Museum Kapal Samudraraksa Borobudur

April 14, 2020

Bismillah, 

Museum Kapal Samudraraksa Borobudur. Ada yang pernah singgah ke Museum Kapal Samudraraksa ? Masih dalam kawasan Candi Borobudur nih. Sebenernya ke Museum Kapal Samudraraksa ini tuh gak ada dalam itinerary perjalanan saya ke Yogyakarta, tapi begitu sedang berjalan kearah pintu keluar dari Candi Borobudur tiba - tiba kami melihat ada Museum ini, penasaran makanya langsung deh singgah, mumpung masih disini. 


Museum Kapal Samudraraksa 


Jujur, ini sebenernya ga ada dalam itinerary perjalanan kami ke Yogyakarta. Namun karena neng Marwah dan kayyisa yang ingin masuk, jadi kamipun masuk. Untung saja, ketika kami masuk sedang sepi, jadi hanya kami yang ada dalam museum ini. Seneng kan kalau gini? Bisa leluasa berswafoto.


Museum Samudraraksa ini letaknya di zona penyangga II, masih area Candi Borobudur, Magelang. Museum ini tuh dibangun, tujuannya buat mengingatkan kita semua akan kejayaan para nenek moyang terdahulu yang sudah berhasil mengarungi Samudera Hindia, bahkan sampai ke Wilayah Afrika loh, keren kan nenek moyang kita?


Museum Samudraraksa ini tuh memiliki tiga bangunan. Bangunan pertama adalah tempat informasi, disini kita bisa menemukan display foto, poster - posternya, relief bahkan ada pemutaran film juga. Bangunan yang kedua nya itu adalah sebuah bangunan yang bentuknya tuh seperti rumah Joglo, dalam bangunan ini lah kapal Samudraraksa disimpan dan dipajang. Disini juga disimpan beberapa perlengkapan yang sempat dan pernah digunakan oleh para awak kapal ketika mereka berlayar.


Museum samudraraksa ini tuh diresmikan 31 Agustus 2005, diresmikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI Prof Dr. Alwi Shihab. Peresmian ini tuh layaknya sebuah penghargaan dan juga merupakan apresiasi untuk para awak kapal dan semua pihak yang sudah mendukungnya. 

Museum Samudraraksa ini tuh memamerkan kapal sepanjang sekitar 18,25 m , lebarnya tuh 4,5 m . Kapal Samudraraksa ini tuh menempuh jalur kayu manis, adalah jalur yang memang ditempuh nenek moyang kita dulu pada abad ke - 8. 


Selain bisa melihat Kapal Samudraraksa, di museum ini pun kami bisa menikmati sinema interaktif petualangan Raka samudraraksa. Sinema nya tuh menyenangkan, dan anak - anak pada suka. Jadi sinemanya tentang petualangan Raka ke setiap abad, dari mulai pembangunan Candi Borobudur sampai ke jalur sutera juga loh. Pokoknya anak - anak jadi belajar seputar sejarah juga.


Dalam sinema nya tuh, dimodifikasi multimedia. Jadi anak - anak ga bosan meskipun belajar sejarah. Neng Marwah seneng tuh pas melihat sosok Raka berdiri dibelakang Kapal Samudraraksa, kapal kayu yang besar pada abad ke-8 itu. Kapal samudraraksa itu digerakkan oleh kurang lebih dua puluh tujuh orang dari Jakarta - Seychelles - Madagaskar - cape Town - St Hellena dan berakhir di Accra, Ghana. Yang menjadi nahkoda nya itu adalah Kapten TNI i GEde Putu Sedana. Kemudian Kapal Samudraraksa ini kembali ke indonesia, di rakit. Jadi gak berlayar lagi.


Ya, Kapal Samudraraksa ini dibongkar di pelabuhan terakhir dan dikirimkan ke Indonesia dengan menggunakan peti kemas melalui pelabuhan Tanjung Mas di Semarang dan kemudian dirakit kembali dan disimpan di museum ini.

Kapal samudraraksa ini tuh menurut sejarahnya dibuat di Pulau Pagerungan Kecil yang berada di Kepulauan Sapeken, Sumenep Madura, Jawa Timur. Assad Abdullah pembuat kapalnya. Pelayaran yang dilakukan pertama kalinya ke Banyuwangi dan kemudian dilanjutkan ke pesisir Jawa, yaitu ke Banyuwangi lantas ke Surabaya, Surabaya - Semarang dan Semarang - Jakarta. Kapal Samudraraksa, pada tanggal 17 Agustus 2003 diresmikan keberangkatannya dan kemudian diberikan nama Samudraraksa, alias penjaga samudra nusantara.


Begitu yang dijelaskan oleh mbak - mbak yang bertugas di Museum Kapal Samudraraksa ini. Alhamdulillah, seneng deh bisa menyambangi Museum ini, jadi bisa melihat langsung kapal Samudraraksa yang merupakan kebanggaan Bangsa kita ini. Belajar sejarah itu menyenangkan dan tidak membosankan kok asalkan dikemas dengan baik dan juga dengan menyenangkan, setuju?

Adakah temen - temen yang pernah menyambangi Museum samudraraksa juga? Menyenangkan bukan?


With love,

Tian lustiana














\

You Might Also Like

21 Comments

  1. Museum dibangun tahun 2005, tapi tahun 2012 saya ke Borobudur kok gak melihat museum ini ya? Baru tau malah di area Candi ini ada museum kapal.

    Kelihatnya sih menarik, ah, semoga Corona segera berakhir, aku mau main ke sini. Udah lama gak jalan ke Yogja dan Magelang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iniakan keliatan kalau pas pulang dari candi jalan kaki, soalnya arahnya tuh arah jalan kaki hehe. kalau naik mobil ga akan terlihat

      Hapus
  2. Aku bolak balik ke borobudur kok ga tau ya ada museum ini, besok kelar corona kudu mampirin

    BalasHapus
  3. wahhh aku baru tau ada museum ini teh di area Candi Borobudur. Tempatnya bagus dan sangat informatif ya, mbak. Anak2 tuh senang banget kalau diajak ke museum. Semoga ada kesempatan untuk bawa anak2 ke museum ini :)

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah kemari mbak dan tempatnya edukasi banget untuk anak-anak nih. One day, ke jogja museum ini aku masukin dalam list itinerary deh.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke museum Samudraraksa Borobudur ini Mba, sebagai pecinta museum, aku harus mampir ke sini , nih! Kalo bawa ponakan pasti seru 😄

    BalasHapus
  6. waaa seru pisan ini ih teeeh, aku belum pernah nih mampir ke museum samudraraksa borobudur ini nih, jadi pengen ke sana juga iiih hihihi

    BalasHapus
  7. beberapa kali ke Borobudur belom pernah nyobain ke museum ini, malahan saya baru tahu ka, paahal waktu itu penelitian di sini bolak-balik terus, tapi memang fokus neliti candinya

    BalasHapus
  8. bah aku pernah ke borobudur tapi belum pernah kesinni.. kayak gak lihat gitu ada musium ini.. ternyata bagus bagus

    BalasHapus
  9. Wah, aku nggak tau ada museum ini di kawasan Borobudur. Kalo tau mah mampir.

    BalasHapus
  10. Iya, saya pernah ke museum ini. Tapi enggak sempat mengeksplorasi semuanya. Cuma keliling-keliling aja.

    BalasHapus
  11. Baru tau ada museum kapal. Knp dulu pas ke Borobudur g mampir ya. Coba deh nanti mampir n bljr sejarah

    BalasHapus
  12. ya ampun, aku baru tahu ada museum ini di Borobudur. Padahal ke Candi Borobudur udah beberapa kali. Tapi beneran cuma fokus ke candinya aja. hmmm pertanda harus kembali ke candi borobudur lagi nih

    BalasHapus
  13. asik juga ternyata ya mba, auto pengen nyebur lihat si kakak duduk dibawahnya ada ikan gerak2, padahal boongan ya hehe

    BalasHapus
  14. Hmm, museum kapal samudraraksa ya Mbak, noted deh... soalnya pas ke Borobudur dulu malah gak ngeh ama museum ini hehe... bagus banget mengenalkan sejarah lewat museum ke anak2 kita ya. Agar mereka tau bahwa nenek moyangnya adalah pelaut tangguh

    BalasHapus
  15. Menarik banget bisa liburan ke museum kapal ini yah apalagi bisa melihat sinema interaktif petualangan. Anak-anak pasti happy banget diajakin liburan,nanti kalo liburan ke Magelang mau juga ah berkunjung kesini.

    BalasHapus
  16. Seriusan, menarik banget ini mah. Kalau deket udah aku samperin. Semoga aja suatu saat bisa pergi ke sini menambah pengetahuan dan pengalaman.

    BalasHapus
  17. Aku belom pernah. Ke candi borobudur aja belom kesampaian hiks. Aku masukin ke bucket list ah. Soalnya tiap main ke sana langsung lupa dadakan harus kemana. Makasi infonya mbak 😊

    BalasHapus
  18. Hahaha..kok aku baru tau ya ada museum ini di area candi Borobudur. 2 tahun lalu kesana ga ngeh..cape muter2 jadi gak sempet liat2 lagi krn lanjutin perjalanan lagi.

    BalasHapus
  19. Paling seru kalo ngajak anak ke museum, apalagi ada permainan edukasinya. Bakalan betah deh. Waktu main ke taman pintar aja, sampe susah diajak pulang saking asiknya. Museum harusnya dibuat kids friendly kaya gitu yaa teh, buat menarik anak-anak supaya mau belajar soal sejarah.

    BalasHapus
  20. Aku baru tau ada museum dekat borobudur, kayaknya pas ke jogja dan nyari tempat wisata dekat borobudur gak nemu samudraraksa ini. Sayang bt ya,padahal tempatnya bagus dan unik.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut