Reaching To The Worlds With The Word

Kamis, 15 Agustus 2019

Plugin Wordpress Yang Cocok Untuk Blog

Bismillah, 

Bicara WordPress, banyak sekali hal yang perlu saya pelajari. Perlahan sih belajarnya, soalnya kalau belajarnya sekaligus, bisa - bisa saya olab alias muntah. Setelah saya paham apa itu WordPress, saya pun belajar tentang plugin nya. Temen - temen yang sudah khatam sama WordPress sih udah pasti tau apa yang dinamakan plugin, betul?


Namun, untuk temen - temen yang masih awam sama WP atau WordPress ini, pasti mengernyitkan dahi persis ketika saya pertama kali mendengar kata plugin, apaan sih? 

Plugin itu merupakan fungsi tambahan yang bisa kita sematkan pada CMS WP, nah untuk penggunaanya itu ga rumit kok dan ga perlu coding - coding khusus yang kadang coding itu bikin kepala ngebul, huhuh. Kita tinggal kunjungi saja Plugin Directory WordPress, disana tuh banyak sekali jenis plugin yang bisa kita gunakan. Jenis plugin nya tuh banyak sekali, sampe - sampe saya kebingungan buat milih, jadinya ingin masukin semuanya deh ke dalam blog. Namun, gak mungkinlah kita install semuanya ke dalam blog, apalagi plugin yang ga penting, untuk apa install ke blog kita? Soalnya kalau kebanyakan plugin pun akan mempengaruhi sama kecepatan blog nantinya, jadi lemot. Kan males jadinya kalau blognya lemot.

Baca : WordPress, Platform Blog Gratis

Inilah beberapa Plugin yang diperlukan untuk CMS WordPress, diantaranya adalah : 

➤Plugin Akismet
Buat temen - temen yang sudah lama berkecimpung dengan WP pastinya udah gak asing lagi dengan plugin ini, betul?
Akismet ini tuh merupakan plugin bawaan yang memang pas pertama kali menggunakan WordPress sudah include. Akismet ini memiliki fungsi buat nge filter komen - komen spam yang masuk, jadi komen yang masuk di blog kita tuh bener - bener komen baik no spam - spam club.


Untuk plugin Akismet ini tuh ada yang berbayar namun ada juga yang gratisan. Kalau buat saya sih cukuplah yang gratisan juga. Kinerja yang gratis juga udah oke loh, ratusan spam yang masuk ke blog bisa dengan cepet diblock. So, buat yang pertama kali pake WP jangan langsung hapus plugin Akismet ini ya. 

➤Jetpack
Plugin yang bisa kelola WordPress, menambahkan fungsi yang ada diblog ke CMS WP. Fungsi yang biasanya paling sering dipakai itu adalah untuk statistik pengunjung, share button dan fitur portfolio. Fitur portfolio ini tuh fungsinya kayak post namun lebih spesifik untuk menampilkan tulisan kita di WP. Cobain deh temen - temen install Jetpack  dan rasain sendiri fungsi kerennya.


➤Autoptimize
Buat yang blognya terasa lemot alias loadingnya lama, kuy install aja Autoptimize di blognya. Fungsinya memang sederhana sih gaes yakni buat mengoptimalkan ukuran file JS, CSS dan juga HTML. Setelah install ini coba deh cek lagi kecepatan blog, pastinya bakalan lebih ringan dibandingkan sebelum instal Autoptimize. 

➤WordPress Popular Post
Penting ga? 
Ya, tergantung kebutuhan sih. Kalau menurut saya sih penting karena dengan install ini, pengunjung jadi tau postingan mana sih yang paling banyak dibaca dan tentu saja kalau paling banyak dibaca bisa jadi adalah postingan yang paling menarik perhatian, iya kan? 

➤WordPress Related post
Buat saya ini pun penting, jadi jika ada pembaca yang masuk maka akan ditunjukkan artikel lainnya yang masilh relate, fungsinya kayak nahan pembaca buat lama - lama di blog alias buat baca artikel selanjutnya. Tapi ya tetep sih gaes, content is the king. Meskipun berusaha buat nahan pembaca, kalau tulisannya ga menarik ya lari juga. Tetep ya konten jadi yang utama buat menarik pembaca berlama - lama.


➤WP Super Cache
Fungsi dari WP Super Cache ini tuh adalah menyimpan cache Wordpress, jadi kalau nanti website dibuka lagi, load nya ga lama. Penting nih buat mengoptimalkan kinerja blog atau website. Makin cepat dibuka bakalan makin nyenengin pengunjung, iya kan gengs? 


➤Yoast SEO
Udah tau kan apa itu Yoast Seo? Itu loh yang fungsinya buat mengoptimalkan blog atau website pada search engine. So, Yoast Seo ini tuh ngebantu banget supaya website atau blog bisa nangkring syantik dihalamang pertama. Jadi jangan lupa install Yoast SEO ini ya. 

Itulah gengs, beberapa plugin yang saya rekomendasiin buat temen - temen install di WordPress nya.  Tapi ingat jangan install banyak - banyak juga ya soalnya kalau kebanyakan bisa menjadi beban server Wordpress Hosting juga loh. Nanti berakibat ke website / blognya bakalan jadi sering down. Tapi kalau Hosting Indonesia nya ga bermasalah sih oke - oke aja. Seperti Hosting Indonesia andalan saya nih persembahan dari Qwords. Saya tuh udah klik aja ke Qwords, kenapa? karena disaat saya sedang ada kendala, para customer service nya tuh gercep alias gerak cepat banget ngebantuinnya, jadi saya ga usah nunggu lama - lama gitu gengs. Jadi buat temen - temen yang nyari Hosting Indonesia terbaik, ya langsung aja ke Qwords ya.



With Love,






























































23 komentar:

  1. Akismet itu plugin pertama yang diajarin kepada saya. Saya inget bahwa pelajaran pertama dari blogger yang udah go publik adalah harus siap menghalangi spam yang masuk ke kolom komentar. Banyak blogger yang gugur di tahun pertama karena nggak kuat menghadapi spam comments, padahal itu hanya karena mereka nggak tahu cara pasang plugin antispam aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya spam komen banyak sekali yah, enak sih kalau WP ada si akismet ini jadi yagn spam - spam babay

      Hapus
  2. aku pengen pindah ke wordpress karena katanya lebih mudah untuk di monetize tapi aku ga mudeng migrasinya wkwkwk trauma dl utak atik blogspot sendiri trus error ga bisa dibuka huwaaaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja hubungi tim Qwords ci, beli hosting dan domain disana , saya pun dibantuin kok hihih

      Hapus
  3. Akismet sama jetpack itu selalu jadi plugin di website wp ku pas pertama kali install, dulu sempet instal yoast seo tapi web jadi lebih slow cuma emang helps buat nangkring di page pertama

    BalasHapus
  4. Akismet ini yang bikin aku pengen beli domain untuk Blog-ku yang WP Teh, haha. Karena kan di BP gak ada ya, manual jadinya.
    Tapi sampai sekarang masih menimbang untuk seriusin di WP karena takutnya malah terabaikan, sementara aku baca-baca dulu mengenai WP seperti tulisan Teh Tian ini. Nuhuuuun sharingnyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau BP tuh manual, sama - sama nuhun juga sudah berkunjung.

      Hapus
  5. Wah kebetulan aku jg pake wordpress nihm bisa nambah insight juga abis baca ini. Makasih yah mba info nya..

    BalasHapus
  6. Aq gak pake wp mbak, share yg blogspot juga dong mbak, masih newbie nih jd perlu banyak banyak belajar dan menambah ilmu blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiyap heheh saya pun pakai BP kok heheh, mari belajar bareng.

      Hapus
  7. Aku mau simpan dulu linknya, karena kebetulan beberapa bulan kedepan nampaknya ku mau hijrah ke WP, hahahahahaa... Biar ada bacaan dulu nih, soalnya masih galaaauuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses hijrah ke WP nya yaa, aamiin.

      Hapus
  8. Plugin di WP ini sungguh memanjakan yaa, teh..
    Tapi kemarin sempet ada yang ngeluh kalau plugin Jetpack jauh banget sama GA.
    Kalo gitu, percaya sama yang manakah, teh?

    BalasHapus
  9. Aku sempat pakai plugin popular post, tapi karena bermasalah sama blogku, akhirnya uninstall.
    Qwords memang sahabat untuk blogger ya.

    BalasHapus
  10. Banyak sekali plugin yang bisa dipasang di wordpress dan berfungsi mengamankan blog dari serangan2 luar gitu. Aman jadinya ya jika sudah memasang plugin yang tepat di blog.

    BalasHapus
  11. Aku make blogspot mba,hiks jadi pengen coba juga make wordpress
    tapi kebanyakan blog ntar nggak bisa rawatnya kwwkwk
    makasih shareing soal plugin wordpress mba, jadi nambah informasi juga

    BalasHapus
  12. Entah kenapa ya mba si plugin jetpack ini nggak bisa mulu kalo aku aktifin kayak bikin loading lama bangettt padahal udah ganti hosting yg business... Kalo di mba nggak masalah ya?

    BalasHapus
  13. Temanku pakai plugin dan memang dia merasa terbantu mba karena merasakan banyak manfaat yang dia terima dengan memang itu di wordpressnya

    BalasHapus
  14. Aku juga pake plugin ini mbak dan memang berguna banget ya untuk blog saya, toss samaan nih mbak

    BalasHapus
  15. Jetpack, aksimet aku pakai, yang lain kyknya aku kurang2in krn bikin loading agak lamaan mbak hehe. Tapi aku suka pakai WP soalnya bisa dipasangin plugin2 itu sih :D Apalagi yoast, eh yoas blm kesebut ya :D

    BalasHapus
  16. aku cuma pakai 3 plugin, Akismet, Jetpack sama Yoast SEO :D Abis kapasitas WP ku terbatas, haha.. kebanyakan picture, beratin harddisk xD

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.