Inilah 4 Pekerjaan Paling Favorit untuk Jurusan IT Dengan Peluang Gaji Yang Lebih Menjanjikan

September 17, 2019

Bismillah, 

Menempuh pendidikan di khususnya kuliah di perguruan tinggi berkualitas baik, serta memilih jurusan yang tepat tentu saja diidam-idamkan semua orang. Tak hanya mampu menjalaninya dengan baik agar memperoleh ilmu dan nilai yang bagus, para mahasiswa juga ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusannya. Mereka yang berkuliah di jurusan Teknik Informatika (IT) pun pasti mengincar pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT. Betul kan gengs ?

Mengenal Jurusan IT
Jurusan IT adalah jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.


Jurusan IT dikenal sebagai jurusan yang banyak mempelajari pemrograman komputer sebagai perwujudan dari algoritma. Algoritma itu sendiri melibatkan perhitungan matematika dan logika. Sehingga, jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai matematika, tertarik dengan seluk beluk ilmu komputer, serta memiliki karakter yang teliti.

Pekerjaan Paling Favorit untuk Jurusan IT
Mulanya, jurusan IT tidak terlalu menarik para calon mahasiswa karena dinilai sulit dijalani. Serta pekerjaan jurusan IT dianggap tidak memiliki harapan karir yang cemerlang di masa mendatang. Namun, saat ini ada beberapa pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT, dengan gaji yang di atas rata-rata jika dibandingkan dengan jurusan lain.


Tingginya gaji yang diberikan tak lain karena semakin dibutuhkannya sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang IT. Mengingat era digital semakin maju, serta teknologi komputer dan hal yang berkaitan dengannya pun semakin dibutuhkan di semua sektor. Pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT ini bahkan bisa memiliki gaji hingga dua digit (dalam satuan juta Rupiah). Berikut sederet pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT yang bisa anda tekuni.

Application Developer
Sesuai dengan namanya, pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT ini bertugas untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Saat ini, hampir semua perusahaan terkemuka melayani dan berinteraksi dengan konsumennya melalui aplikasi di gadget secara online. Oleh karenanya, pekerjaan ini sangat dibutuhkan. Lulusan jurusan IT yang terampil dalam hal ini akan digaji mulai dari Rp 5,5 juta hingga Rp 10 juta.



Project Management
Staf yang tergabung ke dalam tim project management mengerjakan proyek IT yang sebelumnya direncanakan, dan disepakati pelaksanaannya oleh pihak perusahaan. Tak hanya itu, mereka juga terus mengembangkan, memantau, dan mengevaluasi proyek IT tersebut. Tim ini berfungsi sebagai penghubung antara bisnis dan aspek teknis proyek.


Gaji seorang staf Project Management yang baru bekerja rata-rata Rp 6,7 juta. Sedangkan untuk mereka yang sudah berpengalaman bisa mendapatka gaji hingga Rp 12 juta untuk jabatan Staf Ahli atau Manager.

IT Quality Assurance
Sedangkan untuk pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT lainnya seperti IT Quality Assurance memiliki tugas untuk memantau perkembangan sofrware (perangkat lunak). Secara sistematis, mereka memeriksa dan menguji apakah sebuah software sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang ditentukan. Gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp 5 juta hingga Rp 11 juta.

Software Architect
Mereka yang menekuni pekerjaan paling favorit untuk jurusan IT ini bertugas sebagai pakar software yang membuat pilihan desain high-level dan menentukan standar teknis, termasuk standar coding yang digunakan, tools, dan platform. Software Architect adalah pangkal dari lahirnya ide tampilan dan fitur pada sebuah perangkat lunak. Tak heran jika gajinya pun cukup tinggi, yakni Rp 6,3 juta untuk pekerja baru, dan Rp 12 juta untuk yang sudah berpengalaman.



Selain beberapa pekerjaan di atas, ada pula pekerjaan jurusan IT lainnya yang bisa temen - temen baca di link berikut ini:





With love, 


You Might Also Like

1 Comments

  1. Keren yaa jurusan IT dijaman sekarang itu emang dibutuhkan didunia kerja. Apalagi banyak start up start up yang mulai berkembang

    Dulu aku SMA nya IT, eh karena pusing coding akhirnya banting setir ambil akuntansi waktu kuliah hihihi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive