Cara Asik Belajar Bahasa Inggris

April 23, 2020

Bismillah,

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris . Ya, belajar bahasa Inggris itu harus asik. Kalau ga asik alias bikin bosan mana bisa suka dan paham. Saya sejak dulu menerapkan hal itu sama diri sendiri. Kebetulan, sejak SMP saya tuh paling suka sama pelajaran Bahasa Inggris. Berawal dari kecintaan saya sama boyband ngehits pada zamannya The Moffatts. Jadi dulu tuh saking suka nya sama The Moffatts, sampai - sampai semua lagu mereka saya artikan. Sejak itulah saya bertekad ingin bisa bahasa Inggris dan jadi seneng banget sama pelajaran bahasa Inggris. Padahal, beberapa temen saya bilang bahasa Inggris itu bikin bosan dan sangat ga bisa dipahami. 



Jadi pada postingan kali ini saya bakalan berbagi beberapa tips nih yang bisa diterapkan supaya asik belajar bahasa Inggris. Sampai sekarang pun saya masih sangat ingin belajar dan belajar bahasa Inggris, never ending learning. Ya kan gaes? 

Sukai dulu 
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah "love it" . Ya harus suka dulu alias harus cinta dulu sama bahasa Inggris baru bisa dekat. Bukan cuman pada bahasa Inggris sih, pada materi apapun atau apapun yang akan dikerjakan yang penting dan utama adalah harus suka dulu. Setelah suka nantinya bakalan kepo dan terus ingin belajar, belajar dan belajar. 
Ketika sudah suka maka akan terus ada keinginan untuk belajar karena ingin tau terus kan. Karena sesungguhnya belajar bahasa Inggris itu sangat menyenangkan.

To have another language is to possess a second soul."

Dengerin musik
Awal saya belajar bahasa Inggris ya dari lagu - lagu nya The Moffatts, masih ingat banget awal saya dengerin tuh lagu yang i'll be there for you , itu saya tulis dibuku dan saya artikan perkata sambil lihat kamus, haha. Perjuangan banget dong. 

BACA : 4 Lagu The Moffatts Yang Ngehits 

Buat temen - temen juga boleh banget nyobain, dengerin musik atau lagu favorite. Memanfaatkan kemampuan pendengaran atau auditory ini lumayan bisa ngasah juga loh. Kadang saya tuh hanya dengerin musik atau lagu bahasa asing terus saya tulis deh liriknya dengan bahasa inggris juga, jadi apa saja yang saya denger ya ditulis aja mau bener atau salah, yang penting saya tulis dulu saja. Dan menurut saya ini ini mujarab banget, jadinya saya bisa konsentrasi juga sih. Ya paling enggak juga jadi nambah vocabulary. Makin banyak vocab yang dimiliki maka akan semakin mudah juga sih belajar bahasa Inggrisnya. 

Improve vocab 
Terus saja tingkatkan vocabnya. Saya tuh paling seneng nulis vocab baru di notebook, terus saya inget - inget gitu. Kadang kalau lagi nonton drama korea saya pakai text English aja, bukan sotoy tapi ya buat mengasah kemampuan saya juga. Jadinya banyak vocab baru yang saya dapatkan. 

You can never understand one language until you understand at least two.


Jangan takut salah, pede aja keleus! 
Hampir semua guru yang mengajarkan bahasa Inggris, beliau selalu bilang " Tian, jangan pernah takut salah, bicara bahasa Inggris harus pede!" . Makanya saya suka pede - pede aja ngomong, padahal salah. Haha. Eh tapi kan kalau salah nanti dibenerin juga, ye kan? Jadinya tau kalau itu salah dan dibenerin pula. 

Belajar bahasa Inggris itu memang gitu, jangan takut salah. Soalnya kan kalau ingin cepet mahir emang harus berani ngomong. Bahasa Inggris tuh harus banyak latihan. Latihan bicara, latihan nulis, latihan mendengarkan dan baca juga. Pokoknya practice makes perfect, ye kan guys? Iya dong. 

Karena kepedean saya juga nih, saya alhamdulillah mendapatkan kesempatan mendapatkan pelatihan nih dari Komunitas ISB. Ya saya pede aja daftar, padahal english saya ga bagus tapi memberanikan diri ingin ikutaan writing academy nya. Ya saya ingin banget bisa menulis blog dalam bahasa Inggris, sebenernya sekarang saya udah punya sih blog bahasa Inggris tapi bahasanya masih ambyar, haha. Nah lewat Writing Academy ini saya tuh berharap bisa lebih baik lagi nulis blog dalam bahasa Inggris. 

Thanks a bunch buat Komunitas ISB dan TBI Pondok Indah yang sudah memberikan kesempatan terbaik ini. 



Pengalaman Kursus Online Bahasa Inggris (Academic Writing) di TBI (The British Institute) Pondok Indah 

Finally, saya bisa mengikuti online class nya TBI nih. I'm so happy! Tujuan saya ikutan Writing Academy itu ya seperti yang saya jelaskan diawal tadi, saya ingin mahir menulis blog dalam bahasa Inggris. Pokoknya saya tuh ingin upgrade ilmu bahasa Inggris aja, biar lebih mahir. 

 


Kelas pun dimulai. Kami menggunakan fasilitas Zoom dan Google Class Room sebagai media belajarnya. 

Baca : Pengalaman menggunakan Google ClassRoom 

Duh jujur diawal saya deg - deg an. Soalnya temen - temen blogger lainnya pada keren - keren bahasa Inggrisnya, mereka cas cis cus ngomong bahasa Inggris bareng Ms. Lesley (tutor kami). Namun lama - lama saya pun memanas, haha dan memberanikan diri deh. Kepedean muncul seketika karena ingin bisa juga. 
Minjem fotonya Kacamatahani 
Program yang kami pelajari ini tuh Academic Writing, jadi program ini tuh bisa diikuti oleh siapa saya yang ingin belajar. Misalnya buat para blogger, novelist , content writer, cerpenis dan lainnya yang memang ingin upgrade skill menulis dalam bahasa Inggrisnya. Selama mengikuti Short class kemarin, seneng banget. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Diantaranya adalah list of different ways to tittle article , misalnya gimana menerapkan "how to" dan indentify and solve problem . Make a controversial statement . Terus belajar use short tittles dan many more. Setelahnya saya pun diberikan tugas menyelesaikan sebuah tulisan tentang " Have you studied abroad". Jadi kami diberikan tugas buat menulis pengalaman (fiksi) belajar di Luar negeri. 
Dalam suatu artikel bahasa Inggris itu harus termasuk :  A tittleauthor name & date , introduction , a body and a conclusion


CODER = Collect your idea, Organize your idea , make a Draft , Edit your draft ,  Revise & Review your work again. 

Kami pun diajarkan tentang stronger adjectives dan lainnya. Seneng deh pokoknya. Thanks Ms Lesley and Ms Tamara for teaching us. 

Kenapa harus belajar bahasa Inggris di TBI (The British Institute) ? 
Udah pada kenal dong sama TBI. Sejak dahulu kala, TBI adalah salah satu tempat kursus bergengsi yang terdepan dan udah famous alias punya nama di Indonesia, sejak tahun 1984 tanggal 18 Februari. Tenaga pelajarnya pun sudah punya kualifikasi dengan standar internasional, bahkan dibekali sertifikat oleh the University of Cambridge English, keren bukan? Dan yang paling keren tuh, TBI selalu upgrade metodologi pembelajarannya, alias update terus. 

Yuk, untuk temen - temen yang masih semangat dan ingin belajar bahasa Inggris langsung saja daftar ke TBI. Jangan ragu dan bimbang. TBI juga punya banyak program pembelajaran lainnya selain Writing Academy, diantaranya : 

✔️ Global English
✔️ Conversation
✔️ Academic English ( Kelas untuk persiapan IELTS & TOEFL)
✔️ Profesional English (Bussiness Communication, Writing & Presentation)
✔️ Teacher Training (Kelas yang diperuntukkan yang ingin menjadi guru bahasa Inggris) 
✔️ Young Learners ( Kelas untuk anak - anak & juga remaja) 

Belajar bahasa Inggris di TBI ini jadwal kelasnya variatif, disesuaikan dengan kebutuhan. Dari hari senin - sabtu pukul 09.00 sampai pukul 21.00. Untuk urusan tutor alias gurunya dijamin menyenangkan dan profesional banget. Ada juga loh teacher asing dan lokal. 

Lokasinya dimana saja? 
  • Jakarta ( Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading )
  • Bali 
  • Cibubur ( Kota Wisata , Cibubur)
  • Depok (Margonda)
  • Tangerang ( BSD, Gading Serpong)
  • Bandung (Riau, Dago, Festival City Link, Jatinangor) 
  • Malang 
Temen - temen juga bisa langsung tanya - tanya dulu saja ke customer service nya : 
Phone : 0895 4119 50535  /  021 7510020 
Email : marketing@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id 
Instagram : @my.tbi 

Sebelum ikutan kelasnya, temen - temen nanti harus ikutan placement test. Ini tuh fungsinya buat melihat level sebelum memulai kelas. Jadi kan disesuaikan dengan kemampuan kita juga. Dimanakah nantinya akan belajar, apakah di level starter, elementary, pre - intermediate , upper - intermediate ataukah advance . Saya sih pas ikutan kemarin masuk ke pre-intermediate , lumayan lah yess. 

Itulah gengs cerita pengalaman saya mengikuti short class writing academy di TBI Pondok Indah. i was totally happy! 

Terimakasih Komunitas ISB dan TBI Pondok Indah 



With love,

Tianlustiana

You Might Also Like

24 Comments

  1. Setuju banget teh belajar bahasa Inggris salah satunya dari lagu itu bermanfaat :D karena saya mengalaminya. Sekarang mah lebih mudah ya untuk belajar bahasa Inggris, ada kursus online gini jadi praktis.

    BalasHapus
  2. Sebentar lagi kayaknya buat blog khsus berbahasa inggris ini

    BalasHapus
  3. asyiknya belajar bahasa inggris bareng yang lain selama aktivitas di rumah aja

    BalasHapus
  4. Jadi inget adekku dulu belajar b inggris dari lagu2, aku yang sering nyetel lagu b inggris , dia yang pinter dan aktif berbhasa ingg nih.
    Ahh seruu juga tuh Tian kegiatan belajar onlen, mengisi kegiatan positif selama wfh/wfo .

    BalasHapus
  5. Waktu smp aku suka bahasa Inggris karena gurunya asik dan dia juga ngajarin belajar bahasa Inggris dari lagu juga. Tapi sekarang aku cuma tau aja, kalau ngomong langsung blank hahaha. Ga pernah dipraktekin. Enaknya sih ada partner,ya

    BalasHapus
  6. aaa keren euy ikutan kelasnya ya.
    aku dah berabad2 ga belajar bahasa inggris, jadi lupa semuanya deh :(

    BalasHapus
  7. Aku dulu sempet belajar di TBI hehe,, btw bener tuh mba sukai dulu dan aku juga belajar dari lirik musik

    BalasHapus
  8. Asyik ya mbak belajarnya, walau online tetap banyak yang diperoleh.

    Eh di Malang ada juga cabangnya. Bisa nih kapan-kapan ke sana tanya-tanya, kebetulan lagi cari tempat belajar bahasa inggris buat anak-anak

    BalasHapus
  9. Mumpung #DiRumahAja seruuu banget bisa beljar bahasa inggris online ya
    Sarat faedah dan bisa isi waktu dgn kegiatan positif

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah aku juga hepi banget bisa les online. Jadi nemu ilmu baru ya

    BalasHapus
  11. Iya, belajar bahasa memang harus suka dulu. Apalagi kalau cepat bisa kan katanya harus sering dipraktekin

    BalasHapus
  12. Wah seru banget ya dapat kesempatan belajar bahasa Inggris untuk penulis di TNI, aku juga pengen banget bisa nulis blog pakai bahasa Inggris deh..

    BalasHapus
  13. Kita sama2 tipikal yg belajar bahasa inggris dari musik ya. Sebenarnya ama film juga sih. Dulu karena demen ama serial friends bolak balik nonton, mpe jadi rada ngerti. Btw moffats tuh band yang personelnya kembar 3 itu bukan si?

    BalasHapus
  14. Dulu aku merasa terbantu banget denger lagu asing lalu cari lirik dan nyanyiin. Ngebantu sih. Makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  15. Pengen banget nih ikutan soalnya bagus untuk improve bahasa Inggris. Sudah lama nggak dipakai jadi banyak vocabulary yang dipakai. Sudah daftar juga semoga terpilih.

    BalasHapus
  16. Aku tuh pengen juga bisa nulis plus ngomong bahasa Inggris, tapi karena gak pede jadi sering ambyar.

    Jadi aku sekarang belajar nya dengan cara nonton akun YouTube luar, kayak NZ BigTiny Bryce Langston. Dia ngomong nya bisa dipahami, aku denger dulu deh terus aku tulis gitu. Belajar ngomong nya ntar aja, hahaa

    BalasHapus
  17. Bahasa Inggris ini penting banget mbak kalau menurut aku saat ini. Buat jualan buat bisnisnya dan cari kerja juga perlu

    BalasHapus
  18. Kebayang senangnya ya mba ikut writing academy ini. Aku pun suka Bahasa Inggris, tapi selalu ambyar kalau untuk percakapan maupun grammar. Ngasal aja sih bahasanya hehehee... Selama ini baru praktekin nulis pake English di blog kartu posku aja mba, belum berani di blog utama :)

    BalasHapus
  19. Seru sekaliii makkk. Aku pengen juga ikutan biar makin rajin cas cis cusnya secara pasif masih aku

    BalasHapus
  20. Dulu sempat ikutan les Bahasa Inggris. Cara ngajarnya asyik, kita diajak belajar dari lagu-lagu.

    BalasHapus
  21. mantap ini kelas online, jadi masa kayak gini, tetap bisa belajar, aku kayaknya mentok deh belajr Inggrisnya,paling suka ngobrol ama si sulung yang emanng wajib di pondpknya pake inggris sih

    BalasHapus
  22. Seru sekali lesnya mbak, walau online tetep semangat ya. Skearang kyknya banyak kursus free juga tapi ujiannya berbayar, kebetulan suamiku ikut bbrp kursus. Ini TBI kira2 akan buka kursus online seterusnya gak ya walau pandemi udah berakhir? hehe
    Kalau saya emang kursus (bahasa lain) tapi yg terpaksa dionlinekan haha.
    Eh bocoran temenku yang tutor di TBI jg Mrs Tamara itu yg terkenal jago banget dan senior katanya, keren deh bisa diajar langsung sama beliau :D

    BalasHapus
  23. senangnyaaa bs belajar cas cis cus. kemampuan bahasa asing saya pas2an, saya tak pandai mengingat sesuatu. mengingat masa lalu saja tak bisa. wkwk. pengen deh belajar, sejauh ini saya nambah kosakata via lagu2

    BalasHapus
  24. Saya suka ngiri sama temen yang pinter bahasa Inggris, waktu kerja di luar negeri ya sempat ikut les tapi yang dasar dan belajar gramarnya. tapi kalau pas ngomong salah, suami yang suak betulin dan akhirnya bikin saya minder hehee. Lebih asyik memang ya belajar Bahasa Inggris kalau udah suka dan cocok dengan gurunya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut