Rabu, 11 September 2019

Masihkah Sibuk Memikirkan Penilaian Orang Lain?

Bismillah, 

Masihkah sibuk mikirin penilaian orang lain tentang kita?

MASIH ?

Buat apa?

Buat nyakitin diri sendiri


Oke, fine. 


Bodoh. 


Iya bodoh aja masih mikirin penilaian orang lain. Buat apa sih? Buat bikin sakit hati aja kan? Ga ada untung lain?  

Ya, saya pernah berada dalam fase BODOH itu. Saya terpaku sama penilaian orang lain tentang diri saya. Saya terlalu memikirkan penilaian orang lain terhadap saya. Padahal ga guna sama sekali, hanya bikin sakit hati saja. 

Eits, tenang. Kebodohan itu perlahan sudah saya skip. Udah saya buang jauh - jauh, sirna semuanya. Kini bismillah saya udah ga peduli lagi sama penilaian manusia, yang saya pedulikan adalah gimana caranya saya menjadi manusia yang lebih baik dan memiliki manfaat untuk semua, termasuk yang membenci saya. 

Sebagai manusia, saya ga bisa loh maksain orang buat SUKA sama saya, sebaliknya saya pun ga bisa maksain orang buat BENCI sama saya. Semua mengalir apa adanya, bebaskeun weh beb! 
Karena setiap otak, setiap kepala, setiap manusia itu dikaruniai pikiran masing - masing. Setiap kepala tuh punya sudut pandang yang berbeda dalam menilai sesuatu hal, paham kan akan itu? Nah kalau paham, kenapa masih rudet dan sibuk mikirin penilaian orang lain sih? Itu salah satu alasan yang bikin hidup ga tenang dan ga bahagia. 

Sekarang. 

Saya sudah ga mau pusingin komentar - komentar orang lain, biarin saja. Karena saya marah pun, saya nangis pun, saya bentak pun, saya jambak sekali pun, MULUT mereka ga akan pernah diam. Jadi selama saya melakukan hal yang benar, tidak ambil hak orang lain dan sudah berbuat baik ya sudah tutup kuping saja dan tekan emosi jangan sampai meledak saja, kalaupun komentar ya percuma yang ada nanti jadi bahan tuduhan baru, ingatlah yang benci akan tetap benci, noted.

Saya sekarang tuh mikirnya  gini, para nabi saja dulu sempurna dan ga ada dosa, cacat sama sekali banyak yang tuduh, banyak yang mencibir dan banyak yang benci. Lah sementara saya, hanya manusia yang ga jauh dari dosa, wajar aja kalau ada yang engga suka, ye kan?

Namun para Nabi tak mempedulikan penilaian manusia, yang terpenting adalah bagaimana penilaian Allah swt atas diri mereka. Seperti kutipan doa Rasulullah saw ketika dilempari di Thoif, sambil membersihkan darah di kakinya, beliau bersabda: 
“Jika Engkau (Allah) tidak marah kepadaku, maka aku tidak peduli dengan apapun”
Ya, jangan terlalu sibuk mikirin penilaian orang lain. Sebaik apapun saya, sesolehah apapun saya, seputih apapun saya maka tetap akan tampak hitam dimata mereka yang membenci. Jadi biarlah yang benci tetap dengan kebenciannya dan yang cinta tetap mencinta nya, saya hanya peduli mencari penilaian Allah Subhanahuwataala yang insya allah sangat bermanfaat untuk hidup saya sekarang dan kelak.

Menurut temen - temen gimana, pantaskah kita memikirkan penilaian orang lain??? Sharing yuk!



With love,





29 komentar

  1. terlalu mikirin penilaian orang lain terhadap diri kita mah malah jadi penyakit hati. Sing bener ya itu, bebaskeuuuunn haha.. orang mau bilang A B C D sampe Z pun gak peduli, yg penting tetep memperbaiki diri dan berusaha semaksimal mungkin buat jadi yg lebih baik dari sebelumnya. semangaaattt !!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu kisanak, hahaha. Jadi yang terbaik adalah memperbaiki diri sendiri yaaa, aamiin. Semangat juga.

      Hapus
  2. penilaian orang lain penting kalau sifatnya membangun mbak, hahah,,, kalau cuma judge kita dari satu sisi buat apa, haha, saya ga mau juga deh berhubungan sama orang toxic begitu.

    yang terbaik memang jadi diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, menjadi diri sendiri yang terbaik. Thanks yah sudah mampir ke blog saya.

      Hapus
  3. Wah iya nih Mbak, sebaiknya jangan terlalu memikirkan orang lain deh. Bikin diri sendiri yang susah nih

    BalasHapus
  4. Namanya juga orang nggak punya kerjaan kali Mbak, bisanya cuma ngomongin orang lain hihi

    BalasHapus
  5. Wah iya nih Mbak jangan sampai sakit hati nih ya gara gara omongan orang lain

    BalasHapus
  6. Terlalu mikirin orang lain itu menghambat diri sendiri.

    Seperti aku, yang malu kalau posting posting content beauty. pasti dikantor di cengin.
    Tapi lama lama kupikir lagi, kalau aku mikirin perkataan orang lain kapan mau maju.

    Akhirnya bismillah, bodoamat sama kata orang lain.

    BalasHapus
  7. Ada kalanya tetap kepikiran, sih.... soalnya kadang kalau kita menilai diri sendiri itu bisa enggak objektif, ya. Pengetahuan dan pengalaman kita juga terbatas. Misalnya kalau ada teman yang mengingatkan kok sekarang jarang ikut sholat jamaah di masjid, atau ada teman yang DM mengingatkan kalau ada hal yang kurang pas secara agama di postingan. Memang, tidak semua perlu dimasukkan hati, sih, ya. Capek sendiri kalau seluruhnya dipikirin hehehe.

    BalasHapus
  8. Duh bener banget mom. People tuh judge a book by its cover jadinya suka2 aja mereka asal ngomong gak mikirin perasaan orang. Kalo aku udah dari dulu masa bodoh sama nyinyiran orang. Mereka kan ga tau yang sebenernya jadi enjoy aja 😉

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dari dulu aku gak pernah peduli apa kata orang. Pemikiranku simple sih, mereka gak menanggung biaya hidupku, kenapa harus aku masukin ke hati segala nyinyiran mereka?. Udah cuma itu aja.
    Namanya orang juga pasti pernah nyinyir, apalagi tetangga. Tergantung sikap kita mau bagaimana. Kalo aku sih, hempaskan

    BalasHapus
  10. Pernah sih terpikirkan omongan orang, cuma ambil yang positifnya buat perubahan diri jadi lebih baik. Kalau yang jelek mah urusan dia bae dah, daku gak mikirin haha

    BalasHapus
  11. Bener banget Mba. Setuju 1000%, hehe. Dulu juga saya sering banget mikirin penilaian orang sampai mengorbankan diri sendiri. Sekarang saya belajar untuk tidak semua orang menyukai kita. Apapun penjelasan kita, hoho. Btw gambarnya oke2. Itu gamar sendiri Mba?

    BalasHapus
  12. Masya allah bener bgt kak, sering bgt malah mikirin penilaian manusia gimana, padahal yg paling penting kan penilaian Allah, tp malah suka lupa dan trs aja mikirin pandangan manusia astagfirullah

    BalasHapus
  13. Orang lain menilai biasanya hanya melihat dari satu sisi saja. MEreka belum tentu paham detail yang sesungguhnya terjadi. Kalau aku belakangan suka di bawa selowww aja, nggak mau ambil pusing sama penilaian orang. Karena insyaallah kita tahu apa yang baik atau tidak.

    BalasHapus
  14. Seharusnya sih komentar orang lain nggak usah dipikirin dan diambil pusing. Tapi kadang gimana ya kok malah otomatis gitu kepikiran apa yang orang lain katakan 😂 Walaupun dalih mereka mengingatkan, sepertinya aku harus belajar lebih lagi buat bener-bener bisa cuekin apa kata orang yang mengakibatkan mental breakdown.

    BalasHapus
  15. Aku juga pernah ada difase ini mbak. Galau karena si A. Marah karena si B. Kecewa karena si C.

    Tapi ya kembali ke diri kita lagi. Mau ngikutin kata hati atau kata orang. Tapi, selagi masukannya bersifat positif, why not?

    BalasHapus
  16. Nah ini Yang Saya harus garis bawahi, bagaimana menjadi manusia yang lebih baik dan memiliki manfaat untuk semua.

    BalasHapus
  17. ga mudah sih teh apalagi yang ngomong ternyata lingkaran terdekat depan aku gimana belakang gimana duh nyeuri hate tapi udah sih aku ge palingan cukup tahu aja udah weh ga akan lagi nanya wkwkwk sebellll kacida nu kitu

    BalasHapus
  18. Kadang aku juga masih disibukkan dengan pikiranku mengenai pendapat orang lain. Dulu lebih parah malahan mbak. Alhamdulillah sekarang nggak terlalu ambil pusing. Kalau ingat masa lalu itu merasa bodoh aja, ngapain buang2 tenaga, emosi, dan waktu buat mikirin penilaian orang lain. huft

    BalasHapus
  19. Yang penting jangan sampe membebani kita. Thanks for sharing mbak..

    BalasHapus
  20. Ini tuh sepertinya masih sering terjadi ya dalam kehidupan kita, bahkan kita sibuk memikirkan apa yang dikatakan orang mengenai diri kita. Sementara kita masih punya waktu untuk terus bahagia bukan?

    BalasHapus
  21. Saya sih ambil positifnya aja Teh. Mau orang ngomong apa, yg penting saya tidak merugikan orang lain. Selain itu saya ambil pelajarannya juga. Sebagai koreksi buat saya pribadi

    BalasHapus
  22. Di mata orang, kita bisa saja selalu kurang, nggak bisa terlihat baik di mata semua orang. Kalau aku, sih, selama aku fine dan itu nggak bertentangan sama agama, hampir selalu masa bodo sama kata orang. Makin menyiksa diri sendiri kalau selalu pedulikan omongan orang. Tapi, seringnya, omongan orang, baik atau buruk, aku jadikan itu adalah hal yang bisa membangun kita jadi lebih kuat. Tergantung kitanya, juga, sih. Hehhe

    BalasHapus
  23. Aku dari kuliah udah cuek mbak sama omongan orang lain. Apalagi orang yang sirik atau ga seneng liat orang lain bahagia. All they do is talk but can't compete againts us. Jadi ya dicuekin aja, anggap aja angin lalu haha

    BalasHapus
  24. aku tuh sebenarnya rada cuek mbak, suka masa bodo amatan sama omongan orang. Tapi ada hal tertentu yang sensitif yang kadang jleb gitu denger omongan orang lain dan bikin mellow. Eh tapi tetep sih ujung2nya cuekin aja lagi hahhha

    BalasHapus
  25. Ya ampun aku juga lagi belajar seeprti ini mbak. Orang lain kadang gak semuanya bener bener paham kondisi diri kita. Ada yang ngomong niatnya baik karena pengen ngasih tahu ada juga yang cuma asal nyeplos melampiaskan hasrat mulutnya asal ngomong. Hehehe. Jadi, kalaupun kita memikirkan apa yang orang lain bilang, pikirkan yg emang tahu tentang kita aja luar dalam. Mungkin aja bisa jadi baham evaluasi diri. Dan emang niatnya baik untuk membantu. Kalau yg ga kenal atau selintas kenal atau mungkin orang suka sewot tapi ga tau juga motifnya apa, say goodbye ajaaaa. Hehehe.

    BalasHapus
  26. Reminder banget ini ka, semoga kita semua stop untuk melakukan penilaian atas orang lain ya.. karena memang kita ngga berhak dan oranglain juga pasti punya alasan masing masing jika kita rasa melakukan hal hal yang tidak sewajarnya

    BalasHapus
  27. Mantap tetehkuu, aku juga sekarang jatuhnya ga musingin apa yg orang-orang katakan sih teh. Lebih k fokus apa yg menjadi tujuan dan target aja gitu

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon