Pengalaman Buka KB IUD Setelah 2 Tahun Kadaluarsa

Bismillah, 

Alhamdulillah,akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka KB IUD (Intra Uterine Device). Padahal ini harusnya dibuka sejak 2 tahun lalu. Jadi memang sudah kadaluarsa selama 2 tahun. Ada efek sampingnya ke badan gak selama kadaluarsa ? Kurang tau, sejauh ini sih ga ada efek negatif apapun. Alhamdulillah. Hanya saja kalau lepas haid sering spotting saja dan kalau kecape an juga suka langsung spotting atau timbul flek, meskipun diluar masa haid.


Apa saja tuh efek samping dari pemakaian IUD yang selama 11 tahun saya rasakan? Baiklah, dalam postingan kali ini saya bakalan share pengalaman saya selama menggunakan IUD.


Jenis IUD yang saya gunakan itu jenis copper - T , bentuknya kayak huruf T gitu dengan lilitan tembaga pada bagian horizontal atau vertikel lengan T nya dan copper - T ini ditempatkan pada myometrium pada fundus uteri. Efek samping yang terasa banget sih adalah volume darah ketika haid itu lebih banyak dibandingkan ketika dulu saya ga pakai KB IUD ini. Terus bukan hanya itu, siklus menstruasi saya pun menjadi tidak teratur dan panjang plus sering menstrual spotting atau pendarahan diluar siklus haid.


BACA JUGA :

2. Bahaya kah IUD yang sudah kadaluarsa ? 

Jadi, karena terus menerus merasakan spotting dan kalau membawa beban berat juga langsung keluar flek maka beberapa hari lalu saya langsung memutuskan untuk membuka KB IUD ini. Entahlah ini kepikiran begitu saja, padahal selama 11 tahun ini saya ga merasa gimana - gimana loh dengan adanya menstrual spotting atau efek samping lainnya. Namun entah apa yang merasuki, tiba - tiba saja saya ingin membuka dengan alasan flek.

Ilustrasi ini saya ambil dari web wikihow

Maka, pulang kerja saya langsung bersih - bersih dan langsung ke rumah bu Bidan yang kebetulan dekat dengan rumah. Ya dong harus bersih - bersih dulu dan ganti celana dalam, hehe jadi pas diperiksa bersih, kan ga kotor dan bau amis, hehe. Apalagi sedang ada spotting atau flek. Entah datang darimana keberanian ini, padahal seharusnya saya lepas KB ini dua tahun lalu, tapi perasaan takut terus membayangi.  Rasanya takut dan malu menjadi satu, haha. Beda ya kalau pas mau lahiran sih ga kepikiran malu, buka - bukaan vagina aja ga ada malu mulai dari periksa bukaan 1 sampe 10 aja santai ga kepikiran malu, lah ini mau buka KB mikirnya harus 2 tahun karena malu dan takut, haha.
Ilustrasi ini saya ambil dari web wikihow

Tapi hari itu keberanian saya kembali, saya ga takut makanya langsung saja ke bidan. Setelah sampai sana saya langsung bilang mau buka KB. Bu BIdan dengan senang hati menyambut, karena beliau paham kalau KB saya sudah kadaluarsa selama 2 tahun kurang.

Setelah selesai persiapan, saya dipersilakan untuk masuk ruang bersalin untuk buka KB IUD Copper-T nya. Duh ketika masuk saya mencium aroma lahiran 11 tahun lalu dong, begitu saya naik ke ranjang periksa, perasaan takut dan malu kembali merajai, duh saya ga mau ah. Saya bilang ke bu Bidan, ah ga jadi bukanya, malu. Wkwkw, bu Bidan tersenyum dan bilang ayo ga akan lama kok, ga sakit juga, masih sakitan melahirkan dulu atuh. Akhirnya saya pun bersedia, dengan ketegangan dan rasa malu. Suer gaes saya malu banget, kebayang dong bagian intim kita alias vagina diobok - obok gitu, kan malu. Duh rasanya saya gimana gitu, kok beda yah dulu pas lahiran ga mikirin deh rasa malu.

Ilustrasi ini saya ambil dari web wikihow
Ternyata gak sampe 10 menit kali, sudah selesai dan Bu Bidan memperlihatkan Copper-T yang selama 11 tahun bersemayam dalam tubuh saya ini dan menawarkan apakah IUD nya akan dibawa pulang, entahlah saya refleks saja bilang Tidak. Padahal biasanya saya paling seneng dibawa pulang dan difoto dulu, karena merasa malu dan takut menjadi satu plus ada rasa sakit pas dibuka tadi jadi saya langsung bilang engga ah simpan disini aja sama ibu Bidan, haha. Padahal lumayan buat foto postingan ini ya gaes.

Ilustrasi ini saya ambil dari web wikihow
Alhamdulillah, sekarang saya sudah tidak KB lagi. Apakah saya akan pasang KB lagi atau hamil lagi? Itu terserah Allah , saya serahkan semuanya pada Allah saja, kalau hamil lagi ya alhamdulillah semoga diberikan kelancaran dan jika memang harus punya anak satu aja pun gapapa, alhamdulillah semua ini pasti sudah menjadi yang terbaik untuk saya.


Oiya, biaya untuk buka IUD ini 150ribu saja, murah kan gaes? Memang Bu BIdan Tini ini baik dan harganya ga pernah mahal termasuk kalau mau lahiran juga. Bu Bidan nya sudah senior dan sangat ramah, terimakasih bu Bidan semoga Ibu selalu sehat yah.

Setelah dibuka KB IUD ini ada flek lagi selama 3 hari nih, dan setelah nya ga ada masalah. Ga ada masalah sakit atau infeksi, alhamdulillah.

Adakah temen - temen yang punya pengalaman buka KB juga ? Sharing yuk!



With Love,


TIAN LUSTIANA

36 komentar:

  1. Huwaaaa baca ginian ngilu banget, tapi memang harus mengedukasi diri bahkan sejak sebelum menikah.

    Ibunya temanku ada yang nggak buka IUD lebih dari 25 th, setelah dibuka baru tau kalau beliau kena kanker serviks. :')
    denger ceritanya bikin mau nangis, betapa kita harus memperhatikan organ tubuh kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh ngeri juga yah kalau sampe 25 tahun gitu, hiks. Iya bener kita tuh wajib banget memperhatikan organ tubuh sendiri.

      Hapus
  2. Belum berani pakai iud, pakai impan aja yang 3 tahunan. Makasih mba udh share pengalaman, minimal jadi kebayang gimananya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai implan malah saya belum berani, hehe. Serem juga yah sebenernya mau IUD atau implan kalau ga rajin cek hehe. Thanks sudah mampir.

      Hapus
  3. Enggak punya pengalaman dan justru jadi bisa tahu gambarannya dari sini, terima kasih sudah berbagi ya, Mba. Meski sudah lewat beberapa waktu alhamdulillah tetap aman ya kondisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah masih aman, hehe. Thanks sudah berkunjung

      Hapus
  4. Aku jadi ngebayangin mbaa haha kayak Pas diperiksa pembukaan aku paling ga nyamann. Ngilu gitu. semoga yang terbaik yaa mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kayak pas diperiksa pembukaan hehe

      Hapus
  5. Sama nih, mau pasang IUD Masih Maju mundur, takut saya. Beberapa Ada yg Cocok Ada juga yg pendarahan jd Masih memgumpulkan keneranian. Sakit yah Mam? Ntar jawabnya lebih sakit melahirkan , hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sakit sih hanya ngilu dan malu wkwkkw

      Hapus
  6. teh aku maju mundur syantiek mau pasang IUD entah kenapa ngeri aja dengerin cerita yang beredar hahahaha eh ternyata yah lepasinnya juga butuh kekuatan wkwkkw untung ga jadi pulang teh kalau ga Bidannya langsung nyanyi entah apa yang merasukimu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya kebayang nya mun langsung pulang huhuhuh, bari joged nyanyi na teh

      Hapus
  7. makasi sharing tentang hal ini mbak.. aku jadi tau dan punya bayangan gimana setelah pasang KB.. mudah2an aku ga malu dan takut jadinya gak sampe kadaluarsa itu si alat KB di dalam perut. Serem juga bayanginnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya serem memang kalau dibayangkan, hihi.

      Hapus
  8. Kok aku ngilu selama baca ya mbak? Hahaha.. Aku malah belum kepikiran buat pasang IUD. Masih maju mundur aja gitu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus pas banget mikirnya baru bisa IUD biar ga kerasa sakitnya hehe

      Hapus
  9. Wah jadi pelajaran nih Mba ternyata gitu ya buka KB IUD. Saya sendiri enggak KB. Suami sih lebih gak setuju KB. Jadi alami aja dulu hehe. Enggak tahu kalau nanti, wkwk.

    BalasHapus
  10. Aku baru menikah 2 tahun dan belum berani pakai IUD karena serem liat cocor bebeknya Mba.. Huaa itu gimana coba rasanya pas dimasukin, takut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas dimasukinnya sih ga kerasa, yang kerasa pas dibuka wkwkw

      Hapus
  11. Saya ga ada pengalaman Teh. Sampai sekarang ga pakai alat kontrasepsi apapun. Baca artikel pengalaman Teteh jadi nambah wawasan juga nih. Terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama teh nuhun sudah berkenan membaca

      Hapus
  12. Ngiluuu banget bacanya mbak. Huhu. Alhamdulillah nggak ada masalah ya. Selama ini sy hanya pernah pakai pil dan efeknya nggak pernah haid dua tahun.. Akhirnya sekarang nggak berani pakai kontraspesi apa2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ga ada masalah sejauh ini hehe. Oh pengaruh kontrasepsi beda2 yah sama setiap orangnya.

      Hapus
  13. Daku nyes banget bacanya, antara pengen paham tapi ya gimana memang belum mengerti. Cuma diambil ibrahnya aja jadi dapat ilmu dari sini.

    BalasHapus
  14. Haduh aku ngilu sendiri bacanya teh, takut aja ngebayanginnya juga. Tapi artikelnya memang mengedukasi sih teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, takut ya wajar saya aja awalnya takut wkwkw

      Hapus
  15. Aku kok agak geli + ngilu ya mbak bacanya😂. Bisa banget buat edukasi ini, tapi udah ada rencana sih kalo udah nikah gak pake KB. Tapi ya lebih bagus kalo tau begini. Thank you for sharing mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apapun pilihannya pastinya itu yang terbaik yah

      Hapus
  16. Terakhir kali kakai kb iud sebelum hamil anak kedua. Entah, IUD enggak cucok buat aku. Haid jadi lama dan banjir-banjir soalnya. Bete banget kalau pas bulan ramadhan, hahaha.sekarang fix pakai kondom aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya memang pas ketika haid banyak banget.

      Hapus
  17. Waduuh bacanyaa bikin ngeri mbak, hehee
    Apalah daya yang belum menikah begini, hehee. Cukup buat pembelajaran nantinya ya mbak. Makasih udah berbagi, mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe memang agak ngeri apalagi kalau belum merasakan

      Hapus
  18. baru dengar IUD saja saya sdh merinding, apalagi kalau pakai IUD ya? Alhamdulillah saya tdk pakai kontrasepsi, karena masih promil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya aja sama kok merinding wkwk. Mudah2an secepatnya diberikan momongan ya mbak, sukses promil nya.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.