Tindakan Preventif Atasi Virus Korona / Covid - 19

April 28, 2020

Bismillah, 

Pandemic masih aja belum berakhir, hiks. Sejak Desember 2019 lalu, wabah ini masih terjadi, tingkat penyebarannya pun semakin ganas yah, cepat sekali. Subhanallah, bikin merinding memang kalau dipikirin. Tapi katanya jangan dipikirin juga, soalnya nanti ngaruh sama imunitas. Lah gimana yah kalau gak dipikirin, apalagi saya masih belum work From home jadi masih kerja, dan merasa deg - deg an aja tiap mau kerja, huhuh. Mau bersikap santuy juga ga bisa, soalnya Virus Korona ini kan katanya belum ada vaksin / obatnya, meskipun sebagai ummat muslim kita percaya bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, begitu kata Allah. 


Ada beberapa hal nih gengs yang harus kita pahami terkait virus ini, upaya apa saja yang harus kita lakukan buat mengurangi risiko penularan penyakit ini, tindakan preventif apa saja yang bisa kita lakukan? 

Adakah cara efektif yang bisa kita lakukan buat memotong atau memangkas rantai virus ini? Insya allah ada, PSBB dari pemerintah juga merupakan salah satu tindakan preventif yang dilakukan, asalkan harus patuh saja ya , ya jika kita semua patuh dan mau bekerja sama, insya allah semua ini akan segera berakhir, sudah kangen kumpul - kumpul kan? Sama, saya pun sudah kangen berkumpul huhuh. Apalagi kan ini Ramadan, sebentar lagi Idul Fitri, pasti ingin bertemu sama sanak saudara kan? Ya makanya yuk bersama - sama kita potong rantai virus ini, yuk! 


Cuci tangan dengan benar 
Mencuci tangan adalah salah satu cara mencegah virus Korona. Mulai sekarang pembiasaan cuci tangan memang harus dilakukan, sederhana sih namun ampuh banget ini untuk mengurangi risiko penularan infeksi virus. 


Kenapa? 

Soalnya, tangan itu banyak sekali ditinggalin sama berbagai macam bakteri dan virus, apalagi jika kita sudah dari keramaian. Patogen yang tersebar bisa saja nempel di tangan dan ini menjadi risiko menularkan virus. Bukan hanya itu, kita tuh sebenernya lebih rentan terpapar penyakit yang berasal dari sentuhan tangan loh daripada paparan barang atau percikan cairan, soalnya tangan kan suka megang mata, hidung dan mulut tanpa sadar, kebayang kan kalau kita males cuci tangan? Kebayang ga sih tangan yang kotor megangin mulut, mata dan hidung? Padahal kan mata, hidung dan mulut itu adalah pintu paling utama yang bisa dimasukin virus atau bakteri. Makanya betapa penting mencuci tangan dengan benar, gunakan air mengalir dan sabun. 


Makan, makanan yang matang  terutama daging dan telur
Daging dan telur harus dimasak sampai matang, kenapa? Padahal kan enak ya steak yang belum matang atau telur mata sapi yang setengah matang. Ya kan? 


Virus Korona /  Covid- 19  ini tuh penyakit zoonoti yang menggunakan hewan / binatang sebagai vektor dan kemudian menjangkit manusia ketika mengkonsumsi daging hewan mentah atau tidak matang. Makanya, untuk sekarang perhatikan tingkat kematangan daging dan telur sebelum dikonsumsi supaya terhindar dari infeksi Covid-19.


Hindari kontak langsung dengan orang sakit, jika kurang enak badan istirahatlah! 
Hindari atau kurangi kontak langsung dengan orang sakit, apalagi kalau indikasi orang itu batuk, demam dan bersih. Jangan sampai terkenal droplet atau percikan cairan pasien yang sedang batuk atau bersin - bersin. jadi jika memang sedang tidak enak badan, mendingan stay at home saja dan istirahat. 


Jangan lupakan etika batuk dan selalu gunakan masker 
Pliss deh buat yang batuk, pahami dong etika batuk ditempat umum atau pas banyak orang itu giimana. Suka gemes deh kalau ada orang batuk seenaknya saja tanpa nutup mulutnya, gemes ingin nyubit pake gunting jadinya deh. huhuh. 

Pakai masker memang awalnya untuk yang sedang sakit, namun dalam masa pandemi ini yang sehat pun perlu menggunakan masker, gunakan saja masker kain. Ini efektif buat menghindari droplet langsung dari orang yang bersin atau batuk. 

Jangan sering - sering mengusap mata, memegang hidung dan mulut dengan tangan ya, kalau bisa jangan deh. Tahan saja keinginan itu. 


Jaga daya tahan tubuh 
Menjaga daya tahan tubuh penting yah, soalnya jika sistem kekebalan tubuh rendah virus bakalan lebih mudah masuk dan menyerang tubuh, apapun nama virusnya bukan hanya Covid -19 ini. 

Menjaga daya tahan tubuh ini simple sih , cukup olahraga dengan rutin. Olahraga ringan namun harus rutin, makan makanan bergizi, sayuran dan buah konsumsi tiap hari, asupan vitamin dan mineral, vitamin C dan juga vitamin D. 


Update informasi kesehatan
Jangan gampang percaya sama informasi hoax yang dishare, apalagi tentang pandemi ini. Update infomasi kesehatan ditempat yang terpercaya. Saya sih download aplikasi HaloDoc, aplikasi andalan saya buat update informasi seputar kesehatan. 


Di HaloDoc pun saya bisa berkonsultasi loh, iya berkonsultasi langsung dengan dokter. HaloDoc ini adalah aplikasi kesehatan yang sangat saya rekomendasikan kepada temen - temen nih, soalnya banyak banget informasi kesehatan dan juga solusinya jadi ga usah kemana informasi hoax lagi. Informasi yang ada di haloDoc ini update dan valid. 



Bukan hanya itu, HaloDoc juga memiliki layanan baru loh, adalah pengiriman obat dari rumah sakit yang sangat membantu kita yang sibuk dan gak bisa keluar rumah, ya kan? Nantinya tuh resep obat yang sudah dipesan bakalan diantarkan langsung ke rumah. Layanan konsultasi online dengan dokternya pun terpercaya dan menjadi andalan kalau lagi ga enak badan, apalagi masa Pandemi gini, parno kan ke Rumah Sakit? Makanya buruan download aja HaloDoc dan manfaatkan layanan konsultasi online dengan dokternya langsung. Bahkan buat janji untuk test Covid pun bisa loh di HaloDoc, asik kan? 




Semoga kita semua sehat dan dihindarkan dari virus Korona dan virus lainnya yah, aamiin. Stay health everyone!! 




With Love, 


















You Might Also Like

2 Comments

  1. Pake masker selama masa pandemi ini emang perlu banget. Udah banyak yang pake masker, yes aku seneng. Tapi maskernya masih ada yang nyangkut sampe mulut atau cuma gantung di leher aja. Atuh lah. Antara sebel, kasian sama pengen ketawa jadinya

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah sekarang bisa konsul soal kesehatan dengan ahlinya lewat aplikasi halodoc aja ya teh. Kalau tindakan preventif mah udah harus and kudu and mesti ya sebagai langkah utama cegah corona

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut