Saatnya Mengubah Sosial Media Jadi Toko Online Berkualitas dengan AVANA Indonesia

Maret 26, 2020

Bismillah,

"Duh, perusahaan tempat saya kerja koleps nih, kayaknya bakalan kena PHK."

Curhat temen yang mengeluhkan bahwa perusahaan tempatnya bekerja mengalami kerugian dan harus memberhentikan beberapa karyawannya, termasuk teman saya ini. Teman saya bingung soalnya beliau adalah tulang punggung keluarga, semenjak suaminya meninggal ia harus memenuhi semua kebutuhan ibu dan kedua orang puterinya.


"Ya, udah jualan online aja, jualin produk Marwah Style." 
Saya memberikan peluang padanya untuk berjualan online, produk saya sendiri.  

Ya, memang zaman now itu siste,m penjualan sangat pesat sekali, ngikutin pesatnya perkembangan teknologi dan juga informasi. Apalagi informasi di internet, sekali share bisa melesat kemana saja, jualan di Bandung bisa sampai Bengkulu. Saya mulai jualan online tuh sejak tahun 2009, dulu saya belum produksi sendiri masih menjadi reseller hingga akhirnya alhamdulillah bisa memiliki brand sendiri dan juga produksi. Ini semua berkat pesatnya perkembangan teknologi loh. Jualan online memang menggiurkan. Dulu saya jualannya via facebook dan BBM (BlackBerry Messenger) hingga akhirnya sekarang merambah ke Instagram, twitter, blog dan ecommerce alias marketplace yang membuat para penjual online kelimpungan menangani orderan, alhamdulillah. 

Pembayaran dalam jualan online gimana? 
Untuk urusan pembayaran, sekarang udah aman. SIstem transfer jadi andalan. Dulu sih saya juga sering COD an alias Cash On Delivery, tapi enakan transfer jadi barang yang saya jual bisa saya kirim via kurir, ga harus anter sendiri. Saya masih ingat, dulu waktu neng Marwah kecil saya COD an sambil gendong neng Marwah dan bawa barang dagangan yang mau dijual, duh kadang kangen masa - masa itu.

Keberadaan marketplace buat saya dan Marwah Style 
Hmmm, gimana yah gaes. Kadang saya suka sedih juga. Kan di marketplace itu mereka jual foto - foto dulu yah, apalagi yang fashion. Nah kadang banyak banget seller yang banting harga loh, terus yah kalau jualan di marketplace itu brand saya pribadi kok berasa susah naik atau terkenal, yang ada marketplace nya yang makin melambung, buat saya pribadi agak susah menaikkan personal branding produk yang saya jual dan bahkan suka ada yang akuisisi foto - foto juga. Hmmm dilema juga sih. Kan aneh yah foto sama tapi harga beda, padahal itu foto hasil comot sana dan sini, huhuh ku jadi sedih. 

Keberadaan marketplace memang ada untung ruginya, tapi kalau mau untung harus rajin update ilmu penjualan online, ga sekedar upload doang dan share. Banyak hal yang mesti dipelajari. 

Saatnya mengubah sosial media menjadi toko online berkualitas dengan AVANA Indonesia

Sampai akhirnya saya kenalan sama AVANA. AVANA adalah social commerce. Temen - temen pernah denger gak sebelumnya tentang social commerce? Masih asing kan? Iya sih, saya aja baru denger, hehe. Social commerce ini tuh adalah wadah atau tempat yang pas alias cocok banget buat orang - orang seperti saya dan temen saya yang ingin mengepakkan sayap bisnis lebih tinggi lagi. Nah AVANA ini adalah solusinya. Jadi, marilah kita kenalan lebih jauh dengan AVANA. 

AVANA itu adalah social commerce platform yang mempermudah para pelaku bisnis UKM, UMKM atau pengusaha buat jualan secara online. AVANA memodernisasikan sosmed kayak facebook, messenger dan juga instagram. Pelanggan pun bisa melakukan transaksi pembelian sekaligus pembayaran di sosial media saja. Apalagi kan sekarang orang - orang tuh ga mau tuh pisah sama sosmed, apa - apa juga sosmed, curhat dan lainnya ya pasti ke sosial media, bener ga? 

Termasuk jajan online alias belanja online dan jualan online sekarang ga usah deh ninggalin sosmed, semua bisa dilakukan di sosial media dari proses pesan sampai bayar, semua bisa dilakukan di media sosial alias sosmed. Jadi bisa melakukan semua proses ini tuh langsung di medsos penjualnya. Ini tuh gampang banget, termasuk buat para newbie yang baru mau mulai bisnis online. 

AVANA Indonesia ini ada tiga toko online utamanya yang bisa digunakan, yakni : 

✔️ WEBSTORE . Webstore ini adalah toko online website. Beda sama website kebanyakan, website AVANA ini ada kelebihannya yang ga dimiliki webstore lainnya. Webstore AVANA ini tuh bisa menampilkan harga, promosi, kategori produk sampai bisa melakukan checkout ditempat. Untuk tampilannya pun beda loh, ada dua jenis tema website yang bisa dipilih, tampilan biasa atau landing page. 


✔️FACEBOOK STORE . Facebook store ini adalah toko online facebook page, konsepnya tuh sama dengan facebook store yang sepenuhnya sudah terintegrasi ke webstore. Pembayaran juga bisa dilakukan langsung dari sini. Hanya untuk facebook store ini ga ada tema kayak webstore. 



✔️MESSENGER STORE . Untuk messenger store ini tuh konsepnya chatting buat jualan. jadi kan biasanya tuh aplikasi messenger tuh cuman buat broadcast atau chatting online saja, nah kalau ini bisa dijadikan katalog bisnis online loh, asik kan? Jadi ga usah ribetin bikin katalog lagi. Untuk konsep lainnya sih sama saja dengan konsep facebook store, bisa melakukan checkout juga. Jadi pelanggan kita tuh nanti cuman klik "buy" dan langsung deh ngisi informasi dan pembayaran. Atau kalau mau liat produk tinggal klik detail aja, bisa ceki - ceki produk yang ingin dipilih deh. Sesimple itu gengs. 

❤️❤️❤️

Jadi, Marwah Style itu udah ada di AVANA Indonesia. Baik di webstore, facebook store atau messenger store, udah ada semua. Ketiga toko online itu semuanya bisa saya monitoring langsung hanya dalam satu dashboard loh, jadi ga usah ribet pake tiga dashboard. Dashboard Avana Indonesia ini tuh fungsinya buat seller mengelola toko onlinenya. Saya bisa lakukan upload barang yang saya jual, ganti tema sesuai keinginan saya, saya bisa bikin promosi misalnya bikin diskon atau voucher khusus buat produk - produk yang saya jual. Selain itu saya juga bisa langsung merekap penjualan atau pembelian yang saya lakukan loh. 

Kalau misalnya saya upload foto terbaru maka otomatis bakalan langsung terupload di semua toko alias di tiga toko yang saya kelola ini. Untuk urusan stock, kategori produk dan deskripsi produk pun langsung tampil sesuai yang saya masukkan. Sungguh, kehadiran Avana Indonesia ini bikin saya makin semangat berjualan online dan menambah reseller di seluruh Indonesia nih, biar makin banyak yang merasakan kenyamanan dan kemudahannya.  

Yang saya suka juga adalah kalau misalnya ada yang beli di webstore nih, maka otomatis stock di toko online facebook atau messenger akan berkurang juga, jadi misalnya stocknya abis maka pembeli ya ga bisa beli barangnya deh. Jadi saya selaku seller harus rajin update stock  atau nambahin stock biar bisa jualan terus. 

Alhamdulillah kehadiran Avana Indonesia ini memudahkan dan sangat mendukung perkembangan bisnis online, terutama untuk para UKM seperti saya yang sedang mengepakkan sayap bisnis online. Dengan join Avana Indonesia insya allah bisa untung, kan hanya dengan mengubah sosial media menjadi toko online yang berkualitas. Tinggal memanfaatkan sosial media saja, ye kan? 


Lomba blog Avana Indonesia 

Buat temen - temen nih yang ingin ikutan lomba blog Avana, kan asik nih sambil memperluas jaringan bisnis plus ikutan lomba blognya juga. Udah gitu ada tambahan wawasan bisnis online juga, tambah asik kan gengs?


Hadiahnya bikin mupeng loh untuk para pemenang, adalah : 

- Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Untuk jelasnya temen - temen bisa langsung saja klik www.avana.id atau kepoin instagramnya yah @avana.id . Kalau sudah oke langsung deh daftarkan tulisannya di :  http://bit.ly/avanablogcomp 


Semoga beruntung gaes. Oiya jangan lupa juga belanja online di Marwah Style di AVANA Indonesia yaaa gengs.


With Love,

Tian lustiana 




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut