gini lagi deh 

Sekarang? Gak bisa deh kayaknya ketemuan sama temen lama, soalnya kan gak bisa mudik huhuh. Gak bisa juga kumpul - kumpul. Duh ingin banget tuh di Covid - 19 segera enyah dan jangan pernah kembali yah. Aamiin. Biar bisa ketemuan sama temen - temen blogger, kopdaran dan buka bersama. Biar bisa buka bersama bareng temen kantor juga, ah ku sesungguhnya kangen kumpul bareng mereka deh.

Tapi tenang gaes, meskipun gak bisa bertatap muka secara langsung namun masih bisa kok kita tetap melepas rindu dan bertatap muka plus bersilaturahmi dengan sahabat dan kerabat. Nih saya ada beberapa tips yang bisa melepas rindu dan kangen.


Kirim parcel atau kartu lebaran

Yuhu, kirim parcel sebagai bentuk peduli juga gaes. Jadi meskipun tidak bertemu namun perhatian tetap ada. Apalagi ke orang tua, mertua atau kerabat. Selain parcel selipkan juga kartu lebaran, duh jadul yah kartu lebaran. Gapapa, asik kan? Biasanya kartu lebaran digital kan? Nah sekarang kartu lebaran manual aja, tulis pakai tulisan tangan biar lebih terasa kehadiran kitanya.







Manfaatkan teknologi & internet 


Zaman sekarang semua serba internet , dikit - dikit internet. Anak kecil aja paham internet, ye kan? So, manfaatkan saja dengan sebaik - baik nya. Sekarang tuh kita bisa banget telponan atau video call sama sahabat dan kerabat sekalipun yang jauh disana. Jadi ketika Pandemi gini, ga bisa ketemuan ya udah cus video call an aja, sama - sama bisa ngobrol juga kan? Sekarang tuh banyak sekali aplikasi dan fitur yang mumpuni buat video call bahkan bisa memanfaatkan aplikasi meeting online , biar sekeluarga bisa ikutan.



Asik kan? Pokoknya sekarang tuh bisa dilakukan secara daring alias online. Mulai dari meeting sampai ghibah online juga bisa, tapi jangan deh kalau ghibah dosa apalagi lagi Ramadan gini, mendingan obrolin kerjaan atau sharing ilmu gitu yang bisa mendatangkan pahala, betul apa benar?



Ya kan? Meskipun wabah Covid-19 ini bikin kita di rumah aja namun tetap bisa silaturahmi kan? Tenang saja gaes, masih banyak cara melepas rindu, jadi jangan khawatir. Apalagi nih ada IM3 Ooredoo yang selalu menemani dalam segala aktivitas internet.

IM3 Ooredoo dan empat musisi kenamaan dengan karya kolaboratifnya 


Udah pada tau belum bahwa IM3 Ooredoo ini tengah menciptakan karya keren, sebuah karya kolaboratif barengan empat musisi ternama loh. Musisi kerennya tuh adalah Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji, Yura Yunita dan juga Sal Priadi. Pastinya temen - temen udah pada kenal kan sama ke empat musiis keren itu? Kebangetan kalau gak kenal deh. Mereka tuh menghadirkan sebuah lagi yang kita banget loh, pokoknya relate banget sama kehidupan kita saat ini yang di rumah aja dan mengalami kesepian dan kerinduan yang mendalam, eciyeh. Iya, lagu dengan judul "Ramai Sepi Bersama" ini tuh dijadikan penyemangat plus reminder untuk kita semua nih gaes, mengingatkan kita semua bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan kita saat ini tiada yang lebih penting dari silaturahmi. Karena silaturahmi itu banyak sekali manfaatnya, salah satu diantaranya kan memanjangkan umur, betul? 

Penasaran gak sama lagunya kayak gimana? Langsung saja cus ke link youtube nya yah : 


Karena memang harus di rumah aja, seluruh proses pembuatan video ini pun dilakukan di rumah talent dan kru produksi, jadi semuanya memang pure di remote. Iya dong, soalnya kan memang aturan pemerintah seperti itu. Physical distancing membuat semua harus dikerjakan secara remote.


Otomatis butuh kuota kan? Kuota dan koneksi internet supaya koneksinya lancar jaya. Apalagi platform yang dibutuhkan pasti banyak dong, lah saya aja kalau video call an atau meeting online butuh koneksi dan kuota oke apalagi kalau bikin video sekece ini yah, pastinya membutuhkan dan mengandalkan kuota dan koneksi yang oke.

IM3 Ooredoo dan tim nya menunjukkan pada kita meskipun keadaan lagi seperti ini, di rumah saja pun masih tetap bisa berkolaborasi dengan baik. Selama proses produksinya pun mereka andalkan chat, video call dan email. Karyanya? Kece kan? Yang penting mah kreatif dan ada kemauan gaes, masalah kuota dan internet mah menunjang saja, bener ga? 


#SilaturahmiSetiapHari dengan Freedom Kuota Harian


"Apapun yang terjadi,


tidak ada yang lebih penting


dari silaturahmi".

Nah, makanya demi menjaga tali silaturahmi dengan sahabat dan kerabat tercinta dan tersayang, ada persembahan terbaik nih dari IM3 Ooredoo untuk aktivitas internet harian kita. IM3 Ooredoo menghadirkan FREEDOM KUOTA HARIAN



Wah apa tuh, freedom kuota harian? 

Oke, kenalan dulu yah biar sayang. Kan ga kenal maka tak sayang, hihi. 

Jadi, Freedom kuota harian itu adalah paket paling baru dari IM3 Ooredoo yang harganya tuh terjangkau banget, duh ini IM3 Ooredoo tau aja kalau semenjak pandemi ini, urusan kantong pun rada melorot nih, huhuh. Thanks ya IM3 Ooredoo sudah mengerti banget. Paket ini tuh bisa dipakai internet selama seharian alias 24 jam di semua jaringan, benefit kuota utamanya itu 1GB / hari nya. Ada fitur pulsa safe, internetannya nyaman dan tenang urusan pulsa tetap aman walaupun kuota utama udah abis. 




Cara mengaktifkannya gimana? Gampang, sambil merem juga bisa hehe. Cus langsung aja aktifkan paketnya di *123# atau melalui aplikasi myIM3, untuk perpanjangannya juga otomatis loh selama pulsanya cukup, makanya pulsanya diisi atuh gaes. Catet nih gaes, dari setiap pembelian paket Freedom Kuota Harian ini tuh bakalan didonasikan oleh IM3 Ooredoo sebesar 2000,. untuk menanggulangi Covid-19, Masya Allah Tabarakallah mudah - mudahan makin berkah ya IM3 Ooredoo. 



Buat informasi lengkapnya tentang Freedom Kuota Harian ini, langsung aja ke : 






IM3 Ooredoo ini tuh adalah brand provider yang udah lama saya kenal, dari kapan ya? sampai lupa, yang pasti sudah lama deh. Dan IM3 Ooredoo ini tuh salah satu brand yang beneran paham sama kebutuhan pelanggannya. Mudah - mudahan terus ya bisa memberikan berkah dan kebaikan nih IM3 Ooredoo. 

Alhamdulilah yah sekarang tuh meskipun jarak memisahkan namun kerinduan masih bisa dilepaskan pakai video call atau telepon. Ga ada alasan untuk tidak bersilaturahmi dengan kerabat dan sahabat, betul? 

Apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi. Alhamdulillah yah berkat inovasi dari IM3 Ooredoo dalam mendukung aktivitas internet harian dengan adanya paket Freedom Kuota Harian. Silaturahmi dengan siapa saja asik sekarang tuh ga usah khawatir kuota cepat habis. Bisa 1GB buat video call bareng temen buat buka bersama online, bisa juga 1GB tuh buat video call sama orang tua atau mertua buat melepaskan rasa kangen, kan gak bisa mudik. 1GB bisa juga kita pakai buat mengirimkan pesan silaturahmi dalam bentuk e-card atau chatting gitu, 1GB bisa kita pakai juga buat mendukung kolaborasi work from home atau kolaborasi lainnya selama Ramadan ini. Banyak sekali kan yang bisa dimanfaatkan dari 1GB sehari ini dari Freedom Kuota Harian ? 

Pokoknya jangan sampai pandemi Covid-19 ini membuat jarak dan merenggangkan silaturahmi, selalu ingat "apapun yang terjadi tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi" setuju kan? 

Adakah temen - temen yang punya cerita seru buka bersama online atau meeting online bareng temen di tengah pandemi ini? Sharing yuk. 



With love,




Tian lustiana 
















You Might Also Like

53 Comments



  1. Hal yang patut lagi kita syukuri adalah adanya teknologi internet, meski ada physical distancing tapi silaturahmi setiap hari jalan terus. Dan sebagai pengguna im3 ooredoo aku siy seneng banget soalnya ada freedom kuota harian yang bisa kita manfaatkan sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah ya untuk urusan silaturahmi bisa jalan terus

      Hapus
  2. AKu lagi mikir ntar lebaran gimana ya? Rasanya kurang afdol kalau ga bersalaman dengan kedua orangtua. Tapi ujian ini harus bisa dihadapi. Tetap di rumah aja kita masih bisa bersilaturahim. Ada IM3 Ooredo yang praktis kita lancar WA, VC dll nih solusi tepat membahagiakan keluarga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah aja yang penting niat silaturahmi yah, insya allah sama saja.

      Hapus
  3. Padahal momen ramadan, tuh, identik buat reuni dan buka bersama kawan2 ya, Mbak. :) Btw, paketan internetnya ramah di kantong, yaa. Sehari 1GB cukuup laaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener momen Ramadan dan lebaran tuh identik sama kumpul2 yah, tapi sekarang berbeda, hiks

      Hapus
  4. Ramai sepi bersama di tahun ini tidak benar-benar sepi ya karena kita bisa bersilaturahmi di dunia maya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih bisa bertatap muka lewat layar gadget yah, seeenggak bisa mengobati rindu

      Hapus
  5. Berterimakasih sama teknologi, internet, jaringan, koneksi dll yang membuat suasana Ramadhan ini makin tambah asik meski ditengah pandemic.

    Aku suka bukber onlen, vcall conference sama adek2 hampir tiap hari, ato mentemen. Tetep bersa banget kebersamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah ya berkat kemajuan teknologi daninternet nih

      Hapus
  6. Yg masih blm kebayang nanti pas shalat idul fitri bakal gimana, nggak ngira bakal selama ini juga kondisi pandemik membuat kota kudu PSBB, untung ada teknologi yg membantu bgt ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, belum pernah terbayangkan sebelumnya yah

      Hapus
  7. paketan Freedom Kuota Harian ini bener-bener hemat dan memudahkan kita buat silaturahmi dengan orang terkasih setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silaturahmi tanpa harus mikirin kuota, asik kan

      Hapus
  8. Aku suka banget sama lagunya Ramai Sepi Bersama sangat related dengan keadaan sekarang ya mbak, yang aku syukuri karena walaupun jarak memisahkan kita bisa menjalani silaturahmi lewat komunikasi dengan mengandalkan media sosial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap lagunya tuh easy listening banget yah

      Hapus
  9. aku suka iklaan ini. lihatnya ga berasa lihat iklan. anakku yg pake indosat Mbak. buat maen game 2GB biasanya tahan sebulan (kalo skolah main game cuma wiken). gara2 covid jd maen game tiap hari usai ngerjain tugas. jd tahan 2 minggu :)

    BalasHapus
  10. Ramai sepi bersama ramadan kayaknya tergantung dengan jaringan internet juga sih. Kalo lancar internetnya, bakalan rame ya bisa live event, atau meet up via zoom. Yang penting kuota internet aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus dong nyari provider yang jaringan internetnya oke kayak IM3Ooredoo ini

      Hapus
  11. Paket Freedom ini keren ya Teh, tanpa kuota sekalipun tetap masih bisa internetan. Jadi nggak mati gaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silaturahmi pun jadi aman karena ga khawatir kuota amblas hehe

      Hapus
  12. Sedih ya mak lebaran kali ini ga bisa kemana2 banyak phk ...duh semoga pandemi ini cepat berlalu ya

    BalasHapus
  13. huhuhuhu sedih banget. kangen rumah. kangen papa. kangen lainnya
    tapi ya kudu ramadan tetap khidmat ya mak
    yang penting kuota aman, bulan puasa tetap jalan penuh semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, sehat - sehat kita semua yaaaa

      Hapus
  14. Bersyukur banget tahun ini walaupun dalam kondisi pandemi tetap bisa menikmati suasana Ramadhan dengan fokus beribadah

    BalasHapus
  15. Sedih ya kalo inget Ramadhan tahun ini begitu sepi. Jauh berbeda dari tahun-tahun sebelomnya. Tapi Alhamdulillahnya kita hidup di zaman canggih. Ada teknologi yang bisa diandalkan. Jadinya masih bisa silaturahmi ke sana ke mari. Tapi tetep sih, kudu pinter2 pilih operator. Biar silaturahmi tetep lancar. Gak khawatir kuota gak cukup, dan gak khawatir sinyal lemah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh sedih, biasanya Ramadan teh meni rame sekarang mah sepi huhu

      Hapus
  16. Keren ya konten kecenya tetep dibuat dari rumah masing-masing. Sejak WFH diberlakukan pemakaian internet di rumahku jadi melonjak drastis juga. Kuota jadi kebutuhan pokok. Ga ada kuota ga bisa silaturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener teh meskipun dibuat di rumah masing2 tapi terasa pro nya yah. Iya kuota skr jadi kebutuhan pokok.

      Hapus
  17. Alhamdulillahnya sekarang koneksi internet udah jauhhh lebih baik ya mba. Jadi meski sedih dan sepi di rumah bisa tetap terhubung dan silaturahmi ya dengan banyak orang lewat online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa alhamdulillah masih bisa silatuhrahmi via online yah

      Hapus
  18. Aku suka banget sama IM3 Ooredoo.
    Karena kami sekeluarga sama-sama pakai Im3 Ooredoo, jadi gak perlu sharing kuota.
    Melimpaaah banget dan gak ada matinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya samaan dong kita, saya juga di rumah pakai IM3Ooredoo semua jadi murah dna hemat hehe

      Hapus
  19. dengan kuota internet yang stabil dan murah akan membantu kita juga mengisi ramadan kali ini dengan hal yang baik dan tetap terhubung dengan saudara lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadinya silaturahmi masih bisa terjalin yah

      Hapus
  20. Beruntung masih ada internet yang dapat menjangkau seluruh negeri ya Mbak, jadi meskipun tidak bisa bertemu, silaturrahmi tetap terlaksana via video call

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah kemajuan internet bikin silaturahmi daring berjalan baik yah

      Hapus
  21. Say thanks to perkembangan teknologi dong yaaa. Masa pandemi seperti ini komunikasi butuh banget nih untuk terus dilakukan ya dengan keluarga dan teman-teman

    BalasHapus
  22. bacanya jadi kangen masa masa sebelum pandemi, kalau bulan puasa gini biasanya bukber dengan teman teman semasa sekolah dahulu dan silaturahmi sama keluarga. Syukur aja teknologi sekarang makin bagus yaa mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too, kangen banget nih masa2 sebelum pandemi gini, semoga ini semua segera berlalu, aamiin

      Hapus
  23. Kemajuan teknologi membuat suasana yang tengah pandemi gini tidak begitu sepi ya. Ada hiburan yg bisa kita tonton live. Untung ada,paket data yang hemat dari im3 ooredoo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah yah paket kuota nya aman buat dipakai silaturahmi

      Hapus
  24. sepi memang, rasanya dunia hanya ada saya, suami dan anak. tapi saya.ingat kalau silaturahmi.kan bs via phone. untung sinyal kuat jd vodeo call an jd lancar dan bs rame terus ini rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi meskipun vcall an tetep silaturahmi jalan terus yah

      Hapus
  25. iya paling vidio callan saja

    BalasHapus
  26. Meskipun ga bisa silaturahmi secara langsung untungnya ada koneksi internet yg lancar jaya, jadi bisa tetep bersilaturahmi meski lewat online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah ya masih bisa silaturahmi

      Hapus
  27. Dengan adanya teknologi video call atau conference bener" memudahkan saya untuk bersilaturahim dengan temen" dan rekan" kantor. Saya punya 4 orang sahabat yang biasanya suka bertemu setahun sekali dan saat libur menjelang lebaran, namun di saat pandemi ini, kami hanya bisa bertemu via online, kami mengobrol hampir 4 jam hehe.

    Oya salam kenal Mbak Tian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah masih bisa berkumpul meskipun hanya online ya mbak Destia, salam kenal kembali mbak Destia. Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut