Tips Jaga Nasi Tetap Sehat Menggunakan COSMOS HARMOND CRJ 6288

Desember 12, 2019

Bismillah, 

"Makan mah yang penting nasi nya enak, pulen dan sehat." 

Pernah ga gengs denger kata - kata itu. Saya sering denger kata - kata itu dari emak dan alm. aki. Apalagi alm. Aki yang sangat suka dengan nasi pulen, bagi beliau makan itu akan terasa nikmat jika nasinya pulen, enak. Ya sih nasi zaman dulu kan cara masaknya juga konvensional jadi tentu lebih sehat, beda dengan zaman now yang semua serba listrik, tinggal colok tinggalin dalam hitungan menit nasi pun matang. 


Sehat ga yah? 

Sehat, jika peralatan listrik atau peralatan penanak nasinya berkualitas alias bukan penanak nasi abal - abal. Kalau saya sih sejak dulu, diberitahukan sama mamah kalau mau beil Rice Cooker alias penanak nasi itu merknya COSMOS. Udah terngiang selalu. Saya menikah sudah 12 tahun, rice cooker pertama saya merk cosmos dan sampai sekarang sudah saatnya harus diganti, masih bagus sih masih berfungsi hanya saja tampilan luarnya kurang yahud jadi saya memutuskan untuk membeli baru Rice Cooker, saya masih nyari merk Cosmos. 

Karena saya tuh inginkan nasi yang sehat untuk keluarga makanya sebelum membeli saya searching dulu, saya inginkan penanak nasi atau Rice Cooker yang bener - bener bisa menghasilkan nasi sehat. Yang saya mau juga adalah panci Rice Cooker bukan semata - mata anti lengket namun juga anti gores, kan ngeri gengs kalau panci Rice Cooker nya ngeletek gitu, goresan panci nya kalau tercampur nasi gimana? kan beracun dan sudah yakin itu ga sehat, betul? 

Alhamdulillah, setelah saya bergerilya nyari akhirnya saya mendapatkan Rice Cooker yang benar - benar saya butuhkan, ah finally setelah 12 tahun ini akhirnya saya punya Rice Cooker baru, hihi. 
Adalah Cosmos HARMOND , Rice Cooker dengan teknologi Anti Gores pada bagian inner Pan Rice Cooker nya. Inner pan nya ini diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperatur mendekati NOL DERAJAT CELCIUS, ini nih yang bikin inner pan Cosmos HARMOND tahan lama dan juga sehat. Inner pan nya pun terbuat dari bahan food grade yang tentu saja aman banget untuk kesehatan. 

Sungguh saya senang sekali menemukan COSMOS HARMOND CRJ 6288 ini, soalnya ya selain anti gores banyak kelebihan lainnya loh, diantaranya bebas lapisan berbahaya, multifungsi juga loh, bisa digunakan buat masak, ngukus, menghangatkan bahkan bisa digunakan untuk menggoreng. Untuk keawetan saya udah ga khawatir lagi karena merk Cosmos ini sudah terbukti awet, anti karat dan juga PFOA (perfluorooctanoic) free. Adalah zat kimia yang biasanya nangkring pada lapisan anti lengket dan bersifat KARSINOGEN. Jika lapisan ini tercampur dengan nasi dan kemudian masuk kedalam tubuh manusia efeknya bahaya dan bisa menjadi faktor pemicu berbagai penyakit serius, salah satunya penyakit KANKER, naudzubillah ya gengs. 

Seriusan COSMOS HARMOND anti gores? 

Oiya karena saya penasaran, katanya anti gores kan? Makanya saya langsung uji coba loh, saya cobain langsung gosok - gosok pake sikat besi di sekeliling inner pan / panci Rice Cooker nya ini, dan apa yang terjadi gengs? SAMA SEKALI TIDAK TERGORES, TERBUKTI ANTI GORES. Gak ada goresan, ga ada mengelupas. Kalau panci Rice Cooker lainnya bisa mengelupas namun COSMOS HARMOND ini TIDAK. Ah makin bangga pakai Cosmos.


Rice Cooker HARMOND memiliki Inner Pan atau panci yang ergonomis plus tahan panas, jadi saya ga perlu repot nyari lap buat megangin pinggirnya kalau mau angkat Inner Pan setelah menanak nasi soalnya tahan panas. Pilihan warnanya juga bagus - bagus loh ada tiga pilihan warna, ada hijau, merah dan biru. Saya lebih seneng yang biru, perpaduan biru dan putihnya terlihat lebih cantik.



Alhamdulilah kan buat bikin nasi sehat saya sudah menemukan Rice Cooker andalannya kan, nah sekarang gimana nih caranya bikin dan juga menjaga nasi supaya tetap sehat, saya punya beberapa tips nih yang bisa temen - temen terapkan, semoga bermanfaat ya. 

Masak nasi mah mudah sekali ya gengs, saya yakin semuanya udah bisa menanak nasi dengan baik, betul? Apalagi kalau pakai COSMOS HARMOND makin gampang aja bikin nasi.

  1. Cuci bersih berasnya
  2. Tambahkan air, ya kira - kira saja airnya 
  3. Masukkan dalam Rice Cooker HARMOND
  4. Nyalakan, jangan sampai lupa ya cetekin hihi. 
  5. Gak sampai berjam - jam alhamdulillah nasi matang 
Mudah bukan? 

Mudah dong geng, tapi nih yang kadang suka susah atau kadang suka salah itu kok bisa ya nasi jadi cepet basi padahal baru beberapa jam. Atau nasi jadi kering dan ga enak padahal takaran airnya udah pas atau nasi jadi lembek atau lengket bahkan bau. Apa yang salah tuh kalau kayak gitu?



Udah tenang, jangan khawatir saya bakalan bagi tips nih supaya nasi tetap terjaga kesehatannya dan tentu saja enak. 

✔️Perhatikan penyimpanan beras 
Penting nih gengs, menyimpan beras yang tepat bisa berpengaruh pada kualitas nasi yang dimasak kemudian. Beras itu sebaiknya disimpan pada tempat khusus, penyimpanan beras. Supaya apa? Supaya sirkulasi nya tetap terjaga, beras pun terjaga kebaikannya. 

Saya pernah nyimpan beras di ember dan ternyata itu ga sehat loh, soalnya saya kan jadinya ambilin beras yang paling atas aja, sementara beras yang pertama masuk terlupakan. Nah dari situlah gengs munculnya kutu - kutu beras bahkan serangga. Dan akhirnya beras dinanak menjadi nasi jadinya apek dan ga higienis lagi deh, huhuhu. Makanya saya sekarang mulai perhatikan penyimpanannya, sekarang saya simpan di Sarana Penyimpanan Beras Cosmos 007- Pundi.


Kenapa saya rekomendasikan Sarana Penyimpanan Beras Cosmos 007- Pundi

✓ Dengan sistem FIFO alias First In First Out, jadi beras yang pertama masuk akan duluan keluarnya, jadi ga akan ada lagi deh beras yang terlupakan dibawah. Jadinya beras semuanya fresh dan ga akan ada beras yang bau apek dan bebas kutu.
✓ Ukurannya compact (praktis), karena saya kan ga pernah stok beras berkarung - karung jadi ini cocok sekali untuk saya yang kapasitasnya 7 kg, gak makan tempat juga karena mungil dan desainnya bagus. 
✓ Pull N dispense. Sekali tarikan itu takaran 130gram, otomatis pula.
✓ Anti slip : lekat dan tidak bergeser. 
✓ Bebas karat
✓ Kualitas beras akan tetap terjaga

✔️Masak nasi, gunakan Rice Cooker yang berkualitas 
Gunakan Rice Cooker sehat berkualitas untuk menghasilkan nasi berkualitas. Saya pilih COSMOS HARMOND dong yang sudah jelas kualitasnya, lapisan pancinya ga mengelupas, tidak tergores dan sehat plus tahan lama alias awet. Insya allah nasi yang dimasak akan lebih sehat dan juga enak. 

✔️Aduk nasi sesudah matang
Kalau zaman dulu dan urang sunda bilangnya "ngakeul", penting loh ngakeul alias ngaduk nasi sesudah matang. Gak usah lama - lama, cukup lima menit saja setelah matang, ini dilakukan supaya nasi engga cepat basi dan ga mudah kering. Nasi akan lebih tahan lama juga. 

Juga akan mengeluarkan air yang terjebak atau tertangkap diantara butiran nasi yang kemudian memudahkan proses penguapan air. 

✔️Jangan mencolok Rice Cooker 
Ini kesalahan saya loh sebelum saya tau, hehe. Ternyata mencolok Rice Cooker terus - menerus itu bisa membuat nasi menjadi cepat basi dan juga nasi jadi cepat kering. Jadinya nutrisi pada nasi lama - lama akan hilang. Jadi biar nasi tetap terjaga sehatnya, temen - temen cukup hangatkan nasi selama 30menit saja sebelum makan jika memang mau nasi hangat. 

Itulah gengs, beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan ketika memasak nasi supaya tetap bisa jaga nasi sehat. Kalau nasinya enak dan sehat, makan sama apa aja nikmat kan gaes, betul?


Beli Rice Cooker COSMOS HARMOND nya dimana Tian? 

Sampai lupa gengs, buat temen - temen yang penasaran dan ingin beli juga nih Rice Cooker  Cosmos andalan saya, COSMOS HARMOND CRJ 6288 temen - temen bisa membelinya di toko elektronik terdekat, di Supermarket juga ada. Bahkan dibeberapa marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan BliBli juga ada loh, langsung aja cus ke COSMOS OFFICIAL STORE

Selamat memasak nasi sehat untuk keluarga, jangan lupa selalu gunakan peralatan yang berkulitas ya gengs, seperti COSMOS HARMOND CRJ 6288 dan Sarana Penyimpanan Beras Cosmos 007- Pundi. 






With love,
TIAN LUSTIANA 










You Might Also Like

70 Comments

  1. euleuh berarti sehat banget ya teh nasi yang dimasak pakai rice cooker ini, btw aku naksir wadah berasnya teh XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seneng ci soalnya jadi bisa menyajikan nasi yang lebih sehat

      Hapus
  2. aku juga pake rice cooker dari cosmos ini donk teeeh, soalnya enakeun ya anti gores dan ga terlalu lengket juga kaya yang lain, aku tinggal beli yang tempat berasnya uy belum punya, hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan dong kita Dem, kuy beli Dem biar beras lebih sehat juga disimpan pada sarana penyimpanan beras.

      Hapus
  3. Sama banget mom aku juga pakai rice cooker Cosmos ini soalnya emang kece dan keren deh pokonyaa.aku warna hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata banyak pecinta Cosmos yaaa,

      Hapus
  4. keren rice cooker cosmos beneran anti gores ya, jadi lebih aman dan sehat yaaa kalau dipakai masak nasi. Jadi lebih awet juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya beneran anti gores sudah terbukti soalnya kak.

      Hapus
    2. iyah saya lihat videonya jg yg digores2 tapi tetap mulus. Jd pengen beli buat gantikan magic com di rumah yg udah gak maksimal kerjanya. Mana warnanya cosmos ini saya sukaaaa banget

      Hapus
    3. Iyaaa aku juga tergiur dgn tampilan dan spesifikasi produk Cosmos.
      Buat hadiah keren ugha euyy

      Hapus
  5. Ihhhh samaan dong hihi dirumahku juga pake ini mbak... Bener2 nasinya ttep enak nih walu dibesokin. Gakaya dulu suka gampang basi :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang idaman nih Cosmos Harmond yah kak.

      Hapus
  6. Bener banget mba aku juga simpen nasi di dalem toples biasa gitu, jadi gampang kutuan šŸ˜‚ baru tau juga cosmos punya tempen nyimpen nasi nya juga, lucu ih pengen beli jadinya.

    BalasHapus
  7. Sekarang ini ga cuma anti lenfket yg bagus, tp juga harus anti gores biar sehat ya. Aku jg baru tahu kalo sicolok teeus2an malah bikin basi dan kering ya šŸ˜”

    BalasHapus
  8. Aku juga pake Cosmos Harmond juga lo mbak. Bagus nih teknologi Harmond. Bikin nasi tetap sehat

    BalasHapus
  9. Ntaps bangetlah anti gores gini. Pas pisan rice cooker di rumah udah saatnya pensiun, eh ini cosmos juga lho teh yanh di rumah. Emang Cosmos ini brand favorite. Ibu aku seneng pisan kalau dibeliin ini pasti hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara baca ini, aku beneran mau beli rice cookernya teh. Warna ijonya kece banget.

      Hapus
  10. Beneer banget mbak kelamaan nyolok si nasi jadi cepet basi, asik mantap bener mah cosmos anti gores gini awet ntar bakalan

    BalasHapus
  11. Cosmos memang terpercaya yaa Teh, keluargaku pun banyak yang pake rice cooker dari Cosmos ini hihi

    BalasHapus
  12. Aku juga punyaa tapi yang merah hehehe. Emang enak dan kapasitasnya besar, jadi bisa masak kalau mertua dan adik ipar lagi nginep dirumah. Aman dan sehat pula yaa nasinya :)

    BalasHapus
  13. Kalo dicolok terus jadi kuning juga ya nasinya, jadi sebaiknya dihangatkan mendekato waktu makan ya mba.

    BalasHapus
  14. Aku di rumah pake cosmos juga teh. Tapi bukan yang gini sih. Kayaknya hatus beli seri ini biar nasi gak cepet basi. Soalnya emang udah harus diganti nih.

    BalasHapus
  15. Di rumah aku juga sekarang nggak colok rice cooker terus menerus nih, sesekali aja dan emang terbukti nasinya jadi lebih awet.

    BalasHapus
  16. Bener juga ya mba, kalau rice cooker nancep terus tuh nasi jadi cepat hilang kandungan gizinya. Plus cepet bau juga. Mau nerapin tips yang ini, thanks mbaaaa

    BalasHapus
  17. Keren banget deh Cosmos Harmond ini. Punyaku udah 9 tahun masih bekerja dengan baik. Dan iya, antigoresnya gak rusak2. Bikin tenang karena aman ke makanan.

    BalasHapus
  18. Aku sejak lama gak pernah terbiasa nyolok rice cooker terlalu lama mabk,soalnya biasanya bikin nasi kering. Jd kalu mau makan aja dicolokinnya.

    Wah rice cookernya bagus yaaa. Ternyata lbh bagus yg antigores ketimbang anti lengket doank ya

    BalasHapus
  19. Aku juga pakai rice cooker Cosmos ini mba. Andalan banget dan juga beneran nggak mudah tergores mba :)

    BalasHapus
  20. Baru tau aku mba, ternyata penanak nasi anti lengket mengandung pfoa.. bahaya sekali ya mba.. nabung penyakit berarti, hiiii

    BalasHapus
  21. Inilah yang membuat hidup kita jadi bahagia apalagi pas puasa masak pas sahur jadi lebih mudah dan cepat.

    Biasanya mpo nyolok nasi duluan sebelum memasak lauk. Jadi pas nasi matang, lauk matang, tinghal makan deh

    BalasHapus
  22. Pas lagi nyari rice cooker kok ya pas baca review ini. Insya Allah akan beli merek ini karena memang sudah jaminan kualitas dan dari dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, pas banget nih rice cookerku udah mulai godain aja nih. Nasi di dalamnya kok perasaan cepet bau, padahal udah pake teknik diaduk setelah matang dan enggak nancep terus gitu.

      Hapus
  23. Kalau ada anti goresnya tenang hati jadinya. Lebih sehat nasi buat keluarga pastinya. Dan warna tempat beras dan rice cookernya kalem, pas buat di dapur nih

    BalasHapus
  24. Rice Cooker Cosmos terbaru bikin nasi awet smp besok dan panci nya anti gores ya mom.

    BalasHapus
  25. Wah rice cooker nya bagus, ada pegangannya jadi ga kepanasan ya kalo ngangkat pas udah masak

    BalasHapus
  26. Aku yang masih nyolokin rice cooker selama ini baru tau kalau itu bikin nutrisi dalam nasi hilang.
    Beralih ke Cosmos selain bikin nasi enak juga bikin sehat.

    BalasHapus
  27. Aku juga di rumah pake rice cooker plus tempat penyimpanan beras cosmos. Pokoknya suka banget deh sama cosmos.

    BalasHapus
  28. Indonesia sangat ya. Sebagai makanan pokok, kehadiran nasi yang pulen dan sehat tentu jadi idaman

    BalasHapus
  29. Baru tahu nih kalau nasi setelah matang diaduk-aduk dulu biar nggak cepat basi. Ntar coba ah di rumah

    BalasHapus
  30. katanya... katanya loh ya, memang sebaiknya abis masak nasi di rice cooker ya ditaruh di Tupperware atau yang tempat makan dari bambu

    BalasHapus
  31. Merk Cosmos memang sudah teruji dan dipercaya sebagai merk penanak nasi ya mbak. Kalau ingat beras...ya ingat cosmos. Ingat masak ya ingat cosmos. Hihihi..

    BalasHapus
  32. Produk Cosmos Emang tidak lagi diragukan dalam hal kesehatan juga produknya sangat awet saya juga pakai produk dari Cosmos

    BalasHapus
  33. Sama teh, sejak dulu udah pakai rice cookernya udah pakai cosmos.. Kalau punya saya 9 tahun, masih bagus, tapi udah banyak kerak di pinggirnya... Jadi pengen beli cosmos harmond, cek shopee ah...

    BalasHapus
  34. kita kadang suka lupa ya bahwa kebutuhan utama kita itu NASI PUTIH dan nasi nasi lainnya

    kita perlakukan rice cooker dengan seadanya aja, padahal di balik itu semuaaaaa Masya Allaaah

    BalasHapus
  35. Ini rice cooker cosmos keluaran varu ya Mbak? Bagus banget ya , makin canggih pula karena anti gores. Saya juga selama ini pakenya rice cooker merk cosmos tapi keluaran lama. Jadi tertarik pengen punya rice cooker ini juga.

    BalasHapus
  36. Tempat berasnya paling menarik. Ukurannya gak besar. Jadi gak makan banyak tempat

    BalasHapus
  37. udah bilang ke suami, kalau kami mesti ganti rice cooker. dan saya naksir cosmos yang ini, cobaaaa... semoga dibeliin suami, hihi

    BalasHapus
  38. Mba Tian kok sama kayak aku suka juga pakai rice cooker Cosmosnd Harmond ini. Anakku aja ampe bilang kalau nasinya kerasa lebih enak dan sehat :)

    BalasHapus
  39. Mantep nih. Cosmos memang udah terkenal banget kadang malah aku nyebut rice coocker jadi cosmos. WkwkšŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

    BalasHapus
  40. Wah ada ricecooker warna biru, jarang2 nih. Pecinta warna biru kaya aku langsung antusias. Mana produknya bagus juga buat kesehatan

    BalasHapus
  41. Aku juga pake rice cooker cosmos..
    Emang bikin kualitas nasi selalu terjaga y

    BalasHapus
  42. Aku juga di rumah menggunakan produknya Cosmos namun beda tipe, alasannya karena ini lebih kecil dan cocok untuk kami bertiga di rumah. Malahan ini baru tau kalau Cosmos juga punya tempat penyimpan berasnya, jadi pengen ganti yang di rumah deh.

    BalasHapus
  43. Kalau anti gores begini jadi aman ya Mbak nggak ada material atau partikel anti lengket yang terkikis kalau masak nasi atau lainnya di rice cooker.

    BalasHapus
  44. Akupun dirumah pakai cosmos sdh lama mba Nasi enak dn gak cepet basi dah gitu lapisan hormond nya yg bikin Aman dn sehat awet lagi

    BalasHapus
  45. aku di rumah pake cosmos juga mba... dan sampe hari ini alhamdulillah puas. Soalnya aku pernah pake merk lain, tapi jadinya nasinya ga awet..masak pagi, sore gitu baunya sudah kayak basi...

    BalasHapus
  46. Wah, saya juga sependapat mb...nasi enak dan pulen tu bikin makan enak dengan lauk apapun. Wah, teknologi cosmos ini keren ya. Bisa membuat nasi masak sempurna dan enak rasanya..tfs mb...

    BalasHapus
  47. Udah lama sih mbak aku terapkan gak nyolokin rice cookmer terus menerus karena biasanya bikin nasi kering dan terlalu panas. Biasanya kalau pas mau makan baru aku colokin lagi. Wah pecinta Cosmos ya bisa punya sepaket RC dan tempat berasnya hehe

    BalasHapus
  48. Aku sudah coba ini n beneran anti goress. Bagus emang si Cosmos. Kemarin beli jg pas promoo

    BalasHapus
  49. Beneran ternyata rasanyaaa enakkk masak nasi pakai ini ya mak. Biasanya nasi2 lengket sana sini. Ini amannnn

    BalasHapus
  50. Ooh jadi kayak gini ya penampakannya rice cooker Harmond-nya Cosmos itu. Asyik ya kalau panci rice cookernya anti gores, kita jadi nggak kuatir nelan nasi bekas material pabrik dong, wkkwwkwk..

    BalasHapus
  51. Iya niih.. kalau lapisan teflon mudah ngelupas ngeri yaa.. takutnya kemakan dengan nasi.. iiih. Unrung ada cosmos harmond ya. Jadi biaa kasih solusinya kalau rice cooker perlu diganti.. xixixi

    BalasHapus
  52. Saya juga punya prinsip, apapun lauknya yang penting nasinya harus pulen dan enak. Berkat rice cooker cosmos kita bisa lebih mudah menyediakan nasi pulen dan sehat ya, Teh

    BalasHapus
  53. Berarti selama ini yaa...
    Aku dari dulu paling abai masalah panci rice cooker, teh...aku pikir kalau lengket itu yha...memang karena anti-lengketnya uda terkelupas.
    Ternyata berbahaya yaa..
    Cosmos memberikan yang terbaik dari setiap produknya.

    BalasHapus
  54. Sistem FIFO alias First In First Out ini emang harus ada sih Mak. Tujuannya jelas biar hasil olahannya tetep fresh dan aman buat dikonsumi :D

    BalasHapus
  55. Aku setia pakai cosmos di rumah. Emang awet sih. Kalau paai COSMOS HARMOND kayaknya lebih enak lagi ya. Inerpan anti gores. Cakep banget nih. Makasih tipsnya ya mbak. Kayaknya aku aku harus ngaduk nasi setelah matang nih biar nasi nggka kering. Sering lupa kalau yang satu nih.

    BalasHapus
  56. Iya bener tuh Teh Tian, kalau nasinya enak dengan lauk apapun nikmat aja makannya. Bisa lahap bahkan nambah ya

    BalasHapus
  57. Kagum aku tuh ama teknologi Harmond nya. Padahal usah kucoba gosik pake kawat besi jg. Ternyata pancinya masi ttp mulux. Yakin deh kalau masak pakai rice cooker cosmos pasti makin sehat deh

    BalasHapus
  58. Ih tau aja deh klo rice cooker aku di rumah udah saatnya diganti karena udah terkelupas lapisannya. Kamu bisa baca isi pikiran aku yaa... hihi

    BalasHapus
  59. Beneran anti gores ini yah? Langsung kepikiran ganti cosmos ah, bolak balik nih ganti ricecooker kan eh masalahnya panci selalu ke gores, nasinya jadi lengkeet deh

    BalasHapus
  60. iya dulu akunya mikir kalo nasi yang penting enak dan pulen
    sekarang baru yang paling penting itu sehat

    BalasHapus
  61. Aku juga pakai rice cooker cosmos. Memang sangat awet dan tahan lama. Selain itu gak gampang tergores.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut