Tips Sederhana Supaya Website atau Blog Banyak Pengunjung

Bismillah, 

Siapa sih yang ga mau blog atau websitenya dikunjungi banyak pengunjung, pastinya dong semua ingin website atau blog nya banyak pengunjung, betul kan gaes?  

Traffic website meningkat, hati pun senang. Dan sebaliknya gaes, traffic turun hati sedih huhuh. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic website loh dari yang instan sampai yang lama semuanya bisa dilakukan. Yang penting usaha dan doa jangan lupa ya gaes. Nah, pada postingan kali ini saya bakalan share ilmu yang pernah saya dapatkan juga dari beberapa teman yang memang sudah pro sekali nge blog nya. Dan alhamdulillah sih perlahan dipakai tips nya dan perlahan juga sedikit demi sedikit traffic blog naik meski kadang suka turun lagi wkwkwkw, ya itu sih tergantung kita sendirinya mau update ilmu apa aja biar traffic blog naik. Yang penting harus sabar sih jangan mau yang instan - instan, mie aja instan ga baik buat kesehatan, ye kan gaes? 




And here's beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan agar website atau blognya banyak pengunjung, diantaranya adalah : 


Belajar tentang optimasi SEO blog 
Pastinya temen - temen sudah paham dong bahwa blog dan SEO itu ga bisa dipisahkan. Dan memang cara ini lah yang paling jitu buat mendatangkan pengunjung ke blog kita loh. Optimasi SEO bisa dilakukan dengan bantuan plugin misalnya All in one SEO atau SEO by Yoast, untuk temen - temen yang menggunakan WordPress. Kedua plugin itu sangat membantu dalam mengoptimasi SEO blog dengan gampang. Bukan itu saja sih, pemilihan URL yang SEO friendly pun mesti diperhatikan. Terus temen - temen juga bisa bikin deskripsi yang menarik pengunjung, biar penasaran gitu. 




Dengan optimasi SEO yang benar maka blog atau website tuh bakalan bisa bersaing dengan blog lain nya yang sudah nongkrong di halaman pertama mbah Google,soalnya sumber traffic terbesar itu ya dari hasil pencarian Google. 

Rajin submit ke mesin pencari 
Jujur, saya dulu suka lupa dan kadang males buat submit kayak gini, ternyata ini ngaruh loh. Jadi jika temen - temen selesai nulis artikel  harus segera submit alias ngedaftarin blog ke mesin pencari kayak Google dan Bing. Atau bisa juga submit ke sitemap.xml blog temen - temen. 

Tujuannya apaan sih Tian? Ya tujuannya tuh biar blog kita terindeks sama mesin pencari, sama hal nya dengan setiap artikel baru pun akan cepet terindeks sama mesin pencari. Jadi kan traffic bakalan mengalir deras kalau tulisan kita nangkring syantiek di halaman satu mesin pencarian, ye kan gaes? 


Konten is the King, jadi buatlah artikel yang bermanfaat 
Tujuan ngeblog apa? Buat artikel yang bisa menjadi referensi orang lain, gitu kan? Karena kan kita pun kalau mau ceki - ceki review pastinya googling dulu nah karena seperti itu makanya konten is the king, yang paling utama ya tetep sih artikel yang kita buat. Meskipun susah payah belajar SEO dan optimasi SEO pada blog kalau artikelnya ga bermanfaat ya percuma saja fergusso. 

Jadi kalau bikin artikel, cus bikin yang bermanfaat yang panjangnya minimal 600 kata karena katanya sih jumlah kata dalam artikel juga mempengaruhi kriteria SEO friendly, gitu. 




Akses yang cepat 
Website atau blog itu harus memiliki akses yang cepat, jangan lola alias loading lama. Akses cepat juga bisa meningkatkan peringkat blog loh di mesin pencari, ini tuh sudah terbukti ampuh sekali untuk meningkatkan pengunjung blog soalnya kan biasanya para pengunjung blog itu seneng kalau akses blog cepet, kalau lola biasanya suka males dan langsung deh left blog. 


Membuat related post
Related post ini tuh menghubungkan artikel satu dengan artikel lain, ini bisa bikin pengunjung penasaran dengan artikel selanjutnya dan berlama - lama di blog atau website kita. Bisa juga dijadikan sebagai navigasi gitu buat pengunjung dan akan membantu artikel lain bisa dibaca sama pengunjung lainya. Dengan related post, artikel lama pun bisa bersaing di mesin pencarian, jadi selalu hubungkanlah artikel lama yang relevan dengan artikel baru, biar saling melengkapi gitu gaes. 

Jangan lupa share ke sosial media dan sosial bookmark
Sosial media bisa banget loh gengs kita manfaatkan sebagai sumber untuk meraih traffic ke website atau blog. Daripada status - status ga jelas di sosial media ya mendingan kasi status link artikel terbaru kita, ye kan? 

Nah biar lebih mudah, temen - temen juga harus menambahkan fitur share sosial media di blognya, jadi ga ribet lagi. Tinggal klik share aja ke sosial media yang dituju.  

Selain ke sosmed, temen - temen juga jangan sampai lupa buat submit link terbaru nya ke sosial bookmark, soalnya dengan begini bakalan bisa membantu blog kita untuk bisa bersaing di mesin pencarian Google. Cara ini tuh gretongan alias gratis dan juga ampuh loh mendapatkan backlink yang bermanfaat buat blog. 


Rajinlah Blogwalking
Blogger pastinya udah tau dan paham bener nih masalah blogwalking. Jadi memang harus rajin blogwalking dan kasi komentar baik ke blog temen - temen lain, ingat gaes komentarnya yang relevan dan berbobot ya jangan asal. Dan jangan sampai nanyain sesuatu yang udah jelas - jelas dijembrengin dalam artikel, itu hanya memperlihatkan kebodohan saja, percayalah. Soalnya kalau komen kita ga baik dan asal, bisa jadi ga di approved komen nya sama yang punya blog, alhasil gagal kan nanem backlink ke blog kita. 

Itulah gengs, beberapa tips sederhana yang mungkin bisa temen - temen terapkan untuk meningkatkan traffic ke website atau blog nya. Dari sekian banyak tips nih temen - temen harus memperhatikan juga masalah domain, hosting dan perintilan seperti itu lainnya. Kenapa? Ya karena itu juga mempengaruhi sekali untuk ke stabilan blog atau website kita. Misalnya pilihlah Hosting Indonesia yang memang berkualitas, jangan asal. Banyak memang Hosting Murah namun harus tetep teliti memilihnya. Nih saya kasi tau tempat untuk beli domain atau Hosting Murah yang udah jadi langganan banyak blogger, Qwords. Udah pada kenal kan sama Qwords? Jadi enaknya beli domain atau hosting di Qwords tuh bisa chatting langsung sama admin support nya kalau ada yang ga dipahami loh. Dan alhamdulilah saya udah bertahun - tahun langganan , ga pernah tuh ada keluhan atau apapun, lancar jaya terus. Alhamdulillah. 

Gimana? Masih semangat kan kerja keras buat meningkatkan traffic ke website atau blognya? Yuk  banyakin doa dan usaha juga biar makin kenceng traffic nya. Aamiin. 



With Love,











Posting Komentar

8 Komentar

  1. Kalau saya biasanya blogwalking kayak gini kak..ninggalin jejak heheh..

    Selain itu juga nulis ala SEO

    BalasHapus
  2. Yah siapa yang nggak mau Mbak kalau blognya banyak pengunjungnya hihi. Semua orang juga pasti maun

    BalasHapus
  3. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya. Boleh nih dicoba hihi.

    BalasHapus
  4. Membuat artikel itu memang kalau bisa yang bermanfaat ya. Karena betul Mbak konten itu yang pertama

    BalasHapus
  5. Makasih tipsnya Teh, sebulanan ini lagi males bw Teh heheu

    BalasHapus
  6. Tips2 diatas sudah aku lakukan, cuma yg agak susah yg artikel on page. Karena memang kudu konsisten bikin artikel organic ya.

    BalasHapus
  7. Nice info mba. Btw submit blog itu gimana ya caranya?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.