Inilah Jenis - Jenis Emosi Dasar Yang Harus Diketahui

Februari 04, 2020

Bismillah, 

Pernah ga mempertanyakan kenapa sih emosi dalam kehidupan kita tuh berperan banget? Berperan sama pola pikir dan perilaku kita. Kadang saya tuh mikir, kok bisa ya emosi yang saya rasakan itu mempengaruhi keputusan dan perilaku saya. kadang emosi itu membuat saya menghindari masalah, memahami orang lain dan kadang bisa sampai melawan orang lain. Emosi kadang naik dan turun, beneran deh harus paham sama emosi, jenis emosi dan fungsinya apa sih emosi itu terutama untuk kehidupan kita. 




Jenis emosi dasar yang memiliki manfaatnya tersendiri 

Ternyata, setiap orang tuh punya tingkat & juga cara mengelola emosinya sendiri, jadi setiap orang pasti beda - beda. Tapi sebenernya nih, ada beberapa emosi dasar yang dimiliki semua orang dan emosi dasar ini tuh memberikan pengaruh terhadap perilaku seseorang, apa saja tuh?... 


Baca : Tentang Mengendalikan emosi 

BAHAGIA 
Semua orang ingin bahagia, saya, anda, mereka dan kalian semua. Betul? Kayaknya ga ada orang yang ga mau bahagia deh. Kebahagiaan ini adalah emosi yang paling banyak dicari. Emosi bahagia adalah emosi yang menyenangkan. BAhagia bisa digambarkan dengan berbagai macam, seperti rasa puas, gembira dan ekspresi lainnya. Diantaranya adalah :

☺️ Ekspresi wajah senyum
☺️ Nada suara yang ceria, jadi terdengar lebih menyenangkan
☺️ Bahasa tubuh yang lebih santai dan penuh semangat

Perasaan bahagia ini tuh bikin orang bersyukur dan lebih memahami sama diri sendiri dan juga orang lain. Kebahagiaan ini adalah salah satu contoh emosi positif dan berperan penting dalam kesehatan fisik & mental. Bahagia juga bisa bikin panjang umur loh gaes.

Kebalikannya, jika bahagia susah dirasakan dan malah sering merasa cemas, stress, depresi dan merasa sedih terus itu bisa menimbulkan dampak kurang baik terutama bagi kesehatan dan bisa menurunkan kualitas hidup. Jadi mari ciptakan bahagia, mulai dari diri sendiri. 

SEDIH 
Sedih adalah perasaan dimana seseorang tidak merasa bahagia, kebalikan bahagia. Saya rasa ga ada yang mau deh merasakan kesedihan, ada yang mau ga? Pasti ga mau kan? Sedih juga bisa datang kapan saja, kadang tanpa diundang ia datang sendiri, hiks. Kadang kalau sedang badmood , sedih suka berkepanjangan dan susah hilang, bahkan kalau kelamaan bisa menjadikan depresi loh, hiks. Sedih bisa diungkapkan dengan berbagai macam ekspresi, termasuk : 

☹️ Suasana hatinya muram
☹️ Lebih senang diam jika sedang sedih
☹️ Lesu dan seakan tidak ada semangat
☹️ Kadang menangis dan ingin berteriak 
☹️ Inginnnya menarik diri dan lebih senang sendirian

Tingkatan rasa sedih ini biasanya beda - beda dirasakan, tergantung sama sebabnya dan gimana cara orang atasi kesedihannya. Sedih ga selamanya kurang baik, ya sesekali bolehlah merasakan sedih. Namanya juga manusia hidup. Rasa sedih ini justru bikin kita bisa memahami dan paham gimana caranya buat bangkit, buat mengobati diri sendiri dan buat merenungkan kembali nih gimana caranya biar nanti ga sedih lagi. 

TAKUT 
Pernah merasakan takut? Yuhu, ketakutan ini adalah emosi yang memiliki peranan penting juga loh buat kita bertahan hidup. Loh kok bisa? Iya, ketika takut biasanya kita menjadi berani justru, iya kan? Otot menjadi lebih tegang, jantungnya berdetak menjadi lebih cepat dan pikiran menjadi lebih waspada. 



Contoh nih, ketika dalam bahaya, maka auto muncul rasa takut kan? NAh rasa takut ini kadang malah menimbulkan respon buat mempertahankan diri. kalau takut sama sesuatu biasanya langsung lari dan minta bantuan orang lain, bener gak? 

Baca : Musik mempengaruhi mood & suasana hati 

Ekspresi apa saja nih ketika kita dilanda ketakutan? 

x Ketika takut, ekspresi wajah tuh langsung matanya melebar dan kepala auto nunduk. 
x Berusaha bersembunyi, menghindar dan jika takut berlebihan bahkan berani menghadapi ancaman.
x Tubuh biasanya langsung berkeringat, detak jantung dan nafas menjadi lebih cepat.

Tau ga gaes kalau rasa takut ini biasanya muncul pas ada ancaman, namun emosi takut ini tuh secara gak langsung menumbuhkan rasa berani loh, biasanya kalau udah kepepet suka berani kan? Hehe.

Masih ada beberapa lagi emosi dasar yang perlu kita ketahui, saya akan posting dipostingan selanjutnya yaaa, hehe. Untuk postingan ini hanya ini saja dulu deh. Nah sebelum saya lanjut nih, temen - temen tau ga emosi dasar lainnya apa lagi? Sharing yuk di kolom komentar, thanks yah. 




With love,


You Might Also Like

27 Comments

  1. Ahhh aku jadi inget film INSIDE OUT.
    Memang kita kudu aware dan acknowledge masing2 emosi ini ya Mak.
    Supaya hidup sehat dan berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nonton nih saya Inside Out, jadi ingin nonton deh.

      Hapus
  2. emosi dasar yang semua sudah dimiliki namun seiring nambah umur ada yang bergeser urutannya hehe, makasih sudah share mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya begitu ya mbak Uli, semakin nambah umur makin geser urutan & prioritasnya yah. Sama - sama, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  3. Bener kata mba Nurul jadi inget film inside out, beneran film yang bagus banget ceritanya tentang emosi yang ada dalam diri dan bagaimana regulasi masing-masing di setiap tahapan perkembangan

    BalasHapus
  4. Mba, tapi seringkali aku nemu orang yanh kliatannya happy, slalu senyum.tapi teryata dia lagi bersedih :(

    BalasHapus
  5. kalo bimbang, gundah gulana, termasuk emosi gak ya mbak? hahaha atau itu bagian dari emosi kategori takut atau cemas, hihihih

    BalasHapus
  6. iya juga ya, saya baru nyasar kalau rasa takut itu kadang malah memunculkan keberanian, keberanian untuk melawan.

    Unik juga ya, disaat bersamaan bisa muncul dua jenis emosi yang berlawanan

    BalasHapus
  7. emosi dasar yang mba sebutkan di atas mentrigger emosi lanjutannya ya mba, trus bisa datang secara bersamaan kalo lagi mental breakdown

    BalasHapus
  8. Saya gak pernah melarang suami dan anak-anak, bahkan diri sendiri, untuk merasakan emosi tertentu. Semua emosi dasar ini manusiawi banget selama memang tidak berlebihan mengungkapkannya

    BalasHapus
  9. Reaksi emosi ketakutan memang macam-macam respons tubuh yang diberikan.
    Aku kalau takut sama hal-hal yang belum terjadi, sering banget mendadak mulas.
    Kalau takut (karena punya perasaan bersalah sama oranglain) suka istighfar yang banyak, hehehe...mohon sama Allah kalau hanya Allah-lah yang Maha membolak-balikkan hati.

    Tabarakallahu~

    BalasHapus
  10. aku selalu ngicer perasaan bahagia nih. eh semua orang pasti pengen bahagia kan :D
    btw aku suka gambar kartunnya lucuk

    BalasHapus
  11. Emosi cemas, dugun-dugun. Kalau baca ini jadi ingat film Inside Out. Jadi mau nonton lagi deh karena berhubungan dengan emosi manusia

    BalasHapus
  12. Iya juga sih, ketika takut itu muncul karena sesuatu, saya jadi berjuang menaklukannya. Tapi takut sama kucing tetep susah menyembuhkannya, hihiii

    BalasHapus
  13. Semoga kita semua selalu bahagia ya... Aku sedih kalau lagi nonton drama korea mbak, hehheee... kadang memang ada orang yang bisa menutupi kesedihannya dengan tertawa dan merasa bahagia. Karena beberapa teman pernah dalam situasi ini.

    BalasHapus
  14. Pengetahuan tentang emosi ini penting ya mb...agar kita bisa mengelolanya. Tfs mb...

    BalasHapus
  15. Marah, hehe... Kebetulan lagi kesel banget nih malam ini... Berusaha tetap tenang sambil blogwalking...

    BalasHapus
  16. Jenis emosi dasar apa lagi ya, selain bahagia, sedih dan takut? Kalau marah, was-was, masuk gak ya, Teh?

    BalasHapus
  17. Ini nih salah satu hal yang penting diajarkan ke anak. Mengenal jenis emosi dan manfaatnya. Sebab kadang-kadang, anak-anak masih susah bedain.

    BalasHapus
  18. Ternyata emosi dasar hanya Ada 3 ya, Bahagia, takut Dan sedih.

    Kalau baper, galau, moody, emosi apa ya jeng

    BalasHapus
  19. Baca ini kok aku jd inget film inside out mba? Hihi. Yg aku noted banget bahwa semua ekspresi hrs ad jalan ekspresi yg benar. Termasuk kesedihan. Harus dikeluarkan dg benar jg ya. Tentunya dg batasan yg wajar pula

    BalasHapus
  20. Ini kayk film anomasi Inside out. Ada beberapa Karakater pada setiap orang.

    BalasHapus
  21. Kalau lagi takut kepepet banget berubah jadi berani contohnya saat orang ketakutan di tempat gelap atau remang dia jadi berani lari sekencang-kencangnya :D

    BalasHapus
  22. Iya kadang kita merasa nggak enak hati ya tapi nggak tahu kenapa, jadi kudu mengenal emosi yang sedang dirasakan, apa yang terjadi kita dan gimana mengatasinya..

    BalasHapus
  23. Saat takut, yg alami deg-degan sepert dikejar anjing, detak jantung dan nafas menjadi lebih cepat.

    BalasHapus
  24. Karena aku orang gemini dan bawaannya ceria jadi kayaknya bahagia terus mbak. Hihihi. Kayaknya kebanyakan orang gemini selalu kelihatan bahagia terus ya walaupun sebenarnya sedang sedih atau takut.

    BalasHapus
  25. makasih sharingnya mbak, jadi tahu deh emosi dasar sekaligus ciri-cirinya, saya jadi penasaran sama emosi dasar marah kek gimana.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut