Lakukan Hal Ini Untuk Ampuh Mengatasi Jenuh di Kantor

September 18, 2019

Bismillah, 


Rasa jenuh pasti dialami semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki banyak pekerjaan di kantor. Deadline yang ketat serta porsi bekerja yang lebih membuat kita stres tak karuan. Untuk mengantisipasinya, trik mengatasi jenuh di kantor perlu kita ketahui.



Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, khususnya yang berada di kota besar seperti Jakarta mewajibkan karyawannya untuk berada di kantor sekitar 8 hingga 9 jam dalam sehari. Dengan lama kerja ini, tentu akan menimbulkan efek lelah dan jenuh jika anda harus berkutat di meja kerja terus menerus. Sesekali, anda harus mengatasi jenuh di kantor dengan beberapa cara yang akan kami berikan berikut ini.

Belajar Skill Lain dari Rekan Kerja
Hal termudah untuk mengatasi jenuh di kantor adalah dengan mengobrol dengan rekan kerja. Ini sangat lumrah dan biasa dilakukan karyawan untuk saling membicarakan berbagai hal. Tetapi perlu diingat, sebaiknya tidak melakukan hal negatif di baliknya, seperti bergosip yang tidak perlu.

Sebaliknya, temen - temen  bisa saling berdiskusi soal perkembangan informasi atau berbagai berita yang tengah hangat dibicarakan saat ini. Atau yang lebih baik lagi adalah saling mempelajari skill atau kemampuan satu sama lain. Dengan memahami jobdesk rekan kerja, temen - temen bisa memperluas pengetahuan dan lebih menghargai pekerjaan sesama rekan di kantor.

Luangkan Waktu untuk Hobi
Selain itu, mengatasi jenuh di kantor juga bisa dilakukan dengan meluangkan waktu untuk hobi sendiri. Jam istirahat bisa digunakan sesekali untuk berbagai hobi yang anda sukai. Misalnya hobi menulis, fotografi, membaca buku, dan sebagainya. Menekuni hobi bisa dilakukan dengan cara sederhana di kantor. Jika membutuhkan suasana yang lebih nyaman, tak ada salahnya untuk pergi ke kafe atau restoran terdekat untuk menghabiskan jam istirahat di sana. 



Lakukan Peregangan Sederhana
Bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama di depan komputer membuat tubuh dan mata  akan sangat lelah. Oleh karena itu, lakukan lah peregangan sederhana untuk melancarkan peredaran darah. Jika memang menyukai olahraga, lakukan olahraga kecil seperti naik-turun tangga, atau angkat beban (dalam porsi kecil). Peregangan dan olahraga akan mendorong munculnya hormon endorphin yang penting untuk mengatasi jenuh di kantor. Sebab hormone ini akan memicu rasa bahagia di diri anda.

Usulkan Kegiatan yang Menghibur
Setiap perusahaan yang baik pasti akan mementingkan pula rasa nyaman karyawannya saat bekerja di kantor. Hal ini penting agar karyawan bisa memberikan kinerja maksimalnya untuk perusahaan itu sendiri. Tak ada salahnya untuk mengusulkan kegiatan menghibur yang bisa dihadirkan untuk mengatasi jenuh di kantor kepada tim HRD.


Misalnya dengan menyediakan peralatan permainan meja tenis, billiard, PlayStation, kegiatan senam atau yoga mingguan, dan lain sebagainya. Fasilitas hiburan sudah umum disediakan berbagai kantor saat ini.

Ambil Izin Kerja Remote
Jika temen - temen masih sulit mengatasi jenuh di kantor, mungkin saja ini adalah pertanda bahwa memang membutuhkan suasana baru. Coba lah ajukan izin bekerja di luar kantor, atau biasa disebut dengan sistem remote. Tempat-tempat seperti kafe, coworking space, dan perpustakaan umum bisa temen - temen  jajal sebagai tempat alternative menyelesaikan pekerjaan.

Selain beberapa cara di atas, ada pula sederet solusi mengatasi jenuh di kantor yang bisa dilakukan. 

Yuk, baca info selengkapnya di link artikel berikut ini:



With love, 



You Might Also Like

1 Comments

  1. Setujuu kalo lagi bosen, kadang aku blogwalking supaya nemu insight dari teman blogger lainnya :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive