Yang Harus dilakukan Saat Banjir

Januari 06, 2020

Bismillah, 

Awal tahun ini, beberapa kawan saya yang stay di Jakarta dan Bekasi dilanda musibah, kebanjiran. Ya, banjir datang bukan hanya di Jakarta dan Bekasi, didaerah Bandung juga, Padalarang dan Baleendah dilanda kebanjiran juga, semoga diberikan kesabaran yah yang kena musibahnya. 


Banjir, menjadi kendala dan sering terjadi apalagi ketika hujan tak kunjung reda. Malam tahun baru, Bandung hujan ternyata bukan hanya Bandung, kota lain juga sama malam tahun barunya diiringi hujan. Banjir memang sering terjadi di beberapa kota di Indonesia, curah hujan yang diatas normal dan kemudian pasang naik air laut jadi penyebab utama terjadinya banjir, meski memang yang paling utama tuh alasannya tiada lain tiada bukan adalah kehendak Allah Subhanahuwata'ala. 

Faktor lain juga ada, adalah faktor sendiri. Sudahkan tidak membuang sampah ke sungai? Sudahkah tidak buang sampah sembarangan? 


Jika banjir melanda, bukan saatnya saling menyalahkan, buat apa? Ga guna juga kan? Yang harus dilakukan adalah : 

✔️ Ketika banjir, jangan berjalan didekat saluran air buat menghindari terseret arus banjir.
✔️ Matikan seluruh aliran listrik dalam rumah, tapi biasanya ini langsung dilakukan oleh PLN, yang kebanjiran biasanya langsung dimatikan aliran listriknya. 
✔️ Jika kondisi sudah tidak memungkinkan, cepatlah mengungsi ke daerah yang lebih aman atau jika tidak ada tempat saudara, ke posko banjir saya jangan nunggu air naik lebih tinggi. 
✔️ Amankan barang - barang yang berharga. 


Nah, gimana nih dan apa yang harus dilakukan ketika banjir sudah surut? Pastinya harus beres - beres dong, hehe.

◼️ Bersihkan rumah, cari antiseptik dan gunakan untuk membersihkan. Ini agar kuman - kuman penyakit enyah dan terbunuh. 
◼️ Bersihkan semua barang, pilah dan pilih yang masih bisa diselamatkan dan yang harus dibuang. 
◼️ Cari dan siapkan air bersih, penting ini supaya menghindari dair penyakit diare. 
◼️ Jangan lupa buat jaga kesehatan supaya beres - beres setelah banjirnya dalam kondisi fit yah. 



Semoga yang banjir tidak datang lagi, dan semoga makin banyak yang paham serta tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai yah. karena banjir itu sungguh tidak menyenangkan. 

Ada yang mau menambahkan tips lainnya? Sharing yuk. 




With Love, 












You Might Also Like

10 Comments

  1. Musibah banjir yang menimpa masyarakat Jakarta dan wilayah lainnya di Indonwsia sungguh menyesakkan dada. Sedihnya bukan main. Ternyata jika Allah berkehendak, semua sama ga ada yang dipilih2 ya mau kaya atau miskin bisa terkena banjir dll. Harus sikap dan cepat bergerak ke tempat yang lebih tinggi. Ngeri kalau berjalan di area banjir takut tertelan jalanan berlubang dan terbawa arus... Hiks :( Turut prihatin, hanya bisa mendoakan dari jauh. Btw aku sudah follow blog mbak Tian barusan. TFS.

    BalasHapus
  2. Tips di atas saya rasa sudah cukup, terlebih jaga kesehatan karena after banjir banyak penyakit dan virus bermunculan

    BalasHapus
  3. Kedatangan banjir tidak bisa diduga ya. Dan saya yakin siapapun tidak ingin kena banjir. Dengan adanya tips ini semoga membantu jika suatu saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan ini

    BalasHapus
  4. Aamiin, semoga banjir ga datang lagi

    BalasHapus
  5. Melakukan tindakan preventif supaya ngga terjadi banjir nampaknya solusi paling jitu
    Sayangnya harus dilakukan bareng, ngga bisa sendirian

    BalasHapus
  6. prepare dan selalu waspada itu memang penting, karena bencana alam tidak bisa kita cegah. terima kasih tips nya sangat membantu 🙏

    BalasHapus
  7. Kalo lewat area banjir kaya dulu waktu masih kerja mba, aku sampe naik ojek gerobak loh karena akses ke kantor kena banjir. Yang paling serem tuh kalo banjir entah ada hewan apa yang ikut terbawa banjir sama arus listrik entah korslet dan sebagainya.

    BalasHapus
  8. Banjir di Jabodetabek itu emang serem banget sih. Airnya cokelat berlumpur, udah gitu arusnya deras. Makin ngeri lihat ketinggian airnya sampai atap.

    Semoga situasinya segera aman terkendali yaa.

    BalasHapus
  9. Semoga yang masih terkena bencana banjir, banjirnya bisa surut... Aplagi saya dengar ada yang tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali dengan keadaan rumah kelelep dan listrik mati.. Semoga segera ada yang memberikan bantuan dan bantuan bisa datang menjemput amin

    BalasHapus
  10. tips dari mba sudah bagus kok mba, dan harusnya semua warga dimanapun perlu mengertahui akan hal - hal seperti ini.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Blogger Of The Month

Blogger Of The Month

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan