Liburan ke Kota Tua Jakarta

Februari 25, 2020

Bismillah,

Jenuh, bosan, capek sama rutinitas harian?
Itu tandanya butuh liburan gaes.

Liburan itu memang dibutuhkan loh, apalagi kalau sehari - hari nih disibukkan dengan banyak aktivitas, sesekali liburanlah biar refresh. Ga salah kok. Liburan juga ga mesti jauh - jauh, yang dekat saja. Dekat tapi berkesan, asik kan gengs. Ya, kalau saya pribadi sih gitu, saya ga harus liburan jauh - jauh, yang dekat saja udah oke. Apalagi nih kalau bawa anak, saya tuh inginnya liburan sambil mengenalkan sejarah juga plus selfie, hehe. Jadi harus nyari destinasi yang oke buat ngajarin sejarah plus selfie, sekalian kan jadinya? Hehe. 


Nah, yang jadi tujuan saya liburan selanjutnya itu adalah KOTA TUA JAKARTA. Padahal deket gaes dari Bandung, tapi belum saja tersambangi nih. Udah mupeng dari lama nih jalan - jalan ke kota Tua Jakarta.

Kota Tua Jakarta, meskipun di metropolitan namun suasana Jakarta zaman dulu tuh kerasa banget. Jadi memang bagus banget buat belajar sejarah dan berswafoto nih. Dulu didirikannya oleh Kolonial Belanda dan didesain menjadi pusat perdagangan di Asia. Kota Tua Jakarta tuh dulunya disebut Batavia, yang kemudian menjadi kawasan pusat perdagangan dari dari dan ke luar negeri lewat jalur pelayaran. 

Inilah Sejarah Kota Tua Jakarta

Jadi, sejarahnya kota Tua Jakarta tuh. Dulu pada tahun 1526, fatahillah itu dikirimkan Kesultanan Demak buat nyerang pelabuhan Sunda kelapa yang mana merupakan milik Kerajaan Pajajaran. Nah, setelah dikuasai Demak, Pelabuhannya pun diganti namanya, menjadi Jayakarta. Kemudian tahun 1619, para pasukan VOC yang dikomandoi oleh Jan Pieterszoon Coen meluluh lantahkan Jayakarta. Ketika sudah dikuasai VOC, pada tahun 1620 dibangunlah kota baru bernama Batavia. 

Tahun 1635, Batavia meluas sampai ke tepian barat sungai Ciliwung. Batavia tuh dirancang dnegan gaya Belanda Eropa, ada beberapa blok yang dpisahkan kanal. Ketika Batavia selesai dibangun, sekitaran tahun 1650 kemudian difungsikan menjadi kantor pusar VOC di Hindia Timur. Pas Perang Dunia II, ketika pendudukan Jepang di tahun 1942, Batavia pun diganti namanya menjadi JAKARTA dan menjadi ibukota Indonesia, hingga sekarang. 

Tahun 1972, Ali Sadikin yang ketika itu menjabat sebagai Gubernur mengeluarkan keputusannya dan menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan, maksudnya buat melindungi sejarah arsitekturnya. Sampai sekarang lah kota Tua Jakarta masih lekat dengan arsitekturnya dan menjadi tujuan wisata sejarah. 

Lokasi Kota Tua Jakarta tuh dimana? 

Kota Tua Jakarta ini berada di Pinangsia, Taman Sari - Jakarta Barat. 

Buat temen - temen nih yang ingin ke Kota Tua Jakarta, bisa menggunakan KRL. Seluruh rutenya bisa kesini. Jadi pas beli tiket KRL nih, langsung aja tujuannya Stasiun Jakarta Kota. Dari stasiun ini, sudah dekat kok.

Untuk jam operasionalnya, buka 24 jam. Jadi misalnya nih kayak saya dari Bandung jadinya tenang, hehe. Ga akan takut pas sampe, tutup. Tapi lebih enak sih mending sampai Kota Tua Jakarta itu pas pagi jadi bisa eksplor banyak objek - objek wisata nya, bisa berswafoto kesana kemari, sekenyangnya. Tapi jangan lebih dari pukul 15.00 takutnya ada beberapa objek wisata ( museum - museum ) yang sudah tutup. 

Biayanya berapa nih kalau mau ke Kota Tua Jakarta? 

Kalau masuknya ke kawasannya sih gratis, tapi kalau mau masuk ke objek - objek wisata lainnya ya ada karcis yang harus dibayar lagi. Tapi gak mahal kok, masih masuk akal dan ramah didompet. 

Ada wisata apa saja sih di Kota Tua Jakarta? 

Ternyata gaes, destinasi di Kota Tua itu banyak dan variatif banget. Selain itu juga tentunya sarat akan sejarah dong yah, dan kayaknya ini tuh yang paling banyak dicari, apalagi untuk keluarga yang punya anak kecil. Seneng nih liburan ke Kota Tua. Dijamin deh anak - anak ga akan bosen wisata sejarah di kota Tua ini.

And here's wisata - wisata yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta yang mesti disambangi ketika kesini.

Art street Kota Tua Jakarta 

Kebayang kan gengs, ketika menjelajah jalanan di kota Tua Jakarta ini, sepanjang jalan kita menemukan suasana jalanan yang unik dan berbeda dengan jalanan lainnya di ibu kota. Yuhu, its Art Street. Tempatnya para seniman jalanan mempertunjukkan aksinya dan seni nya. Bukan cuman yang ngamen loh disini, namun banyak variasinya. Ada yang berpantomim, pelukis dan ada juga yang cosplay loh. Banyak deh pokoknya.

Art street Kota Tua Jakarta

Kalau bawa anak - anak, pastinya Cosplay yang paling menarik perhatian deh, soalnya banyak orang tua dan anak yang berswafoto bersama cosplay. Jadi serasa foto dengan manusia patung penuh karakter deh. Tentunya karakter - karakter atau tokoh bersejarah. Jadi anak bisa sambil belajar juga. 

Museum Fatahillah

Objek wisata lainnya nih di Kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah. Museum Fatahillah ini ga bisa dipisahkan dari Kota Tua, kayak udah menjadi paket gitu. Bahkan saya pas awal searching kota Tua yang muncul ya museum Fatahillah ini loh. Gedung ini tuh adalah balai kota Zaman VOC . Selain menjadi balai kota, gedung ini pun sering dijadikan sebagai ruang pengadilan sampe penjara bawah tanah. 


Museum Fatahillah ini memiliki banyak koleksi barang - barang penuh sejarah. Berupa benda asli dan juga replikanya, ada sekitar 23.500 koleksi. Di Museum ini bisa banget nih kita lihat koleksi - koleksi peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran. Dan juga bisa melihat hasil arkeolog di Kota Jakarta, furniture antik, koleksi - koleksi keramik, gerabah, prasasti dan benda bersejarah lainnya. 

Toko Merah 

Sering nih liat sekitaran Toko Merah ini dijadikan spot foto pra wedding. Emang bagus sih spotnya, instagramable. Toko Merah ini berada di sekitaran Jalan Kali Besar Kota Tua. Nampak jelas bangunan unik berwarna merah dan sampai saat ini menjadi salah satu cagar budaya. Dulu bangunan ini merupakan toko milik seorang warga Tionghoa, yang dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem baron van imhoff yang mengusung konsep sebuah rumah yang besar, megah dan juga nyaman. 


Kemudian pada masa pendudukan Jepang, gedung in tuh beralih fungsi menjadi Gedung Dinas Kesehatan Tentara Jepang. setelah kemerdekaan Indonesia, Toko Merah ini berpindah tangan ke pemilik Pt. Satya Niaga, tahun 1964. Kemudian ditahun 1977 berubah menjadi PT Dharma Niaga dan gedungnya digunakan sebagai kantor. Kemudian pada tahun 1990 Toko Merak ini dijadikan bangunan cagar budaya. 
Dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang pastinya menarik sekali buat disambangi dan cocok dijadikan tujuan liburan nih.

Buat temen - temen nih yang ingin menyambangi Kota Tua Jakarta, asiknya sih jangan pas hari libur. Datangnya pas hari kerja, sengaja cuti kayaknya asik tuh biar gak terlalu ramai. Soalnya kalau libur pastinya banyak orang dan taking photo nya kurang leluasa kali yah.


Jika seperti saya nih, dari Bandung. Kalau pulang pergi kan kurang asik ya dan bakalan capek, jadi enaknya nginep sih di Jakarta. Jadi enaknya sewa apartemen jakarta barat aja gengs, biar kalau sudah capek keliling - keliling Kota Tua Jakarta bisa langsung istirahat. Tenang, bisa kok booking apartemen harian , jadi gak usah khawatir lagi. Kan asik tuh kalau booking apartemen, bisa masak soalnya lengkap dengan peralatan masaknya. Suka deh nginep di apartemen kalau pas liburan tuh. 

Kalau urusan booking - booking an sih, pastinya temen - temen udah pada tau harus urusan dengan siapa? Ye kan? Yess, betul, TRAVELOKA. Saya udah seneng aja transaksi di Traveloka, soalnya gampang alias kagak ribet. Apalagi sekarang tuh Traveloka terus inovasi dengan fitur - fitur yang makin oke dan sangat membantu, khususnya buat liburan or travelling kita nih gaes. 

Fitur apa saja tuh yang makin ciamik di Traveloka dan bikin saya ketagihan booking apartemen ?

Metode pembayarannya yang mudah dan juga cashless 
Saya termasuk yang sangat cinta sama cashless, soalnya emang jarang bawa uang tunai di dompet. Traveloka emang paham banget deh, pembayarannya mudah dan cashless ini memanjakan banget. 



Easy Reschedule 
Asiknya transaksi di Traveloka tuh masalah reschedule ga ribetin loh, jadi misal ada sesuatu hal yang tak bisa dielakkan lagi terus waktunya samaan dengan waktu jalan - jalan, cus reschedule aja gengs. Ga usah khawatir soalnya ada fitur Easy Reschedule dari Traveloka yang memudahkan. Dengan fitur ini ga bakalan deh kita kehilangan biaya - biaya yang sudah dikeluarkan untuk menginap, pokoknya the best deh. 


Pay at hotel 
Jujur, saya jarang banget menemukan fitur ini di yang lainnya, alhamdulillah di Traveloka ada. Fitur Pay at Hotel ini memudahkan banget, jadi kita bisa bayar di hotel ketika check in. 

Near me & last minute hotel 
Fitur ini tuh adalah fitur paling asik, soalnya bisa ngebantuin kita buat nyari hotel atau penginapan yang sesuai dan kita inginkan. Tentunya pas liburan tuh inginnya menemukan penginapan yang dekat dengan tempat wisata dong, biar ga wasting time muter - muter di jalan kan. Nah dengan fitur ini tuh jadinya ga usah ribet deh , soalnya kita bisa menemukan hotel terdekat. 


Traveloka Paylater
Fitur  paling syurga nih, soalnya kita bisa travelling, jalan - jalan alias liburan kapan saja tanpa harus mikirin budget, haha. Maksudnya meskipun lagi ga ada dana masih bisa loh jalan - jalan. Soalnya nih dengan Traveloka Paylater ini bisa booking dulu hotel atau lainnya tapi bayarnya nanti, bahkan bisa dicicil. Asik kan? 

Tentunya, kalau pakai fitur ini harus konsisten dan bijak yah, bayar cicilan sesuai tanggal dan jumlahnya biar aman. Tenang, Traveloka Paylater ini aman kok soalnya didukung oleh Danamas, yang mana adalah mitra resmi yang sudah terdaftar dan sudah memiliki izin OJK. jadi tidak usah diragukan lagi, ya kan gaes? Dan yang paling bikin seneng dan nyaman adalah masalah penagihanya. Penagihannya tuh sesuai banget dengan etika, ga bakalan deh ada kejadian penagihan yang merusak harga diri sampe neror kontak telepon, kan serem yah. Yang penting sih, temen - temen jangan lupa bayar cicilan sesuai tengat waktu dan nominalnya pas, biar cepet selesai cicilannya. oiya cicilan yang kita bayarkan itu masuk lagi ke saldo Paylater kita loh, jadi semakin oke bayarnya semakin balik lagi saldonya. Jadi bisa jalan - jalan lagi deh, ya kan? 


Gimana? Jadinya mau liburan kemana nih?



With love,

Tian lustiana 

You Might Also Like

46 Comments

  1. Wah Kota Tua..asyik memang ke sana. Banyak museum dan tempat yang bisa dieksplor. Maka pas kalau sewa apartemen harian saja. Lebih hemat pastinya . Apalagi kalau bayarnya pakai Traveloka Paylater. Cocok!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, liburan pun tambah asik yess

      Hapus
  2. aku pengennya sepedaan di kota tua, pakai sepeda mini cantik sambil pakai topi bunga-bunga itu loooh... sekalian foto manis di depan museum fatahilah
    impian aku banget dah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fotonya biar diupload ke IG yah hehe

      Hapus
  3. Baru tau kalo Kota Tua udah ada sejak Bang Ali
    Eniwei pilihan menginap di apartment emang solusi tepat ya
    Lebih murah dan leluasa kalo banyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih murah dan seneng aja kalau banyakan kesini yah

      Hapus
  4. Kangen ih sama kota tua Jakarta, hope kami bisa kembali ke sana soon (halah, sok Enggresh :D).
    Tapi beneran loh, kemaren tuh kami cuman mampir sebentar saja saking panasnya, lagian waktu itu si adik masih kecil, semoga nantinya ke sana anak-anak udah lebih gede dan bisa menjelajah di kota tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kesana nya jangan pas siang - siang yah, panas. hehe. Pagi atau sore oke lah yah

      Hapus
  5. Aku penasaran sekali pengen tau kota tia jakarta. Sampe hari ni masih belum punya kesempatan kesana. Sekalinya ke Jakarta gak sempat mampir karena terlalu jaih dari tempatku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain kak kesana, tempatnya bagus buat jalan2 dan belajar sejarah.

      Hapus
  6. Cocok banget untuk seluruh keluarga ya, anak-anak sampai dewasa. Pan kapan ke sana deh rame2 sama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa paling asik memang kalau bareng family ya, rame - rame gitu.

      Hapus
  7. Nanti kalo singgah ke Jakarta bakalan mampir ke kota tua deh.. sering sih liat postingan temen foto2 sama cosplayer di sana. Kreatif
    Cocok juga bawa anak-anak kemari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bagus banget disana, foto sekenyangnya kak.

      Hapus
  8. Saya belun pernah injak Ibu Kota Mbak tapi kalau ada kesempatan ke sana pengen juga deh jalan-jalan di kota tua Jakarta ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepat terlaksana ya bisa jalan - jalan di Kota tua jakarta

      Hapus
  9. Kota Tua itu menurut saya The Real Jakarta. Gak pernah bosan ke sana saat masih di Jakarta dulu. Apalagi saya sering bolak-balik kantor imigrasi yang lokasinya gak jauh dari sana.

    BalasHapus
  10. Aku juga seneng ke kota tua. Krn sudah bulak balik jdi jujugannya ya jajan dan kulineran hahaha dasar tukang makan! Sudahlah gampang akses ke sananya, dan wisatanya murmer. Mantul!

    BalasHapus
  11. Urusan jalan jalan traveloka emang paling komplit ya pelayanannya. Booking apa aja bisa.

    Kota Tua udah pernah kesana, tapi pas gak ada cosplay waktu itu. Jadi gak seseru ini deh.

    BalasHapus
  12. Banyak tempat yang bisa dikunjungi di Kota Tua. Tetapi, memang gak bisa dalam sehari sakin banyak tempat yang menarik. Kayaknya kalau ke sana lagi, saya juga mau sekalian staycation

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah nih mba ke kota tua. Kira-kira bawa anak usia 4 tahun ke sana cocok ga ya? Aku pengen tempat jalan yang ada edukasinya juga. Ngomong-ngomong enakan sewa apartemen dong ya dripada nginep di hotel ya. Soalnya bisa masak juga diapartemen ya 🙂

    BalasHapus
  14. Dulu pertama kali ke jakarta, lokasi wajib buat dikunjungi kota tua. Ternyata di aplikasi traveloka juga tersedia, ya? Dan pembayarannyapun bisa pakai paylater. Manteeppp.

    BalasHapus
  15. Aku baru sekali ke Kota Tua, dan pengiiinn balik lagi ama keluarga
    Udah bener banget dah, booking hotel dan transportasi pakai Traveloka ajaaa

    BalasHapus
  16. sayangnay kumuh dengan yang jualan

    BalasHapus
  17. Traveloka emang andalan aku juga, mau jalan2 atau makan2 atau bahkan mau ke playground, aku juga sering pakai Traveloka :)
    Duh jadi kangen ke Kota Tua deh.

    BalasHapus
  18. Belum pernah berkesempatan ke sana. Padahal bolak-balik ke Jakarta. Wahhh gak sah ini ke Jakarta nya

    BalasHapus
  19. Nah anakku lagi ngajak melulu untuk bisa liburan ke kota tua. Tapi memang sayangnya aku emang belum sempat. Makasih ya mba sudah infoin dan smoga bisa wujudkan keinginan anak :)

    BalasHapus
  20. Hampir di tiap kota tuh selalu ada Kota Tua. Tapi tetep, Kota Tua Jakarta kudu dikunjungi juga. Semoga ada kesempatan ya. Dan kalau ribet soal penginapan, ya ke Traveloka aja

    BalasHapus
  21. Hampir 1 dekade aku tidak menyambangi Jakarta lagi. Dulu waktu masih kerja di Jakarta, kalau suntuk atau pas weekend main di Kota Tua Jakarta. Tempatnya asyik, ramah dan banyak bangunan tua khas Belanda yg menjadi daya tarik. Sekarang kayaknya makin bagus karena sudah ada pembenahan dan pengelolaan yang makin baik. Jadi rindu Jakarta.

    BalasHapus
  22. Iya aku pernah ngajak adik-adikku dari Jambi piknik ke sini, dari Bogor naik kereta api, bahagia banget karena memang kota tua apik ya pemandangan dan suasananya, banyak yang bisa dinikmati..

    BalasHapus
  23. Kota Tua Jakarta kalau di Bandung kayak di Braga ya Teh. Banyak cosplay yang menarik untuk bisa buat foto bersama

    BalasHapus
  24. Wah Kota Tua, salah satu tempat yang kepengen banget aku datengi sejak lama. Tapi belom sempet aja. Kudu direncanain deh. Mana sekarang mah bisa PayLater ya di Traveloka. Jadinya budget buat nginep bisa dipikirin nanti :D

    BalasHapus
  25. Sebalnya pas tahun lalu udah sampai Istiqlal pas mau lanjut ke daerah Kota ini dengan naik kereta, eh mendadak lemes dan pengen pulang. Batal deh main ke sana.

    BalasHapus
  26. Aku walau jabodetabek belum pernah ke sini pengen mampir dari dulu cuma kok belum sempet-sempet ke sini ya mak
    Padahal pengen juga poto2 lucu di sini

    BalasHapus
  27. Liburan terdekat dulu mbak hiiihii. Soalnya yg di Kota Tua Jakarta aja belum huhuhu. Buat tiket staycation udah percayakan sama ahlinya si biru Traveloka aja hhrhrr

    BalasHapus
  28. Aku belum sempat aja main ke Kota Tua di Jakarta. Tahun ini deh ta sempetin main ke Kota Tua Insya Allah

    BalasHapus
  29. Oh Traveloka tuh selengkap itu ya fiturnya. Enak dong kalau mau jalan2 ke kota yang nggak dikenal sekalipun, nggak pusing cari tempat nginepnya.

    BalasHapus
  30. Kota tua tu jadi destinasi impian kalau nanti liburan ke Jakarta. Suka dengan bangunan-bangunan bersejarah tempo dulu..

    BalasHapus
  31. Cantik sekali ya Kota Tua Jakarta. Kembarannya ada di Semarang nih, kalau di sini sebutannya Kota Lama. Paling suka dengan gaya arsitekturnya yang khas itu lho, gedungnya bagus-bagus.

    BalasHapus
  32. Kalau orangnya banyak piknik ke Jakarta sewa apartemen harian lebih Hemat ya Mbak daripada nginap di hotel.

    BalasHapus
  33. Ternyata Fatahillah itu utusan dari Demak, ya? Aku lupa sejarah bagian ini hihihi..

    BalasHapus
  34. Eh maaak aku aku pengen ke sini juga kalo ke Jakarta. Kapan-kapan harus disempetin deh kayanya. Mungkin waktunya cuma ada ada pas business trip hahahah

    BalasHapus
  35. Pas ke Kota Tua, ga kebagian foto naik sepeda, soalnya sepedanya penuh dipinjem. Pengin ke sana lagi, di saat yang tepat, biar puas foto2nya..

    BalasHapus
  36. aplikasi travelok ini emang kece deh, segala kebutuhan nyaris tersedia, tinggal buka apliaksinya pilih yang kita mau dan proses pembayaran pun mudah

    BalasHapus
  37. Aku belum pernah ke kota tua Jakarta. Hiks. Dulu ke Jakarta ga sempat kemana-mana karena tujuannya buat berobat, enggak sempet mikir mau wisata. Pengen banget ngerasain sepedaan sore-sore.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut