Pengalaman Menggunakan Google Classroom

April 13, 2020

Bismillah, 

Pengalaman Menggunakan Google Classroom . Pandemic ini tidak serta merta memberikan hal negative, meski ya banyak negativenya. Namun segala hal jika diambil positive nya ya akan selalu ada. Seperti dalam keadaan seperti ini, saya ambil hikmahnya saja. Saya jadi bisa belajar online bahasa Inggris. alhamdulillah. Dan banyak hal lainnya juga yang menjadi habit baik dalam hidup saya. Jadi, disyukuri saja ya gaes, insya allah Allah subhanahuwataala memberikan cobaan ini semua tidak akan diluar batas kemampuan manusia. 



Hari ini, saya pertama kali belajar bahasa inggris secara online menggunakan aplikasi Zoom dan juga Google Classroom. Saya bersama beberapa teman blogger lainnya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan ini, terimakasih ISB dan TBI Pondok Indah. (pengalaman belajar online ini akan saya share di tulisan terpisah). 

Jadi apa saja nih gengs yang harus kita siapkan supaya maksimal dalam menyerap ilmu selama online course ? 

Hal yang pertama wajib disiapkan ketika belajar online / online course adalah WAKTU. Iya, karena kita wajib mengikuti sesuai jadwal, misalnya kalau jadwalnya 2 jam ya usahakan selama itu jangan kemana - mana, jadi ikutan online course memang harus fokus, jangan sampai multitasking. Itu sih yang saya rasakan, jika ga fokus jadinya banyak ketinggalan materi, kan sayang kalau tidak maksimal. 

KENALAN SAMA GOOGLE CLASSROOM 

Google Classroom adalah aplikasi untuk pembelajaran secara online dan gratis. Jadi di Google Classroom ini, teacher atau guru bisa membuat kelas sendiri dan kemudian membagikan kodenya kepada murid - muridnya untuk masuk kedalam kelas. 




Google Classroom ini tuh bisa digunakan oleh semua lingkup pendidikan, bisa membantu para murid untuk belajar tanpa harus tatap muka dengan guru, cocok banget digunakan ketika situasi #belajardarirumah seperti ini. 

Tujuan dari Google Classrrom ini tuh adalah untuk meminimalisasikan atau mengecilkan proses share file antara guru dan juga muridnya, kebayang ga kalau share tugas via whats app atau aplikasi chat lainnya? File segede gambreng itu harus numpuk di memory hape, kebayang ga? 

Pengalaman Menggunakan Google Classroom
Nah, makanya ada Google Classroom, ini ngebantu banget menyelamatkan smartphone dari file - file tugas yang menumpuk. Soalnya Google Classroom kan punya Google Drive buat buat dan distribusi tugasnya, ada via google docs, sheets, slides, gmail dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk belajar dari rumah. Setiap kelas yang dibuat gurunya tuh ada folder drive masing - masing, siswa bisa send tugasnya disitu dan dinilai sama gurunya. Menurut saya sih ini jadinya lebih efektif. Jadi guru juga langsung bisa mantau tugas siswa nya dan dinilai. 
Fungsi & Keunggulan Google Classroom? 
⇛ Pembuatan kelas yang cepat dan juga nyaman 
Membuat kelas di Google Classroom ini ga ribet, simple dan cepat banget loh. Guru hanya tinggal akses Google Classroom aja dan bisa langsung membuat kelas. Setelahnya bisa langsung membagikan tugas atau penjelasan pembelajarannya. Nanti ada kode unik yang bisa dibagikan buat masuk kelas, jadi ga sembarang orang bisa masuk kelas. Interface Google Classroom juga sederhana dan menurut saya sih lebih mudah digunakan. Jadi baik pengajar atau siswa akan senang menggunakannya. 

⇛ Efisiensi waktu 
Beda kalau share file tugas di aplikasi chat, mana harus didownload dulu kan, nah kalau di Google Classroom ini ga usah deh donlod dulu. Selain itu juga guru juga selain membuat tugas bisa menentukan peringkat juga loh, memberikan penilaian langsung. Jadi waktu lebih hemat bukan? 
⇛ Meningkatkan kerjasama & komunikasi
Menurut saya menggunakan Google Classroom ini tuh efisien sekali, karena adanya kolaborasi online yang memudahkan. Kegiatan pembelajaran online jelas, misalnya guru memberikan pertanyaan nah siswa bisa langsung jawab di thread nya atau di stream  gitu lah. Jadi keliatan langsung juga mana siswa yang aktif dan tidak terlihat dari jawaban di komennya. Diskusi akan terasa menyenangkan juga soalnya semua aktif. 
⇛ Penyimpanan data yang terpusat 
Penyimpanan data pada Google Classroom ini tuh ga terbagi - bagi, jadi terpusat. Ada foldernya, ga takut kehapus atau hilang, beda sama di aplikasi chat, takutnya saya clearchat hilang semua. Haha. Nah di Google Classroom ini semua bahan e learning atau kegiatan bisa disimpan secara cloud dan masalah nilai pun bisa langsung dilihat di aplikasi. 

♔♔♔

Semoga membantu yaaa, saya rasa sih pembelajaran online menggunakan Google Classroom ini lebih menyenangkan dan yang pasti file yang tersimpan lebih aman soalnya ga akan tersimpan langsung pada perangkat yang kita gunakan. Adakah teman - teman yang menggunakan Google Classroom juga? Sharing yuk. 

With love, 






You Might Also Like

36 Comments

  1. iya keren banget, dengan adanya google classroom memori hp ga cepat penuh, karena materi sudah tersimpan di sana. kita bisa lihat kapan saja dan menggunakan perangkat PC atau smartphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadinya ga habiskan memori smartphone yah

      Hapus
  2. Saya suka liat kakak saya update status google classroom ini mbak.. ya.. pas pandemic ini, kakak saya ngajarnya lewat google classroom. Kayaknya lebih efisien dan mudah digunain ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya hampir semua guru menggunakan Google Classroom ini deh yah

      Hapus
  3. Belum pernah pakai nih. Dan kayaknya harus belajar pakai ini juga. Soalnya ada beberapa gawean yang menggunakannya. Harus dipelajari secara aku gaptek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada yang gaptek kok hehe, yang ada males ngulik aja hehe.

      Hapus
  4. Baru pertama kali dengar Google classroom, ntar aku saranin adikku aja buat coba ikutan, soalnya dia yang lagi belajar dari rumah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih mudah loh belajar menggunakan Google Classroom ini, lebih efektif pembelajaran online pun

      Hapus
  5. Salah satu hikmah semua dari rumah ini, ya. Nambah ilmu dan skill baru. Jangan-jangan nantinya dunia emang bakal begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa banyak hikmah yang bisa diambil yah selain siis negative nya hehe, bismillah semoga semua ini segera berakhir dan bisa lebih baik lagi dari sebelumnya yaaa kehidupan kita. Aamiin.

      Hapus
  6. Pengalaman yang menarik. Saya juga menggunakan Google Classroom selama pandemi ini, anak-anak mudah terpantau dan belajar juga seru.

    BalasHapus
  7. Google Classroom merupakan penolong kita mengerjakan soal. Lebih mudah, aman dan mandiri

    BalasHapus
  8. Selain pakai aplikasi kita kl meeting atau webinar pakai yg lain jg lho. Ada meet, zoom, FB jg n semua msh yg gratisan. Hehehe

    BalasHapus
  9. Belum pernah coba daku Google Classroom ini Teh. Kalau lihat fungsinya, lebih simple dan efisien bisa sekalian menyimpan file lebih mudah karena terhubung dengan gdrive

    BalasHapus
  10. Ketika harus wfh, saya mengajar murid murid dgn bantuan google classroom ini..
    Sangat membantu

    BalasHapus
  11. Gara-gara banyak yang WFH, sekarang hampir semua aplikasi meeting online bermanfaat ya mbak
    Seru juga ternyata bisa ngobrol beramai-ramai via online
    Nah yang ggogle classroom ini bermanfaat banget buat anak sekolah
    Jadi memudahkan juga untuk Guru dalam menginventarisir segala macam file sesuai kebutuhan
    Termasuk nilai dan tugas-tugas siswa

    BalasHapus
  12. masa-masa kaya gini kecanggihan dunia teknologi bisa dimanfaatkan ya, jadi selama di rumah anak sekolah dan guru bisa saling berinteraksi & tetap belajar dengan cara yang mudah. Ada juga sih guru yang merasakan kesulitan, ini tantangan juga supaya mau mengupgrade diri

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah menggunakan Google Classroom ini. Baru sempat pake Zoom, tapi katanya aplikasi ini nggak aman ya.

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah pakai google classroom, ternyata simpel ya Mbak..

    Kebetulan ini pas lagi milih-milih aplikasi yang cocok buat bikin kelas nulis online.

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah menggunakan aplikasi ini nih karena memang tdk ada kegiatan belajar mengajar. Tp dari status para temen yg menjadi guru atau dosen, selain Zoom mereka pakai aplikasi ini. Atau mereka yg ikut kursus online seperti Mbak Tian ini.

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah pakai google classroom tapi kayaknya enak banget ya enggak habiskan memori (ini terpenting). Btw, nanti cerita juga gak mbak tentang kursus bahasa inggrisnya? AKu tungguin deh ya kalau ditulis

    BalasHapus
  17. monmaap mbak tin, aku gagal fokus. Gimana sih caranya bikin animasi hijab begitu? lucuk banget liatnya hehehe

    BalasHapus
  18. sama aku juga akhirnya paham googleclassroom sejak masa belajar dari rumah.. karena liat suami ngajar pake googleclassroom.. hehe

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah pakai ini, karena memang juga belum perlu. Hehe nanti aku infokan ke kawan yang membutuhkan ya.

    BalasHapus
  20. Selamat ya Mbaaa. Duh andai saya punya waktu tenang saat weekend, kemarin rasanya ingin sekali ikutan daftar. Tapi apa daya, anak bayi ada dua dan jam kerjanya pak suami di rumah.

    Saya belum pernah coba serunya pakai Google Classroom ini sih, seringnya meeting via Zoom aja.

    BalasHapus
  21. aku baru coba sebatas yg Google Meets nih teh, belum coba juga untuk yg Google clasroom, coba teh kalo ada kelas, calling calling hehe

    BalasHapus
  22. Waah menarik banget nih Kak artikelnya. Mau nanay nih Kak, pake aplikasi ini bikin boros kuota ga sih kak?. Apa sebaiknya pakai wifi aja?.

    BalasHapus
  23. Emang beneran praktis, Mbak. Anak sulung juga pakai Google Classroom buat ngerjain tugas. Pas videonya dapat nilai 100, muncul di akun classroom, wah seneng banget dia. Memudahkan di saat situasi belum memungkinkan sekolah normal.

    BalasHapus
  24. Belajar jadi lebih mudah kalau pakai google clasroom ya, Teh. Apalagi datanya gak langsung tersimpan di perangkat yang kita gunakan. Jadi gak bikin berat atau ngehang

    BalasHapus
  25. Sejak semuanya serba jadi online jadi banyak pengguna gclassroom nih dan alhamdulillah jadi memudahkan emmang daripada online biasa via wasap. Praktis dan memudahkan semua pihak tentunya ya baik pengajar dan murid

    BalasHapus
  26. kebetulan menggunakan google class room untuk mengajar kelas Google Gapura digital selama Work from home. Kalau pengalaman pribadi sih jauh lebih gampang dan lebih stabil. ngga lelet atau delay.
    Lumayan sangat ngebantu sih sekarang

    BalasHapus
  27. Google Classroom emang lebih simpel dan enak ya mbak, makanya adekku juga sekolah onlinenya via Google classroom

    BalasHapus
  28. Semenjak corona mewabah seluruh mata kuliah beralih ke classroom, terkadang banyak kendala yang dihadapi, mulai dari jaringan internet yang bermasalah dan tidak tersedianya fitur voice note

    BalasHapus
  29. Pas pandemic ini, semua negara gunakan google classroom. Adikku guru mengajar menggunakan google classroom lebih efektif dan students juga lebih seru menggunakan GC. Apalagi GC lebih aman berbanding apps ZOOM.

    BalasHapus
  30. Aku udah kenal GC sejak setahunan atau dua tahun lalu.. kebetulan di Institut Ibu Profesional, perkuliahannya menggunakan GC sebagai sarana belajarnya. Seneng sih semua materi jadi lebih mudah diakses dan lebih rapi, nggak perlu scroll terlalu tinggi.

    BalasHapus
  31. Wahh lumayan si memang fasilitas ny, menurutku ini yg paling mudah deh kalo untuk masih awal2 pembelajaran daring

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut