Apa Sih Program Kartu Prakerja Itu?

April 20, 2020

Bismillah, 

Apa sih program kartu prakerja itu? Beberapa waktu lalu sampai hari ini, di timeline sosial media saya tuh sedang ramai sekali menghibahkan Program Kartu Prakerja. Temen - temen juga ikutan ghibah in program ini gak?


Jadi apa tuh Kartu Prakerja itu? 

Kartu Prakerja itu adalah bantuan biaya pelatihan yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin upgrade atau memiliki keterampilan guna menambah penghasilan atau mencari pekerjaan / pekerjaan baru. 
Wah menurut saya ini cocok banget nih untuk para lulusan baru yang ingin mendapatkan pekerjaan. Dan cocok juga nih buat kawan - kawan yang terkena dampak Covid - 19 nih buat upgrade skill keterampilan dan mencoba mencari pekerjaan baru yang lebih baik lagi.


Untuk tahun 2020 ini, untuk yang akan menerima Kartu Prakerja ini tuh dibatasi hanya untuk duajuta penerima saja loh, jadi memang harus gercep yah gengs. Program Kartu Prakerja ini tuh sudah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Bapak Airlangga Hartato pada bulan Maret tanggal 20 tahun 2020. Pak Menteri juga menggandeng Ruang Guru, Pintaria, Pijarmahir, MauBelajarApa, Tokopedia, Bukalapak dan Sekolahmu loh untuk upgrade skill nya, wah banyak ya gandengannya.

Pendaftarannya tuh sudah dibuka sejak 11 April 2020 lalu, namun para peserta yang sudah daftar baru bisa melakukan pelatihannya di platform pilihannya itu pada tanggal 17 April 2020. Jadi mungkin biar ada persiapan  ya. 

Jadi jelas dong ya kalau tujuan dari Program Kartu Prakerja ini tuh untuk upgrade skill masyarakat Indonesia supaya memberikan nilai untuk dirinya sendiri , jadi lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill. Sesungguhnya bekerja dengan skill yang selalu diupgrade itu akan lebih baik loh, betul gak gengs? 

Program kartu Prakerja ini buat siapa aja sih? 

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi yess, bahwa ini tuh untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun ingin upgrade skill. Bukan cuman yang lagi nyari kerjaan aja, namun juga untuk buruh, karyawan dan pegawai juga dipersilakan untuk mendaftar loh. Jadi program ini tuh untuk semua warga Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah atau kuliah silakan mendaftar. Program ini tuh keren loh, karena apa? Karena gak kenal usia. Yuhu, belajar , berlatih dan upgrade skill itu tak kenal usia, tua muda mari belajar. Lifelong learning alias never ending learning, ye kan? 

Tapi tetep sih kalau prioritas nyari kerjaan sih buat yang para usia muda, tapi buat belajar dan upgrade skill buat siapa saja yang mau. 

Tujuan dari Program Kartu Prakerja ini apa? 

Gak mungkin ga ada tujuan, betul?

◆Program Kartu Prakerja ini tuh tujuannya untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan juga perusahaan. 
◆ Untuk mengurangi biaya - biaya mencari informasi mengenai pelatihan. 
◆ Program ini juga mampu mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.
◆ Menjadi komplemen dari pendidikan formal.
◆ Program ini tuh akan sangat membantu para pekerja yang penghasilannya berkurang atau bahkan untuk mereka yang kehilangan pekerjaan, pada saat ini karena wabah Corona ini yah. Semoga mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan penghasilan yang lebih pula. Aamiin. 

Jadi jelas juga ya tujuannya. 

Pelatihan Prakerja di Skill Academy 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa Ruang Guru turut menjadi bagian sebagai platform pelatihan untuk Program Kartu Prakerja ini, nah Skill Academy yang merupakan bagian dari Ruang Guru ini adalah tempat pelatihan Prakerja yang sangat direkomendasikan loh. 

Jadi buat temen - temen yang sudah mendaftar ke website www.prakerja.go.id dan sudah dinyatakan lolos nih seleksinya , maka langsung saja kunjungi website : https://skillacademy.com/prakerja kemudian langsung deh pilih kelas yang diinginkan dan yang sesuai dengan kebutuhan yah. Saran saya sih temen - temen pilih kelas paket, kenapa? karena selain lebih hemat juga ada donasi senilai 10% dari nilai pelatihan. 

Setelah temen - temen memilih nih kelas yang paling sesuai, jangan lupa buat pilih Prakerja sebagai metode pembayarannya yah dengan cara memasukkan nomor kartu Prakerja nya. Kemudian klik deh tombol verifikasi akun. Jangan lupa juga untuk selalu membiasakan baca syarat & ketentuan yang berlaku, jika sudah oke dan setuju langsung deh klik lanjutkan. Jika lancar jaya, nantinya akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah terdaftar sebelumnya, nah masukin deh kode OTP nya, klik check oyt dan selesai deh. Kelas yang temen - temen beli akan langsung bisa diakses dengan cara klik lihat kelas. Langsung deh bisa belajar, semudah itu kan? 

Kenapa saya sarankan untuk memberli Pelatihaan Prakerja di Skill Academy? Soalnya ada banyak keuntungan yang bisa temen-temen dapatkan loh, diantaranya adalah : 


⚫ Kelas yang ada di Skill Academy itu bisa membantu temen - temen mendapatkan penghasilan tambahan, bisa bantu mendapatkan pekerjaan baru dan insya allah temen - temen akan semakin hebat loh soalnya kan punya skill atau keterampilan baru. 
⚫  Kelas - kelas yang ada di Skill Academy ini tuh diajarkan oleh orang - orang yang expert alias ahli pada bidangnya dan berbahasa Indonesia, jadi jangan takut kalau misalnya nih kayak saya yang sedang upgrade skill buat gain Toefl saya ikutan kelasnya dan alhamdulillah masih bahasa Indonesia, jadi lebih paham juga sih. 
⚫  Di Skil Academy ini, kelasnya memang sangat mudah dipahami dan dilaksanakan, ga bikin pusing. 
⚫  Ada bonus gratis paket langgana  ruang belajar di Ruangguru selama tiga bulan untuk anak, kan lumayan yaa, saya ibunya bisa belajar eh anaknya juga bisa belajar. 
⚫  Selain itu semua ada juga tambahan 10% dari Skill Academy kalau temen - temen beli paket pelatihan kombo / Paket Prakerja.

Nah, gimana nih menurut temen - temen? Asik kan upgrade skill di Skill Academy? Buat temen - temen yang diberikan kesempatan emas ini, gunakan sebaik - baiknya yah. Semoga segera mendapatkan pekerjaan yah dan skill atau kemampuannya semakin baik, aamiin.





With love,


Tian lustiana 














You Might Also Like

1 Comments

  1. Jadi tertarik untuk daftar kartu prakerja gelombang kedua, semoga lulus

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut