Beberapa Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Memilih Domain

September 18, 2019

Bismillah, 

Mana link blognya? 

www.parentian.com 

Itu untuk blog yang khusus parenting, mulai dari pola asuh anak, emosi anak, tips sederhana ala - ala saya aja yang memang saya terapkan dikeseharian saya selama mengasuh neng Marwah yang sekarang sudah 11 tahun. Mudah - mudahan memberikan manfaat yah, aamiin. 


Kalau yang www.happytummyhappymommy.web.id itu yang khusus kuliner, resep masakan, tempat makan enak di Bandung dan kota - kota yang pernah saya kunjungi dan seputar makanan lainnya. 

Ya, saya tuh memang bedain blog lifestyle yang campur - campur ini sama blog tentang parenting, ya ga parenting banget sih sebenernya itu hanya curhatan saya aja seputar pengasuhan neng Marwah. Nah kalau yang happytummy itu emang khusus blog makanan dan kuliner plus resep sederhana aja ala - ala saya. Dibedain gitu biar rapi aja sih. Sebenernya blog saya banyak, haha tapi yang beli domain cuman tiga itu aja, hehe. Soalnya masih belum konsisten sih, itu aja kadang lupa update, padahal dalam otak ini bejibun banget pengen nulis loh, tapi apa daya pas depan laptop eh malah stalking sosmed dan market place. 

Eh ngomong - ngomong domain nih, ada beberapa temen yang suka nanyain. Gimana sih cara nyari nama buat domain biar gak kepanjangan gitu dan biar selalu diinget. Hmmm sebenernya saya sih ga ada tips khusus juga buat nyari nama domain, tapi memang kalau nama domain itu harus yang gampang diinget dan ejaannya juga harus diperhatikan. 



Berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing sama beberapa temen nih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari atau memilih nama domain, diantaranya adalah : 

Nama domain harus memberikan kesan
Ya, menurut saya nama domain tuh harus berkesan. Domain itu harus gampang diingat dan harus diingat. jadi memang harus memberikan kesan sama orang, jadi memudahkan orang mau mampir ke blog kita. Kan ada juga tuh nama blog yang ejaannya susah disebut dan kepanjangan. So, hindari aja kata - kata atau nama - nama yang susah disebutkan yah. Bikin nama domain yang simple namun memberikan kesan mendalam, eciyeh. 

Jangan pilih nama Domain terlalu panjang dan harus yang mudah dieja
Jangan kepanjangan, jadi singkat - singkat ajalah. Soalnya kalau udah panjang dan rumit jadinya orang mau mengingatnya pun susah. Jadinya males kan mereka buat mampir ke blog kita. Nama domain jangan sampai bikin orang sulit mengingatnya, jadi gunakan kata - kata yang memang mudah diingat dan gampang dieja yah gengs, seenggaknya bisa diingat sama sesama blogger atau brand. 

Eksistensi domain yang tepat 
Banyak eksistensi domain, mulai dari .com, .net, .id dan lainnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget, hehe. Budget yang penting sih haha. Jangan sampai tahun selanjutnya domainnya gak diperpanjang karena masalah budget, wkwkw. 

Jangan gunakan simbol pada nama domain 
Sebaiknya jangan gunakan nama simbol itu dengan angka atau simbol soalnya kecenderungan orang kalau ketik nama domain itu langsung aja ga pake simbol atau angka, jadi usahakan yang simple yah. Saya pernah loh ada kenalan dan blognya itu susah banget dieja ada simbol - simbol gitu jadi kalau mau buka  blognya harus nyontek tulisan itu huhuhu, susah kan?


Nama domain sama dengan nama pribadi
Ini sih buat personal branding, biar nama kita lebih femes di jagad maya ini, maka saya lebih seneng menyematkan nama pribadi untuk nama domain saya ini nih : www.tianlustiana.com tadinya blog ini tuh diarypinktian.blogspot.com namun pas ganti domain saya ganti deh dengan nama lengkap, yah biar orang - orang tau gitu.

Itulah gengs beberapa tips sederhana namun insya allah bermanfaat yang bisa temen - temen terapkan sebelum membeli domain. Eh ngomong - ngomong saya mau rekomendasiin juga nih tempat beli domain paling ngehits dan aman langganan saya. Saya tuh sejak dulu, tahun 2011 an sampai sekarang dan sudah ada 3 blog yang ber domain semuanya saya beli di www.qwords.com . kenapa?

  1. Harga domain di Qwords itu bener - bener bersahabat apalagi kalau pas ada promo, bikin mupeng aja deh pokoknya. Makanya jangan mikir lagi cus Beli Domain
  2. Paketnya beragam, ada juga paket hosting dan domain, yang tentu saja lebih murah loh. Kalau gak percaya silakan langsung cek website www.qwords.com saja ya gengs. 
  3. Support nya oke dan cepet banget, ini sih berdasarkan pengalaman pribadi saya yah yang pake Qwords belum pernah alami masalah serius, dan kalau saya kesulitan suka langsung dibantu sama customer service nya yang 24 jam. Asik kan? 

Makanya, kalau temen - temen mau bikin domain jangan kemana - mana yah, carilah yang memang terpercaya jangan yang asal - asalan. Qwords aja deh udah jangan nyari yang lain. Pokoknya urusan beli Domain Murah yah langsung saja ke Qwords yah.

Gimana? udah menyiapkan nama domainnya belum gengs? Kalau udah buruan langsung ceki - ceki di website Qwords yah, jangan sampai nama domain impian temen - temen dibeli orang lain, kan nyesek kalau gitu.

Kalau ada temen - temen yang juga beli domain nya di Qwords, sharing pengalamannya yuk. Bisa langsung komen saja dikolom komentar yah, thanks.


With love,



You Might Also Like

1 Comments

  1. Waah baru tau kalo mba tian punya banyak blog. kereeen :D
    Saya satu aja udah pontang panting rasanya nulis diblog, semoga lancar selalu yaaa :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive