Tips Hemat Anggaran Kuliner Ketika Traveling Bersama Traveloka Eats

Maret 09, 2020

Bismillah,

Ketika jenuh, bosan dan lelah itu adalah tanda tubuh butuh jalan - jalan alias traveling. Memang sih traveling adalah jurus paling jitu ketika badan lelah, bosan dan jenuh. Traveling bisa menyegarkan otak dan badan. Hatipun menjadi bahagia kembali. Setuju gak?


Namun gengs, pas lagi travelling, budget yang kadang over itu apa coba? Budget makan alias kulineran. Setuju ga? Kadang makanan ditempat wisata ketika traveling itu memang suka lebih mahal dari harga normal kan? Ya namanya juga tempat wisata. Mun ceuk urang sunda mah ditekuk.  Iya harganya memang sengaja dibuat mahal, karena orang yang datang ke tempat wisata biasanya selewat kan, jadi harganya pun biasanya dibuat mahal.

Photo : @Tianlustiana 

Tapi memang bener sih, kadang budget untuk makan alias kulineran ketika traveling ke suatu tempat itu memang jadi bengkak loh, karena apa coba? Karena alasannya "ah mumpung lagi jalan - jalan, kapan lagi makan ini", gitu aja terus sampe budget terkuras habis, hehe. 

Eits, tenang jangan khawatir apalagi sampe mengurungkan niat jalan - jalan hanya karena takut over budget untuk urusan kuliner, tenang saja saya punya beberapa tips nih yang insya allah bisa temen - temen terapkan ketika traveling. Lumayan dong bisa meminimalisasikan budget makan ketika traveling. Apa saja tuh? Here's the tips

Atur dan tetapkan budget untuk kuliner 
Big no kan kalau uang habis hanya untuk jajan alias kulineran ketika traveling. Jadi sebelum traveling, kita harus saklek dan atur dengan sebaik - baiknya nih nanti ditempat tujuan bakalan makan apa saja. Kan zaman now kemajuan teknologi tuh pesat sekali, jadi selain itinerary kita juga bisa langsung list tempat makan dan makan apa saja nanti selama liburan. Jadi dengan begitu bisa disesuaikan dan diatur budgetnya.


Cari hotel yang promo nya plus fasilitas makan, minimal sarapan
Namanya juga traveling hemat beb, jadi semuanya harus hemat. Betul? Jadi saya biasanya suka nyari hotel yang plus ngasi makan dan harganya miring, haha. Tapi beneran loh enak kalau hotel udah sediain makan pagi alias sarapan dan makan malam. Ya minimal sarapan lah yah. Jadi pas mau berangkat jalan - jalan ga usah mikir sarapan lagi soalnya udah include dari hotel kan. Ini bisa menghemat budget kuliner di tempat wisata jadinya.


Jadi dengan nyari hotel yang sudah menyediakan makan gini budget buat makan akan berkurang, alhamdulilah. 


Harus ada jadwal makan dalam itinerary
Biasanya dalam itinerary itu kebanyakan tujuan wisata kan? Jangan lupa sisipkan jadwal makan. Jadi ketauan sehari makan berapa kali, dan biar lebih lengkap tulis juga akan makan dimana dan dengan budget berapa. Lebih hemat dan budget kuliner lebih terkontrol juga.

Jangan banyak nyemil jadi mendingan makan berat aja, jadi selama traveling makan sehari 3 kali itu beneran dijadwalkan. Jadi ga fokus makan saja, fokus liburan kan buat jalan - jalan ke tempat wisata, ye kan gengs?


Cari kuliner lokal, biasanya harganya lebih murah
Makanan khas suatu daerah itu biasanya lebih murah loh. Misalnya ketika ke Yogyakarta makan nasi kucing diangkringan akan lebih murah dibandingkan makan dicafe yang sedang ngehits bukan? 

Makanya mendingan nyari aja makanan lokal yang bersih dan murah, jadinya kan ga bakalan boros deh. Uang sisanya bisa dibeliin oleh - oleh. Bener apa betul nih? 



Searching promo dan diskon makanan
Ini penting gaes, sebelum traveling jangan lupa buat searching dulu promo atau diskon makanan. Kan asik bisa makan di tempat ngehits dengan harga miring, bahagia banget pastinya. Gak usah gengsi buat nyari promosi kuliner karena sekarang memang zamannya, hehe.


Traveloka Eats 

Nah, saya bakalan share nih tempat saya nyari diskon dan promo seputar kuliner. Temen - temen pasti sudah tau dong sama Traveloka. Nah selain untuk tiket pesawat, hotel, kereta api dan lainnya, Traveloka juga punya Traveloka Eats loh. Udah pada tau belum? 

Buat yang penasaran dan ingin tau, cus download aplikasi Travelokanya dulu, terus klik Eats dan bisa langsung nyari informasi tempat makan yang ingin dikunjungi deh. Kan asik sebelum traveling tuh nyari dulu informasi seputar tempat makan yang akan disambangi, betul? 

Apa aja keuntungan dari Traveloka Eats

Panduan Kuliner Pilihan 
Ada banyak sekali pilihan yang bisa ditemukan disini. Jadi bukan hanya makanan enak yang bakalan didapatkan namun juga momen yang pas di kota yang sedang disambangi, jadinya bakalan tak terlupakan deh. Karena Traveloka Eats memberikan rekomendasi tempat makan terbaik loh, asik bukan? 


Direktori restoran komprehensif 
Banyak sekali nih ragam kuliner yang ada, temen - temen bisa menjelajaahi ragam kuliner nusantara dan mancanegara juga loh. Ada di 19 kota pilihan. Semua makanan dan juga minuman favorite ada lengkap informasinya. Jadi pas banget kan dijadikan panduan sebelum traveling? 

Penawaran spesial 
PALING PENTING. Ada banyak promo dan juga penawaran spesial dari restoran - restoran ekslusif loh, jadi jangan lewatkan momen ini gengs. Hajar bleh apalagi sebelum traveling wajib banget ngumpulin promo dan penawaran spesialnya. 

Pokoknya di Traveloka Eats ini lengkap, ada tempat yang paling populer, restoran populer setiap kota / daerah nya lengkap jadi cocok banget nih dijadikan panduan sebelum traveling nih.   

Itu saja? 
Oh tentu tidak. 
Ada fitur lainnya yang gak kalah seru loh dan bisa dimainkan juga pas sedang traveling. Asiknya. 

Ada sebuah fitur yang paling anyar nih dari Traveloka Eats ini, fiturnya tuh berupa kesempatan dan juga menantang kita buat nemuin hidden gems yang berupa promo menarik plus diskon paling baru dari sebuah tempat makan yang berada di lokasi khusus, pastinya ada di Traveloka Eats juga dong. 

Penasaran kan gengs? 

Jadi dengan Treats ini, pengalaman makan alias kulineran bakalan lebih menyenangkan deh, soalnya deals nya banyak pilihan so ga bosenin. Bisa dibayangin dong kita bisa mendapatkan free dessert sampe bisa dikasi traktiran ulang tahun juga tanpa ada biaya langganan, plus bakalan mendapatkan poin juga setiap menggunakan Treats nya, asik sekali.

Biar ga makin penasaran nih, saya coba jelasin yah gimana sih cara menggunakan Treats by Traveloka Eats ini. 
  • Udah download aplikasinya kan? Kalau sudah, update sudah? Oke, kalau sudah. Langsung saja klik Eats . 
  • Temen - temen cek bagian tengah yang ada logo Treats, ada kan? Langsung klik. 
  • Saatnya mencari penawaran yang paling menarik dari Treats di resto favorite temen - temen nih. Jangan lupa buat pilih deals favorite, kemudian temen  - temen langsung deh bookmark dan klik dapatkan deals. 
  • Tunjukin deh deals nya pada staff restoran, kemudian klik pakai deals or you can scan QR code, pilih "Spend with treats", kemudian temen - temen langsung deh pilih metode pembayaran yang paling sesuai. Pembayarannya lengkap gengs, bisa dengan credit card, Uangku, Traveloka Pay Later atau Bank Transfer. Apapun cara pembayarannya, so enjoy your treats! 
Duh mupeng kan gengs? Semoga soon di Bandung segera ada nih Treats, biar saya bisa nge Treats everyday , haha. SOalnya ga nahan banget ini ingin mencoba Hidden Gems di Treats nih. Bakalan menjadi #PengalamanMengenyangkan dan menyenangkan plus bikin seneng dompet nih, soalnya beneran diskon dan promonya asik. Kalau temen - temen gimana nih? Adakah yang ketagihan nge Treats? Sharing yuk. 

Artikel ini diikutsertakan pada lomba blog Traveloka Eats ” Menemukan Hidden Gems "



With Love,






You Might Also Like

50 Comments

  1. mayan nih mengisi liburanku nanti pas akhir bulan, boleh juga idenya pake traveloka eats.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja kak ke Traveloka Eats , borong promo dan diskonnya hehe.

      Hapus
  2. Wah traveloka makin lengkap ya Mbak dengan hadirnya fitur travelola eats ini tentunya jadi lebih mudah nih memanfaatkan traveloka untuk berwisata kuliner apalagi banyak promo dan diskonnya pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ini memanjakan sekali untuk para pecinta kuliner

      Hapus
  3. Traveloka eats emang aplikasi yang membahagiakan ya kak, banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan selain harganya jadi murah juga

    BalasHapus
  4. Mantabs euy
    Udah mudah urusan tiket, hotel, transport.. lah sekarang urusan makan
    Traveloka emang best 👍

    BalasHapus
  5. Kadang-kadang saya suka bingung kalau pengen makan di luar. Pengennya di luar, tapi gak tau mau ke mana. Makanya enak banget ada TREATS ini. Tinggal cari dulu di rumah sebelum berangkat

    BalasHapus
  6. Treats ini idaman para penghobi wisata kuliner.
    Jadi tahu mana spot yg cocok buat kulineran bareng kluarga ataupun sahabat.
    Aaaakk, makasiii Traveloka Eats!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memanjakan banget nih, terlebih buat para pecinta kuliner

      Hapus
  7. Bener kak Tian. Di Traveloka eats bisa banget traveling sambil kuliner hemat. Soalnya banyak banget voucher promo yang bisa kita beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa makin semangat nyari voucher & diskon yaaa

      Hapus
  8. Adik ipar saya suka pakai Traveloka Eats nih, menurutnya memang promonya sangat menguntungkan. Setelah baca review Mbak Tian jadi pengen nyoba pakai Treats juga apalagi untuk makan rame-rame bareng keluarga atau teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadinya makin seneng kan makan diluar hehe, lumayan hemat soalnya yah

      Hapus
  9. Semua pengen makan enak tanpa jebolin dompet dan traveloka eats solusinya

    BalasHapus
  10. Berkat Traveloka Eats, kulineran di tempat wisata jadi menyenangkan ya?
    Ngga takut ditekuk seperti dulu, tau tau blek harus bayar gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa ga usah takut makan di restoran yagn kdang harganya ga tertera ya ehhehe

      Hapus
  11. Wah traveloka eats dgn.fitur treats nya bener2 membantu ya teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener teh, sayang di Bandung yang Treats belum bisa dipakai yah

      Hapus
  12. Ada yang bilang, kalau jalan-jalan itu yang bikin mahal adalah makan-makannya. Setuju sekali sama ini, mbak Tian. Treats by Traveloka Eats sepertinya bisa membantu menekan biaya saat traveling nih..

    BalasHapus
  13. penawaran spesial jd poin plus dan jd selalu ingat untuk pakai traveloka eats. waaah promonya bukan kaleng2. lumayan diskon mulai 20% loh yg saya dapatkan

    BalasHapus
  14. Travrloka Eats ini emang bisa diandalkan..
    Cari kuliner yg recomended plus dapat banyak promo

    BalasHapus
  15. Travrloka Eats ini emang bisa diandalkan..
    Cari kuliner yg recomended plus dapat banyak promonya

    BalasHapus
  16. iya kadang kalau datang ke kota lain, dompet jebol gara-gara berburu makanan khas daerah itu. Pembenarannya sih "mumpung di sini.... kapan lagi bisa ke sini...."

    BalasHapus
  17. Ide cemerlang buat ngabisin waktu weekend besok. Lumayan kalo ada treatsnya traveloka

    BalasHapus
  18. Dari beberapa hari yang lalu berkeliaran tulisan dan status tentang traveloka eats. Asli saya kepo banget loh mau coba. Apalagi ada diskonannya juga

    BalasHapus
  19. Nggak ada treats nya di sini. Semoga segera merambah ke Malang, biar bisa kulineran kekinian dengan harga yang nggak bikin kantong jebol

    BalasHapus
  20. Kulineran jadi lebih mudah dan banyak Promonya ya tapi sayang tinggal di kota kecil seperti saya Traveloka eat nya belum ada semoga saja segera ada sehingga saya juga banyak menemukan promo di aplikasi ini

    BalasHapus
  21. Kalo kulineran pakai Treats by Traveloka Eats jadi super asyik!
    Karena kita udah bisa mastiin on budget dan sesuai selera kan ya.
    Asik asiiik

    BalasHapus
  22. Treats ini keren deh bikin makan gak pake mikir hehe eh tau2 pas bayar dapat diskon

    BalasHapus
  23. Idem, mba.
    Semoga soon ada di Balikpapan.
    Dengan Treats semua kuliner favorit kita hempaskan bareng teman!

    Meanwhile, kita pemanasan dulu baca artikel teman-teman! :)

    BalasHapus
  24. Kalau traveling memang sudah seharusnya pandai mencari tempat makan yang tak menguras kantong ya Mak. Traveloka Eats rupanya bisa jadi pilihan ya.

    BalasHapus
  25. Makin komplit saja yah produkya traveloka

    BalasHapus
  26. Ku ga pernah gengsian nyari promo, itulah yang selama ini kulakukan jajan dan belanja smart MoDis hihii..
    MAkin asik aja nihh ada Traveloka Eats, makin seneng dan kenyang yaa dengan promonya..

    BalasHapus
  27. Aku lebih suka makanan lokal. Lebih cocok di lidahku. Pernah di hotel makan makanan western langsung pusing2 😆😆

    BalasHapus
  28. Fitur Treats ini bikin penasaran pengin nyoba-nyoba tempat makan yang selama ini belum dikunjungi deh. Apalagi bisa sortir lokasi juga dapat promonya. Menarik banget

    BalasHapus
  29. Traveloka emang inovasinya luar biasanya mbak, mengakomodir yang suka kulineran dengan Traveloka Eats (Treats). Promo-promonya menarik banget apalagi pembayarannya juga mudah, pas banget buat makan bareng keluarga besar nih mbak.

    BalasHapus
  30. Aihhh lucu dan gmesssh banget sih gambarnya, hihii
    Aku aslinya suka kuliner lokal, tapi apa daya anak-anak sukanya sushi. Makanya setuju deh kalo mau kulineran enaknya pakai fitur Treats dari Traveloka

    BalasHapus
  31. Senengg sekarang pakai treats ya semua jadi bisa gampang dapet makanan dibayarin traveloka

    BalasHapus
  32. Makin komplit ya traveloka. Semakin memudahkan pelanggan, bakal semakin dicintai ini mah.

    BalasHapus
  33. Uda paling happy kalo ketemu tempat makan oke, harga cocok plus rasa.
    Traveloka paling paham sama kebutuhan hidup masyarakat zaman sekarang. Travelling ya..paketnya kuliner.

    BalasHapus
  34. Baca ini diiringi lagu Yummy wkwkw tambah sedep aja deh tipsnya ini teh mantul ya traveloka terus inovasi bae :D

    BalasHapus
  35. Aku pun ngarep banyak mba Treats ini bisa segera dilakukan di Semarang. Udah mupeng aja liat teman-teman pada dapet hidden gems yang oke banget penawarannya. Kan pengin makan irit plus di tempat yang oke sesuai penawaran di Treats gini.

    BalasHapus
  36. hidden germs neh berasa ketrmu harta karun, ke tempat terduga eh tempatnya asyik dan makanannya enak

    BalasHapus
  37. Hadirnya aplikasi Traveloka Eats bantu banget ya bagi yang ingun kulineran hemat tapi bikin perut tetap kenyang. Banyak promo potongan harga, hanya perlu jeli dan lebih sabar cari2 di aplikasi, mana yang cocok dengan budget

    BalasHapus
  38. Memanjakan banget ya aplikasi traveloka sekarang ada traveloka eats makin gampang cari tempat wiskul recommended n ada promonya

    BalasHapus
  39. Aku pun lebih suka makanan lokal karena rasanya enak dan harganya murah meriah. Setuju banget kalau lebih baik mencari hotel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas restoran dan sarapan pagi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut