Baca Buku Itu Harus Dipaksakan

Januari 08, 2020

Bismillah, 

Setiap tahun saya punya resolusi buat membaca lebih banyak buku, 2019 target saya membaca 12 buku dalam satu tahun, alhamdulillah lumayanlah meskipun hanya 8 buku yang saya bisa selesaikan. Seenggaknya saya sudah berusaha. 



Memang sulit sih baca buku sampai selesai, apalagi kalau bukunya membosankan, huhuhu. Apalagi nih yah baca buku non fiksi yang isinya tentang ilmu - ilmu pembelajaran, dijamin baru satu halaman udah males dan ngantuk, beda sama baca buku novel dengan genre yang disukai. 

Kenapa saya menekankah diri saya buat kembali giat membaca buku? Ya minimal biar saya ga bacain status dan komentar orang terus, hehe. Jadi tahun 2020 ini kembali saya berharap bisa melahap minimal satu buku setiap bulan, syukur - syukur lebih. 



Ada beberapa tips nih yang bisa temen - temen gunakan biar pas baca buku ga bosen dan tambah semangat membaca buku, diantarnya adalah : 

⇝ Tujuan baca buku buat apa
Yang pertama harus dilakukan adalah, tujuan bacanya buat apa? Apa hanya buat wasting time atau buat hiburan saja atau buat mencari tahu dan ilmu pengetahuan? Apa buat mengembangkan diri biar ilmunya nambah dan menambah percaya diri? 

Mau baca aja ribet sih Tian!!!

Gini yah, bukan masalah ribet, tapi buat saya pribadi ini penting buat memperjelas tujuannya, jadi dorongan buat baca pun akan semakin kuat, karena kan engga dipaksakan. Karena adanya tujuan diawal membaca itu kan. 

Jadi baca buku lebih happy, insya allah baca buku tanpa beban bakalan cepet selesai. 

⇝ Relaksasi
Jangan langsung serius baca buku, soalnya kalau awalnya serius suka cepet bosen dan capek bacanya. Saya sih biasanya suka relaksasi dulu. Jangan baca buku pas lagi banyak pikiran ya gengs, soalnya konsentrasi bakalan keganggu. Jadi relaksasi memang dibutuhkan sebelum lanjut membaca. 

⇝ Hempaskan gangguan, terutama sosmed 
Bahaya kalau baca sambil deket - deket smartphone, bunyi dikit kepo deh ingin baca. Jadi pas baca buku, mending hempaskan dulu deh smartphonenya, masukin lemari mungkin. Atau di silent saja biar ga ngeganggu ketika baca. 

⇝ Jika lelah, jeda dulu. Jangan paksakan
Kadang ketika sedang baca, suka ada masanya bosan. Apalagi jika baca buku yang ketebalannya kebangetan, ada rasa bosan dan lelahnya juga. Biasanya saja jeda sehari ga baca. Jeda ini bisa membantu saya supaya tetap segar dan fokus kembali ketika membaca lagi. Jadi kalau bosan ya jangan lanjut membaca yah. 

⇝ Imajinasikan, biar lebih seru
Saya lebih seneng baca novel tuh sambil diimajinasikan, jadi ngebayangin tokoh A gimana, tokoh B nya gimana, kejadiannya lagi ngapain jadi saya bayangkan. Jadinya saya ga bosen, tapi ketika novelnya di film kan ya saya suka kecewa, soalnya biasanya tokoh - tokohnya jauh dari bayangan saya. 

Gak banyak sih yang saya lakukan biar semangat baca saya membara, yang penting saya konsisten dan janji saja sama diri sendiri bahwa membaca itu penting buat upgrade ilmu, bukan sekedar membaca. Kadang dari membaca sebuah novel, saya bisa banyak belajar loh, dari novel Ayat - ayat cinta misalnya, banyak hal pelajaran agama yang bisa saya pelajari.
Kalau tips dari temen - temen biar baca bukunya makin semangat gimana? Sharing yuk! 



With Love,



You Might Also Like

25 Comments

  1. Wah resolusi kita samaan ini Teh! Pengen lebih banyak lagi membaca buku. Kadang aku tuh mau baca buku udah sepet duluan ini mata. Akhirnya ditetesin, eh kok malah jadi ngantuk habis itu, Zzz.. Ayo Teh Tian, semoga kita bisa membaca buku lebih banyak lagi ya.

    BalasHapus
  2. Iya nih, sekarang saya juga mulai jarang baca buku, lebih tepatnya jarang menyempatkan diri untuk membaca buku.

    Semoga di tahun 2020 ini lebih banyak buku yang dibaca ya mbak

    BalasHapus
  3. Semoga resolusi baca buku sebulannya tercapai ya selama setahun ini. Semangat!

    BalasHapus
  4. Paling enak baca buku pas butuh suatu pengetahuan, misal pas hamil gitu pasti jadi cari buku kehamilan dan beneran dibca, pas mau lahiran juga. Kalau pas santai kadang emang keblinger aku Mak, lupa ga baca buku. Hehe. Paling realistis emang sebulan satu, semoga tahun ini minimal 12 ya. semangat :D

    BalasHapus
  5. tahun 2019 kayaknya aku cuma baca 2 apa 3 buku gitu.
    mau lebih giat lagi di tahun 2020 ini lebih banyak baca bukunya :)

    BalasHapus
  6. Ya ampun ini benar nih,, gangguan membaca buku itu medsos. Terus gara-gara kebanyakan ikut listing di grup-grup jadinya makin sok sibuk deh :(

    BalasHapus
  7. klo aku sih membaca itu memang kegiatan menyenangkan dari sejak kecil. jadi aku klo baca ya baca aja sesuka hati, nggak pake target2an.

    BalasHapus
  8. Toss dulu mba, aku juga lagi berusaha untuk mengembalikan semangat membaca tahun ini. Lagi menantang diri sendiri paling tidak sebulan ngereview 1 buku. Semoga aja beneran bisa kulakukan.

    BalasHapus
  9. Setuju. Kudu rada dipaksa. Aku gagal ikut reading challange tahun lalu. Trus nyadar, targetku g bisa sama teman sekomunitas. AKhirnya skrg aku ke mana-mana bekal buku. Di tempat tidur ada buku, di tas ada buku, ke kantor juga bawa buku. Meski dikit-dikit, akhirnya lumayan juga kebaca.

    BalasHapus
  10. baca buku tuh asik ternyata yah mba, dan bener tadi kata mba tian, kalo lelah ya jeda dulu aja gak usah ngoyo baca buku hari itu harus langsung habis hehe.

    BalasHapus
  11. Aku juga mbak dirumah punya rak buku gitu..tapi kadang males buat baca gitu.. Tapi emang harus dipaksakan... Wajib gitu harus..

    BalasHapus
  12. Sedih sih emang kalau lihat urutan Indonesia dalam hal membaca, tapi memang harus dipaksakan untuk membaca. Aku saja sudah lama sekali gak baca buku semenjak apa-apa bisa diakses lewat internet. Mari kita tambahkan resolusi 2020 untuk membaca buku lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  13. Wah iya gangguan baca buku itu medsos, hihi apalagi sekarang aku banyaknya baca ebook hihihi, sering terganggu dengan WA yang masuk

    BalasHapus
  14. Hahaha.. niat baca buku biar ga bacain status orang. Iya juga ya, Mba. Daripada kepoin kehiduoan orang lain mending baca yg bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Buat saya, memang salah satu penyebab utamanya adalah sosmed. Setiap kali ada niatan untuk baca buku, selalu terganggu dengan sosmed. Jadi, waktu memang ada meskipun gak banyak. Tetapi, akhirnya menyerah melulu sama godaan. Harus disiplin supaya kembali rajin baca buku

    BalasHapus
  16. Sedih banget, tahun lalu ancur hampir-hampir nggak baca buku. Untung ada buku tipis di bawah naungan ka'bah karya Buya Hamka. Jadi itulah buku satu²nya yang tamat saya baca.

    BalasHapus
  17. Aku biasanya kalo mau tidur aja sih bacanya.. tappii ya jadinya melekan.. besoknya teler hahah..

    BalasHapus
  18. Bener banget sekarang aku juga harus maksa diri untuk baca buku soalnya udah maki sedikit deh waktu untuk baca. Padahal dulu satu buku bisa cepat dilalap habis. Harus mengurangi pegang hp kayanya supaya baca buku bisa lebih sering lagi

    BalasHapus
  19. Iyap bener bangt ortu juga awalnya y harus jadi contoh awalnya d rumah untuk selalu baca buku, sering ajak anak keperpustakaan salh satuny akupun msih kurang nih baca buku

    BalasHapus
  20. Ini PR saya mb,pengen sering nulis tapi malas baca...memang harus dimulai dari buku yang ringan dan disuka dulu ya, biar tidak berasa beban..

    BalasHapus
  21. Ini si anak2 lagi kuajari suka baca biar enak. Aku juga dah lama ga baca buku paling mentok baca buku.....kehamilan paling akhir. Tapi kalau majalah masih aku mak

    BalasHapus
  22. Baca buku memang harus dipaksakan, sekarang itu yang aku lakukan. Setidaknya kalau lagi rehat langsung baca buku.

    BalasHapus
  23. Betul tuh Mak. Buat saya juga yang penting saya konsisten dan janji saja sama diri sendiri bahwa membaca itu penting banget. Untuk kebutuhan upgrade ilmu dan bukan sekedar membaca, biasanya saya malah ga baca sampe kelar. Hanya highlight poin2 yang dibutuhkan aja.

    BalasHapus
  24. Aku udah lama banget ga me time untuk baca buku. Alasan awalnya sih semenjak punya bayi, hehe. Padahal sebetulnya bisa aja kan ya maksain. Mudah-mudahan aku bisa konsisten baca buku lagi

    BalasHapus
  25. Kalau saya pribadi, baca buku dibiasakan sejak dalam kandungan dan mulai mengenalkan buku dengan mengajak komunikasi satu arah

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Blogger Of The Month

Blogger Of The Month

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan