Bahaya kah IUD Yang Sudah Kadaluarsa

14.40.00

Assalamualaikum, 

Lepas KB jangan yah? 

Jujur, saya tuh galau banget gaes. Mau lepas KB tapi takut, haha. Duh kebayang ngilu banget kali yah pas dilepasin KB nya. Dulu sih pas masangnya kan pas abis lahiran tuh, jadi kan masih bengkak dan ga kerasa juga sih dipasangnya. 




Tapi sekarang pas saya mau lepas KB kok saya merasa takut. Beneran takutnya tuh bener - bener takut, jadi pas mau ke Bidan nya lemes haha, duh gimana ini. Kan dulu tuh saya pasang buat yang 10 tahun, ternyata gaes ga ada yang 10 tahun adanya tuh untuk 8 tahun. Saya kaget dong, ternyata KB yang saya pakai ini sudah kadaluarsa selama DUA TAHUN, jleb. Padahal perasaan dulu saya minta KB yang 10 tahun deh, wkwkkw. 


Saya pun langsung konsultasi sama Bu Bidan nya, FYI ya gaes bu Bidan ini yang dulu nolong saya melahirkan neng Marwah dan Bu Bidan ini juga yang menolong mamah melahirkan puluhan tahun silam, alhamdulilah masih sehat ya Bu Bidan. 

Jadi, saya tuh nanya - nanya apa ada efek sampingnya nih jika KB saya nih kadaluarsa dan apa saja efek sampingnya. Bu Bidan pun menjelaskan secara detail. Dan ternyata beberapa hal yang dipaparkan bu Bidan seputar kadaluarsa KB ini pernah saya alami, huhuh kan jadi makiin takut. 

Masalah Menstruasi 

Masalah menstruasi ini adalah salah satu efek samping yang kata bu Bidan paling umum terjadi karena penggunaan alat kontrasepsi adalah gangguan menstruasi. Jadwal menstruasi yang tidak teratur, kadang disertai kram dan sakit perut yang terjadi selama masa menstruasi. Ini terjadi banget pada saya, jadwal menstruasi saya sama sekali ga teratur, kadang 21 hari kadang 28 hari bahkan pernah sampai 34 hari, huuhuh. Dan suka sakit perut juga meski kram ga dahsyat banget. 

Masalah Hormonal 

Alat kontrasepsi yang saya gunakan itu ternyata kalau kadaluarsa bisa juga menyebabkan efek samping hormonal, seperti mual, perubahan suasana hati, sering sakit kepala, jerawatan dan nyeri pada payudara. Gejala - gejala ini hilang timbul. Kayaknya masalah hormonal ini pun sering saya alami deh, dari setahun yang lalu tuh sering banget mual, moody dan sering banget sakit kepala, hhuhuh.

Dan efek samping lainnya yang lumayan bikin bergidik. Bahkan ada yang sampai mengalami pendarahan hebat loh, uh jadi syerem!

Dan sekarang saya sedang menguatkan diri untuk memberanikan diri melepaskan KB, doakan ya teman - teman mudah - mudahan saya bisa secepatnya melepaskan KB nya, aamiin .


Ada juga yang mengalami ketakutan atau males pas mau lepas KB? Sharing yuk!



            Wassalam,

            Tian lustiana 






You Might Also Like

36 komentar

  1. Serem ya mba sampai kadaluarsa gt, smoga tidak kenapa2 dan berani saat lepas iud. Btw lepas dan saat pasang iud sakit gak sih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih
      Pas pasang sih ga kerasa krn dl abis lahiran kali yah

      Hapus
  2. Sama Tian, saya setengah hati mau ke dokter. Harusnya tahun lalu diganti, tapi ntar2 aja. Ngilu duluan ngebayanginnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kan sama teh, ngilu ngebayanginnya juga kan

      Hapus
  3. Duh, serem ya ternyata. Terus gimana, sudah diambilkah IUD-nya?

    BalasHapus
  4. Akuu! Aku takuuut huhuhu... Dipasang sejak si bungsu lahiran caesar, dan berlaku untuk 8 tahun.. sekarang anaknya dan 7 tahun lebih, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kaaan bukan saya aja yang takut wkwkwkww

      Hapus
  5. Cepet diganti atuh, tian. Bisi kenapa2 tambah parah. Ntar sambil dioprek iud, kamu sambil makan es krim naon kitu hahahaha biar ga kerasa gitu ngilunya eheehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha kuduna sambil ngabakso meureun nya lu meh jonjon

      Hapus
  6. Semangat Teh :) Aku gak sempat lepas IUD malah udah jebol duluan, hehe. Jadi pas hamil yang ketiga ini aku masih ada IUD-nya di dalam.

    BalasHapus
  7. Duh jadi ngilu juga kalau gini ceritanya ya. Segerakan ya Tian biar lancar terutama pusing kepala itu. Jangan di buat berlarut larut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih yaaa mbak Gita, mudah2an nih ada keberanian hihi

      Hapus
  8. Sejak melahirkan Fathan nggak di KB, lalu melahirkan Fakhira juga nggak KB karena takut sama efek sampingnya, heuuu..dan baca artikel ini jaid ikutan ngilu

    BalasHapus
  9. Semoga baik baik aja ya mba ...setau sy sii ga seserem itu , semoga ya

    BalasHapus
  10. Saya agak takut atau gimana gitu teh klo di KB makanya ngga pernah KB tapi ya berencana juga sih klo punya anak lagi apalagi klo baca kisah teteh tentang Neng Marwah, anak itu gakan kesepian kok 🙃

    BalasHapus
  11. Ish serem juga ya IUD, makanya aku pilih suntik aja ka.. karena aku ngga berani IUD sebenarnya, suntik bagiku lebih ngga banyak efek sampingnya

    BalasHapus
  12. Sedikit takut mba.. tapi harus gimana lagi klo dh waktunya hrs ganti.. dibawa santai aja mba

    BalasHapus
  13. Aku kira KB itu nggak punya kadaluarsa teh, sumpah bayangin ngelepasnya ngilu. Tapi kalau emang harus lepas karena kadaluarsa, semoga dilancarkan prosesnya ya teh 🙏

    BalasHapus
  14. Daku belum paham soal ini mbak.. He He. Tapi makasih sharingnya, jadi tambah pengetahuan

    BalasHapus
  15. Ho pengaruhnya ke hormon ya teh? Mudah2an segera bisa lepas iud nya ya..insyaAllah lancar apalagi sm bu bidan langganan yg udh terpercaya puluhan tahun

    BalasHapus
  16. Wah, bahaya juga kalau sampe lupa bertahun2 gitu ya. Smoga skrg sudah dilepas ya kb nya.

    BalasHapus
  17. Mudah-mudahan gak kenapa-kenapa mba, tapi sebaiknya segera dilepas

    BalasHapus
  18. Mudah mudahan baik baik aja ya, teh.. pengen tau ceritanya nanti pasca dilepas iud nya teh.. semangat teh..

    BalasHapus
  19. Oh begitu to suka duka menggunakan KB..terima kasih atas informasinya sebagai referensi tambahan dalam hidup berkeluarga

    BalasHapus
  20. Memang banyak sih ibu-ibu yang malas melakukan kontrol kontrasepsi ya, entah apa alasannya.
    Padahal jika kedaluarsa membahayakan

    BalasHapus
  21. Buat cewek, syerem juga ya. Cuma kalau nggak ada jalan lain supaya terhindar daeri efek samping yang bisa timbul, lebih baik cepat dilakukan. Supaya nen Marwah bisa cepat punya adik. Salam,

    BalasHapus
  22. Huhuhu... aku. Aku ketakutan banget. Belom jadi aja nih dilepas. Padahal udah beberapa bulan lewat. HUhuhu... semoga Sabtu besok deh. Aku juga ngalamin menstruasi bermasalah nih. Ihiks...

    BalasHapus
  23. bacanya kok jadi ngilu juga ya. klo misalkan sudah waktunya ganti ya mesti ganti jangan sampai kadarluasa malah jadi penyakit lagi

    BalasHapus
  24. Semoga lancar teh ;)
    Proses lepas ga selama dipasang...

    BalasHapus
  25. Aku sampe sekarang malah ga berani KB Mbak... Bawaannya takut Mulu, jadinya cuma KB kalender aja buat ngasih jarak...

    BalasHapus
  26. waduh, aku baru tau ada yang beginian ya kalau KB. Mudah2an semua ibu di dunia ini dikaruniai keseterongan dan pahala berlimpah amiin

    BalasHapus
  27. kalau dileps saat terakhir mens saat mulut rahim masih terbuka jd lebih gak sakit

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla