Inilah Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

Desember 12, 2019

Bismillah, 



Dibandingkan dengan jurusan teknik pada umumnya, mahasiswa Teknik Kimia mayoritas diisi oleh perempuan. Bandingkan dengan jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil yang notabene identik dengan jurusan para laki-laki. Di era emansipasi wanita, perempuan turut andil dalam dunia kerja. Nah, jika Anda adalah seorang perempuan dari jurusan Teknik Kimia, berikut adalah prospek kerja teknik kimia untuk perempuan:  



1.  Quality Control

Sebagai lulusan Teknik Kimia tentunya Anda bisa bekerja sebagai quality control di sebuah perusahaan. Gaji yang didapat bisa mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat sesuai dengan lamanya bekerja.

2.  Environmental, Safety And Health Engineer

Anda juga tentunya bisa bekerja sebagai environmental, safety, and health engineer di sebuah perusahaan. Gaji yang Anda dapat bisa beragam mungkin bisa mulai dari Rp 3 juta dan ini bisa terus meningkat.

3.  Project Engineer

Sebagai lulusan Teknik Kimia, Anda juga bisa bekerja sebagai project engineer di sebuah perusahaan. Profesi ini mempunyai gaji mulai dari Rp 5 juta rupiah dan bisa terus meningkat.

4.  Dosen

Setelah lulus sarjana Teknik Kimia, Anda juga bisa lanjut program magister dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen Anda bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.

5.  Guru

Apabila Anda tidak ingin melanjutkan ke program magister, maka Anda juga bisa mengandalkan gelar sarjana untuk mendaftar sebagai guru. Anda bisa menjadi guru kimia di SMP maupun juga SMA dengan gaji mulai dari Rp 3 juta hingga 5 jutaan.

6.  Environmental Risk Assessor

Lulusan Teknik Kimia tentunya bisa bekerja menjadi environmental risk assessor. Profesi ini bertugas memeriksa resiko yang mungkin harus ditanggung lingkungan akibat terjadinya aktivitas industri. Profesi ini bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.

7.  Peneliti

Sebagai lulusan dari jurusan Teknik Kimia, Anda juga berpeluang besar menjadi peneliti. Anda mempunyai bekal ilmu yang cukup untuk menjadi peneliti di bidang teknik kimia. Sebagai peneliti, Anda bisa mendapat gaji yang besar sampai puluhan juta bahkan belasan juta rupiah.

8.  Research And Development

Sebagai lulusan jurusan Teknik Kimia, tentunya Anda bisa bekerja di sebuah perusahaan sebagai staf R&D atau research and development. Sebagai staf R&D Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan ini akan terus meningkat sesuai dengan pengalaman dan kredibilitas perusahaan.

9.  Pebisnis

Tak perlu mencari pekerjaan kemana-mana, setelah lulus dari jurusan Teknik Kimia Anda juga bisa menekuni profesi pebisnis. Anda juga bisa mulai berbisnis di bidang kimia maupun bidang lain yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Sebagai pebisnis, Anda bisa mendapat penghasilan yang tak terhingga nilainya.

10. PNS

Apabila Anda ingin kehidupan yang mapan dan terjamin maka Anda bisa memilih menjadi PNS. Anda juga bisa mendaftar sebagai PNS pada formasi yang sesuai dengan jurusan teknik kimia. Sebagai PNS Anda bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta dan ini bisa bervariasi tergantung kebijakan masing-masing.

11. Consultant

Konsultan dinilai dapat mengasah sarjana Teknik Kimia di bidang business sense dan juga segi management skill. Bidang ini akan sangat mengasah di bidang analytical thinking, outside the box, dan problem solving. Gaji yang tinggi juga adalah benefit yang sangat mendukung pekerjaan ini diminati walaupun bidang ini hanya membutuhkan sedikit SDM. Jadi tentunya proses seleksinya juga akan relatif sulit dan juga peluangnya kecil. Bidang konsultan yang menjadi favorit ialah McKinsey & Company, BCG, Accenture, dan lainnya. Range Salary di konsultan ternama, sangat menggiurkan, sekitar 10 hingga 15 juta per bulan.


Sebagai salah satu jurusan teknik yang dimana mayoritas mahasiswanya adalah perempuan, Teknik Kimia memiliki prospek pekerjaan yang sangat banyak. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar jurusan Teknik Kimia, Anda bisa juga mengunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/pekerjaan-jurusan-teknik-kimia-keren-untuk-Anda-anak-ipa/ .




With love,

You Might Also Like

1 Comments

  1. Masya Allah, keren sekali. Jadi ingin jadi ahli kimia dan jadi ingat waktu praktik di SMA dulu.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut