13 Tahun Pernikahan Tetap Langgeng, Bahagia, Romantis dan Enjoy

April 06, 2020

Bismillah, 

13 tahun pernikahan. Masya Allah tabarakallah, tak terasa ternyata saya sudah menjalani hidup berumah tangga selama TIGABELASTAHUN. Amazing banget, neng Marwah sekarang usianya sudah 11 tahun, duh ternyata hidup ini sangat cepat berlalu yah. Beneran, saya merasa baru kemarin nikah diusia 22 tahun, eh sekarang sudah 13 tahun lagi. 


13 Tahun pernikahan ini, saya masih banyak kekurangan untuk menjadi seorang isteri. Perjalanan rumah tangga, susah dan senang dijalani bersama. Ada yang pernah bilang, jika usia pernikahan tuh semakin lama akan membuat pernikahan semakin bahagia, benarkah? (ada yang bisa menjawab?) Untuk saya pribadi sih gak jaminan, tergantung bagaimana kita kendalikan mahligai rumah tangga. Bahkan ada yang bilang, semakin banyak bertengkar maka akan semakin membuat usia pernikahan lama dan bahagia, gitu loh. Hmmm beneran? Ga juga sih, haha. Tapi kadang pertengkaran atau perdebatan dalam pernikahan itu jadinya lebih saling paham sih. 

Buat saya, pernikahan itu jalani saja. Pahami karakter masing - masing, terbuka dan saling menerima kekurangan. Kelebihan gimana? Ya alhamdulillah jika pasangan kita di anugerahi banyak kelebihan, jika banyak kekurangan? Ya nikmati saja. Saling memaafkan saja, dan jangan terlalu kaku. Rumah tangga dibuat enjoy, ya enjoy. Dibuat tegang, ya tegang. Jadi rumah tangga itu ya gimana kita menjalaninya. Setiap orang punya cara yang beda, betul? 

13 Tahun Pernikahan Tetap Langgeng, Bahagia, Romantis dan Enjoy

Buat saya, pernikahan itu yang penting tidak membosankan dan selalu romantis, ya meskipun kadang pertengkaran dan perdebatan, rasa kesal, kecewa dan sebal suka datang melanda dan menjadi bumbu, wajar. Manusiawi lah gaes, masa sih mau cintaaa terus, masa sih mau romantis terus, moal rame keleus. 

Kunci suatu hubungan supaya tetap hangat dan romantis plus enjoy menjalaninya adalah menganggap pasangan / suami sebagai teman juga. Masalah romantisme ga bisa dilihat telanjang mata, belum tentu loh mereka yang disosial medianya mesra foto - fotonya, pada kehidupan nyata semesra itu, belum tentu namun memang tidak semua. Jadi memang ga usah menduga - duga dan kunci utama kelanggengan hubungan dan kebahagiaan itu adalah JANGAN MEMBANDINGKAN KEHIDUPAN RUMAH TANGGA KITA DENGAN ORANG LAIN!!!!. 


Gimana dong caranya supaya tetap langgeng, bahagia, romantis dan enjoy menjalani pernikahan ala saya? 

Menjaga komunikasi 
PENTING. ye kan? Komunikasi itu penting banget. Baik itu komunikasi sama suami atau sama anak, keduanya sama - sama penting. Jangan pernah bosan untuk selalu bertanya apa yang dilakukan hari ini, apa yang dirasakan dan bagaimana menjalani harinya. Intinya komunikasi dua arah harus berjalan lancar. Meskipun tidak selalu bersama seharian namun setidaknya kita tahu apa saja kegiatan pasangan, ya karena intens berkomunikasi ini. Sebelum tidur saya biasanya meluangkan waktu buat ngobrol santai seputar apa saja. Bisa tentang anak, kehidupan, hobi bahkan seringnya saya curhat juga tentang masalah apapun, dan sebaliknya suami juga suka curhat tentang kegiatan dan pekerjaannya. Jadi kita akan merasa tenang jika sudah meluapkan isi hati.Gak lama sih, paling cuman 10 menit - 15 menit saja kok. 

13 Tahun Pernikahan Tetap Langgeng, Bahagia, Romantis dan Enjoy

Saling menghargai 
Saling menghargai bukan hanya dalam rumah tangga, dalam kehidupan sehari - hari dengan siapapun juga penting kan kalau kita saling menghargai, bener gaes? Nah suami dan isteri pun sama, butuh dihargai satu sama lain. Saya dan suami sejak awal menikah ada komitmen, kami bekerja dan mengerjakan pekerjaan rumah pun bersama. Kami menghargai keputusan itu dan konsisten juga. Jadi setiap suami membantu kerjaan rumah jangan pernah sungkan untuk mengucapkan terimakasih, suami juga sebaliknya. Jangan pelit kata makasih. Kecil namun dampaknya besar sekali. Bener ga? Lagi capek terus dibilang makasih, duh serasa hilang lelah dan bebannya, bener? 

Saling mengerti dan memahami 
Bukan hanya perempuan yang ingin dipahami dan ingin dimengerti, suami juga sama loh. Mereka juga butuh dimengerti dan dipahami, mereka juga pernah kecewa dan ingin dihibur juga. 


Bersenang - senang dan quality time
Banyak cara melakukan bersenang - senang bersama suami. Melakukan hubungan suami isteri dengan romantis, jalan berdua dengan suami meskipun hanya nonton dan makan berdua, meskipun hanya makan bakso, haha. Yang penting harus sering ada waktu berdua saja untuk bersenang - senang dan quality time. 


Menjalani kehidupan rumah tangga, itu jalani saja. Yang pasti saling percaya, saling menyayangi dan saling merindukan selalu. Kalau lagi kesel ya silakan kesel aja, ungkapin saja jangan dipendam, kalau dipendam justru bakalan menjadi bom waktu. Intinya sih itu, jangan pernah menyimpan rasa kesal, emosi dan marah. Bereskan semua  hari itu juga, jangan dilama - lama. Dan jangan pernah ungkit masalah yang sudah berlalu. 



Doakan saya semoga selalu bahagia menjalani rumah tangga ini dan jangan terhenti diangka. Doakan saya langgeng juga, aamiin. 



With love,
















You Might Also Like

2 Comments

  1. Tidak mudah menjalani usia pernikahan 13 tahun. Pasti ada up and downnya. Semoga selalu samara ya mak Tian dan suami. Bahagian dan Barakallah :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut