5 Alasan Mengapa Konsultasi Hukum Ketenagakerjaan Dibutuhkan

Mei 27, 2020


Bismillah, 

Indonesian labour law atau hukum ketenagakerjaan Indonesia adalah jembatan penting bagi hubungan perusahaan selaku pihak pemberi kerja dan karyawan yang bekerja dalam perusahaan. Negara sengaja mengatur hukum ketenagakerjaan diantaranya agar tidak terjadi kesewenangan dari pihak perusahaan maupun dari pihak karyawan.



Dalam penerapan hukum ketenagakerjaan Indonesia, diperlukan pemahaman yang mendalam dari pihak perusahaan dan karyawan itu sendiri. Maka, disinilah konsultasi hukum ketenagakerjaan dibutuhkan untuk mengakomodir kebutuhan perusahaan dalam menyediakan keharmonisan lingkungan kerja sesuai hukum yang berlaku serta membantu karyawan untuk memahami hak dan kewajiban yang mereka miliki.


Sayangnya, tidak semua perusahaan memahami bagaimana implementasi hukum ketenagakerjaan yang benar dalam perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut sering mengabaikan hak karyawan dan akhirnya justru tersangkut kasus. Bahkan yang lebih buruk, perusahaan bisa tidak menerima rasa percaya dan loyalitas dari karyawan yang hak-haknya tidak dipenuhi sesuai hukum ketenagakerjaan yang berlaku.

Kurangnya pemahaman atas hukum ketenagakerjaan tak hanya dapat merugikan karyawan. Perusahaan pun dapat mengalami kerugian jika tidak memahami hukum ketenagakerjaan dengan baik. Bisa saja karyawan melakukan tindakan pelanggaran yang menyalahi aturan sementara perusahaan tidak begitu memahami bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi tindakan karyawan tersebut.



Agar kedua belah pihak mampu memahami hukum ketenagakerjaan, sebaiknya pihak karyawan dan perusahaan melakukan konsultasi kepada konsultan hukum yang terpercaya dan handal dibidangnya. Konsultan hukum akan menjelaskan bagaimana Indonesian labour law atau hukum ketenagakerjaan Indonesia berikut dengan implementasi nyatanya. Selain untuk menjaga dan menguntungkan hubungan karyawan dan perusahaan, ada alasan lain mengapa konsultasi hukum ketenagakerjaan sangat dibutuhkan:

  1. Mencegah hal yang tak diinginkan antara karyawan dan perusahaan
Seperti yang diketahui, pelanggaran terhadap perjanjian kerja dapat terjadi dari pihak karyawan dan perusahaan. Konsultasi hukum ketenagakerjaan berperan untuk mencegah  hal yang tak diinginkan berupa penipuan dan pelanggaran perjanjian kerja terjadi antara karyawan dan perusahaan.

  1. Menambah wawasan individu
Individu yang memiliki wawasan luas akan memiliki pemikiran yang tajam dan mampu melihat dari berbagai macam perspektif. Wawasan yang luas tentang hukum akan membuat seorang individu menjadi lebih peka dan paham bahwa hukum merupakan aturan mutlak yang tak boleh dilanggar sembarangan.

  1. Demi mematuhi hukum yang berlaku
Dengan mematuhi hukum yang berlaku dalam suatu negara, individu tersebut dapat diartikan telah membantu negara dalam menegakkan hukum. Kontribusi masyarakat dalam mematuhi hukum akan bermanfaat bagi pemeliharaan keharmonisan suatu negara.

  1. Informasi yang didapat valid dan pasti
Informasi yang didapatkan dari konsultan hukum mengenai hukum ketenagakerjaan berdasarkan bukti valid dari pendalaman konsultan terhadap pasal-pasal berlaku dan contoh nyata kasus yang telah terjadi. Jadi, kebenaran dan validasi info yang didapat mengenai hukum ketenagakerjaan dari konsultan hukum sudah tak perlu diragukan lagi
  1. Melancarkan dan menyelesaikan perselisihan hukum
Perselisihan hukum antara perusahaan dan karyawan bukanlah hal yang asing. Dengan berkonsultasi bersama konsultan hukum, perkara yang terjadi antara karyawan dan perusahaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat sesuai standar dan hukum yang berlaku. Jadi, win-win-solution antara kedua pihak dapat terwujud.




Demikianlah penjelasan singkat mengenai alasan mengapa konsultasi hukum ketenagakerjaan dibutuhkan. Diharapkan baik dari pihak perusahaan dan karyawan dapat memahami bahwa hukum ketenagakerjaan adalah hal yang penting bagi hubungan mereka dan mau melakukan konsultasi mengenai Indonesian labour law atau hukum ketenagakerjaan Indonesia jika memang diperlukan.





With love,




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut