Kenapa perlu membuat rancangan menu makanan di rumah?

Bismillah, 

"Bu, besok aku bekel apa?"
"Besok sarapan apa?"
"makan siang apa?"

Pertanyaan - pertanyaan seperti itu sering ditanya neng Marwah. Dari sarapan sampai makan malam selalu ditanyain, huhuh ibu jadi bingung. Sepertinya hampir semua ibu pernah merasakan hal serupa ini yah. Dihujani pertanyaan kayak gini sama anak dan suami. Biar ada jawabannya nih pas ditanya otomatis saya harus udah punya rancangan menu, mau masak apa nih seminggu kedepan. Ya minimal seminggu ke depan aja deh, sebulan mah kebanyakan.


Membuat rancangan menu ini, menurut saya adalah salah satu kunci utama saya konsisten memasak untuk bekal neng Marwah juga suami dan makan di rumah. Beberapa keuntungan yang saya rasakan ketika membuat rancangan menu makan dan bekal adalah :

LEBIH SEHAT 
Tentu saja, namanya juga homemade maka insya allah akan lebih sehat. Rancangan menu makanan ini membuat saya bisa menyajikan makanan dengan nutrisi yang lebih beragam dan seimbang untuk anak dan suami. Jadi sudah terencana. Kalau sudah bikin rancangan menu gini jadi jelas juga masalah bahan - bahan masakannya dan udah tau belanja apa saja, jadi ga akan ada bahan yang mubadzir.

LEBIH HEMAT
Karena saya tuh suka sayang banget kalau ada bahan yang mubadzir, jadi merencanakan menu tentu saja bahan mubadzir bisa diminimalisasikan.Jadinya bisa lebih hemat. Sejak saya mulai merencanakan rancangan menu makanan sehari - hari saya tuh jadi terbiasa memperkirakan bahan makanan apa saja yang akan saya beli untuk seminggu kedepan dan harus dipastikan semua terpakai.


NO MORE WASTING TIME
Sebelum saya terbiasa membuat rancangan menu gini, biasanya suka mikir lama buat masak sesuatu, mikir lama karena memang belum kepikiran saya mau masak apa, jadinya bukannya masak malah buang waktu mikirin menu. Kalau sudah terbiasa bikin rancangan menu makanan gini sih jadinya enak ga perlu buang waktu lagi buat mikir mau masak apa.

MENU LEBIH BERVARIASI
Berdasarkan pengalaman pribadi nih, sekarang masakan saya tuh lebih bervariasi karena kan memang sebelumnya sudah saya planning mau masak apa, jadi sudah kebayang. Bukan hanya menu nya yang bervariasi sih, dilihat dari vitamin dan nutrisinya pun menjadi lebih variatif komposisinya.


Terus gimana nih cara memulai untuk membuat menu makanan di rumah? Saya kasi beberapa tips sederhana ala - ala ya gengs. Buat saya pribadi sih masak itu adalah cara saya untuk bisa lebih kreatif jadi saya rangsang terus skill ini, belum expert sih namun saya cukup bangga aja sama kreativitas memasak saya yang ala kadarnya ini, karena saya paham belum expert makanya saya lebih seneng masak buat bekel anak ya sekalian asah skill lah. 
Mari siapkan kebutuhannya
Siapin dulu apa yang dibutuhkan, saya sih biasanya nulis dulu kira - kira mau masak apa dan bahannya apa saja. Saya tulis lengkap banget dari mulai bahan, bumbu bahkan sampai cara memasaknya hehe, biar ga lupa gitu gengs kalau mau masak lagi. Awali dulu aja dengan bikin list masakan buat seminggu dulu. 

Disiplin 
Saya yang tulis sendiri semua rancangan menunya, tentu saja saya juga yang harus disiplin ngikutin. Jadi saya selalu berusaha untuk TIDAK BELANJA sebelum bahan yang sudah saya beli habis, jadi memang butuh disiplin banget sih jangan sampai ada bahan yang terbuang hanya karena ingin masak makanan yang lain, yang ga ada di list awal. Bisa hancur tuh rancangan menu nya. 

Itu saja sih cara mulainya, yang penting sih rajin eksplorasi resep aja di COOKPAD hehe. Ya, saya lebih seneng nyontek menu makanan atau masakan tuh di Cookpad karena disana tuh detail banget, mulai dari bahan dan cara masaknya pun  dengan bahasa sederhana dan kebanyakan pada pakai foto detail, jadi belajar masak pun menjadi lebih mudah.

Temen - temen ada yang suka nyontek resep masakan di Cookpad juga? Gimana? Seneng kan belajar masak di Cookpad? Buat yang belum pernah, kuy ah langsung install aja di smartphone nya, sign up dan langsung deh berselancar mencari resep masakan enaknya. 

With Love,


Posting Komentar

18 Komentar

  1. Wah iya nih ya Mbak, bisa menjadikan keluarga lebih sehat juga

    BalasHapus
  2. Membuat rancangan menu itu memang sangat penting nih ya. Saya mau membuatnya juga ah

    BalasHapus
  3. Dengan membuat rancangan menu juga bisa lebih hemat nih hihi

    BalasHapus
  4. Aq buat menu buat sebulan anaku sekolah biar gak bingung bekalnya apa tiap hari, tp yg gampang2 aja dan pake cookpad tuh ngebantu banget buat ide bekel anak sekolah kl makan dirumah gak buat menu krn aq gak bisa masak, hahaha

    BalasHapus
  5. Cookpad emang jadi andalan emak-emak sejuta umat ya mbak, saya pun kalau mau masak ditemani si cookpad ini meski rancangan menu gak melulu dibuat ... minimal bikin untuk seminggu ke depan aja kalau saya hihihi. Dan emang sih kalau bikin ini menu di rumah jadi lebih bervariasi dari biasanya.

    BalasHapus
  6. setuju Teh lebih hemat waktu kalau udah direncanain, karena aku sok ngahuleng dulu kalau ga ada rencana akhirnya telat wkwkwk suka kesel deh :p

    BalasHapus
  7. Aku tuh kadang kala ngerasa kesulitan buat menu makanan di rumah. Sebetulnya udah ada ide seminggu mau masak apa aja. EH malah seringkali kebablasan binggung mau masak apa aja :D

    BalasHapus
  8. Aku suka nih bikin rancangan menu, minimal buat seminggua aja, biar gak pusing mau masak apa dan bengong tiap belanja di depan kang sayur hahah

    BalasHapus
  9. Oiyaaaa emang makanan dirumah harus bervariatif soalnya biar ga bosen juga.. Tp aku pernah dlm seminggu menunya sama terus masa... Ga bosen

    BalasHapus
  10. Aku juga lebih sering mencatat menu yang akan aku buat dirumah, selain belanjanya terarah juga bikin kita hemat.

    BalasHapus
  11. Kalo lagi nyari resep, aku pun sering nyasar ke cookpad hehe... Resepnya banyak banget. Tapi sampe sekarang aku gak begitu bisa masak nih.

    BalasHapus
  12. Keren banget aku nh ya kadang bikin menu, sudah belanja eh males masaknya hehe... Baca ini makin semangat emnata diri lagi.

    BalasHapus
  13. Jadi dengan membuat menu makanan rumah jadi bisa tahu dong komposisi gizi yang masuk ke dalam tubuh ya mbak

    BalasHapus
  14. Hahaha aku jd inget sampe skrg masih bersohib akrab sama cookpad ini, karena betul teh, kalo g ada rancangan menu masakan, blank aja gt mau masak apa

    BalasHapus
  15. Cookpad emang andalan banget ya Mba Tian buat cari resep masak
    kadang pula kalo aku lupa masak bumbu apa iya buka ini

    BalasHapus
  16. Bener banget sih mba perlu banget ini bikin planning buat masak sekalipun biar pas udah di pasar atau supermarket nggak bingung mau beli apa ya

    BalasHapus
  17. "Makan apa ma?" "Noh liat aja di meja adanya apa" ya seperti itulah jawaban mamah saya kalau saya tanya makan apa wkwkkw.

    Wahhh keren juga ya cookpad, jadi penasaran, kebetulan saya juga suka masak dikit-dikit hehehe.

    BalasHapus
  18. Ooohh jadi begitu ya. Aku termasuk yang nggak ada rencana. Alhasil bingung besok makan apa dll. Beli juga sedikit2 kukira jadi lebih hemat. Jatuhnya malah lebih boros ya. Soalnya kan jadi selalu beli ukuran kecil.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.