Belanja Ke Pasar Tradisional Yuk

Juli 11, 2019

Bismillah, 

Mana suaranya yang lebih suka belanja di Pasar Tradisional? Ngacung!!

SAYAAAA. 

Tapi tergantung kebutuhan juga sih. Biasanya saya tuh belanja di Pasar Tradisional hanya untuk belanja ikan, daging, sayuran dan bumbu - bumbu plus beras. Soalnya di pasar tradisional ga bisa beli skincare gengs, kalau bisa ya beli sekalian deh. Haha. 

Foto dari Google 




Untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari memanglah pasar tradisional ini jadi andalan. Kenapa? Karena menurut saya selain harganya yang murah banget, kualitasnya juga oke alias masih fresh dong. Apalagi ikan dan sayurannya. Seiring majunya teknologi nih, sekarang tuh pasar tradisional makin keseret, i guess. Apalagi sekarang banyak online shop / ecommerce yang juga menjual daging,ikan dan sayuran segar tanpa harus beranjak dari rumah, ya kan? Memudahkan? Iya buat yang punya kelebihan budget, soalnya kan harus ada ongkirnya dan ga bisa nawar - nawar, hehe. Naluri emak - emak ya gini gengs, seneng tawar menawar. 

Selain online shop yang menjual itu, sekarang tuh makin banyak juga supermarket yang keren - keren dan nyaman, full Ac. Namun tetap saja buat saya ga bisa nawar, hanya di pasar tradisional saya bisa mengeluarkan aspirasi saya tawar menawar harga bawang merah misalnya. 

Menurut saya tuh yah, pasar tradisional itu merupakan wujud interaksi sosial budaya masyarakat yang asli, kenapa? Soalnya di pasar itu terjadi pertemuan antara pembeli dan penjual secara langsung. Nah dari interaksi inilah menyebabkan timbulnya hubungan antar manusia, ga melulu seputar jual beli sih bisa aja keperluan lainnya juga, betul? 

Foto dari google 

Hampir setiap minggu saya tuh selalu rajin ke Pasar Tradisional. Karena belanja di pasar tradisional lebih murah, percayalah dan buktikan sendiri. Untuk beli ikan segar saya biasanya malam - malam ke pasar Ciroyom. Iya pasar Ciroyom yang bau itu, huhuh. Meskipun bau saya tetap setia belanja kesana kok, habisnya harga ikan dan seafood nya murah pisan dan kualitasnya segar pula. Meskipun becek, tetap saya hadapi. Gak masalah becek dan bau yang penting saya dapet ikan dan seafood kualitas bagus harga murah, noted! 

Kalau beli sayuran dan bumbu sih ke pasar deket rumah aja kalau gak keburu di Pasar Ciroyom. Sama aja sih harganya kalau sayuran dan bumbu disetiap pasar, palingan selisih 2000 an lah. Cingcai kalau selisih segitu mah, haha. 

Harapan saya, semoga next pasar Ciroyom dibuat lebih nyaman dari sekarang, ga bau dan ga becek - becek lagi plus yang jualannya supaya lebih tertib aja biar ga awur - awuran di jalanan (yang jual sayuran) kalau jual ikan sih udah oke tertata rapi.

Buat temen - temen yang mencari ikan, udang, cumi seger dan harga murah kuy langsung saja ke pasar Ciroyom Bandung. 

Buat temen - temen yang ingin memulai membiasakan belanja di pasar tradisional, saya punya beberapa tips nih biar ke pasar menyenangkan, here's the tips : 

Bikin list belanjaan dulu dari rumah 
Its a must. Wajib buat saya yang suka kalap kalau belanja, entah itu di pasar tradisional atau supermarket. Jadi saya tuh wajib banget bikin list belanjaan buat hindari kalap. Jangan lupa buat konsisten juga ya gengs, seenggaknya saya mikir "hargai diri sendiri yang udah nulis list belanjaan, jangan dikhianati!" . And its work loh , setiap mau melenceng dari list belanjaan saya bergumam dalam hati gitu, lemah deh. Alhamdulillah. 

Bawa keranjang / tas belanja dari rumah 
Selain ikut melestarikan lingkungan alias go green jadi mendingan bawa tas belanja besar aja dari rumah biar tar pas belanja langsung masuk - masuk in aja gak usah dikeresekin lagi. Atau lebih baik lagi bawa wadah, misalnya mau beli ikan atau daging ga usah pakai plastik langsung aja masukin wadah. 


Gak usah ragu dan malu buat nawar harga 
Namanya juga pasar, tawar menawar wajar aja. Asalkan nawarnya gak sadis - sadis amat kayak afgan. Tawarlah 20 - 30% dikit lah, jangan malu. Lumayan kan dapet harga murah hehe. 

Itulah beberapa tips biar ke pasarnya menyenangkan. 

Happy Shopping!!!


With love,

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blogger Perempuan