Reaching To The Worlds With The Word

Senin, 15 Juli 2019

Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Memaksimalkan Proses Optimasi SEO (Search Engine Optimization) Blog

Bismillah, 

Saya yakin, temen - temen pasti udah paham dan ngerti tentang SEO, ya kan? Dalam dunia blogging, SEO itu memang gak bisa dilepaskan begitu saja. Karena erat nanti kaitannya sama hasil pencarian di mesin pencarinya mbak google. Karena ingin semuanya terlihat di pencarian google, makanya kebanyakan pada fokus sama keyword atau kata kunci utama, ya kan? Hehe , kalau saya sih gitu. Saya malahan fokus sama kata kunci sih dan faktor lainnya ga jadi pertimbangan. Padahal ya selain kata kunci utama masih banyak lagi faktor lain yang mendukung kualitas website / blog di mesin pencarian google.


Kalau saya hanya fokus sama satu kunci saja, percuma karena ada beberapa faktor pendukung lainnya yang juga mempengaruhi sama perolehan posisi di mesin pencarian Google. Soalnya, menurut temen nih yang jago sama urusan blogging gini, dalam algoritama mesin pencarian Google tuh kalau cuman optimasi kata kunci utama aja ga cukup untuk bikin Google nilai blog atau website yang kita miliki itu berkredibilitas dan layak ditampilkan di halaman utama. 

Lantas apa saja sih faktor lainnya yang bisa memaksimalkan proses optimasi website / blog pribadi ? Disini saya bakalan share beberapa faktor atau aspek sederhana yang bisa memberikan dampak positif untuk SEO (Search Engine Optimization), diantaranya adalah :



Tentukan niche secara spesifik 
Well, menentukan niche memang agak susah. Menurut pandangan saya sih gitu. Kalau yang punya bisnis online juga nih wajib banget menentukan niche yang spesifik. Ya minimal kita harus punya gambaran lah siapa shi target pasar kita yang paling sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani. Kalau sudah ditargetkan pasar / niche yang speisifk maka peluang website / blog ditampilkan pada halaman pertama oleh Google pun akan semakin besar. 


Tulislah tulisan atau artikel yang memiliki kualitas tinggi 
Ini berpengaruh sekali untuk membuat pengunjung betah berselancar di website atau blog pribadi kita. Jadi, jika kita menulis artikel yang menarik, memiliki manfaat dan juga sesuai dengan niche maka insya allah artikel - artikel yang ada di website kita tuh bakalan disukai banyak orang. Tidak menutup kemungkinan juga sih orang - orang bakalan share tulisan kita melalui sosial medianya. Kan lumayan, hehe. 

Ngomong - ngomong berapa sih jumlah kata yang idel buat artikel? 

Menurut salah seorang teman, sebenernya ga ngaruh banget sama SEO sih tapi bisa memberikan nilai lebih dalam artikelnya dengan memasukkan kata kunci, masukin outbound link juga ngaruh. Masukin kata kunci dan outbound link nya yang wajar ya soalnya bisa saja website nya kena penalti oleh algoritma mesin pencar kalau masukin kata kunci yang asal - asalan. Jadi masalah jumlah kata ya disesuaikan saja sama kebiasaan nulis masing - masing , asalkan jangan pendek banget atau panjang banget gitu. 

Loading website / blog 
Saya pribadi suka merasa kesel dan bahkan langsung keluar dari website/blog yang loadingnya lama. Seriusan. Dan saya rasa juga yang lain gitu, bakalan ga betah di website / blog kalau loadingnya lama. Selain itu juga perhatikan layanan Hosting Indonesia nya jangan yang abal - abal juga.
Biar loadingnya cepet, ada beberapa hal yang bisa membantu nih, diantaranya :


❤️menggunakan plug-ins yang benar-benar anda butuhkan untuk mengelola website dan  menghapus plug-ins yang tidak anda butuhkan
❤️membuat cache untuk website anda
❤️mengoptimasikan gambar di dalam website dengan mengurangi ukuran gambar
❤️menggunakan kata kunci website anda sebagai alt tag gambar.


dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut membantu mempercepat loading website anda dan membantu mesin pencari untuk mengetahui relevansi gambar pada website anda dengan apa yang diketikan para pencari di mesin pencari.

Broken link 
Beberapa waktu lalu broken link mencapai ratusan loh, peer banget bersihin nya gaes. Ya, buat temen - temen yang punya broken link di website / blognya buruan bersihin langsung jangan kasi kendor. Karena ini mempengaruhi banget loh.

Broken link bisa menyebabkan algoritma mesin pencari menilai buruk website kita, makanya penting banget mengecek dan membersihkannya setiap saat. Biasanya kalau domain yang gak diperpanjang lagi tuh yang suka bikin broken link. Makanya gengs jangan lupa juga buat nge cek domain nya biar gak expire. Sekedar ngingetin nih gengs, kalau urusan domain, Cloud Hosting dan Hosting Indonesia jangan ragu dan bimbang langsung saja ke Qwords. Kenapa saya saranin ke Qwords? karena ada support live chat nya jadi bisa nanya - nanya langsung kalau misalnya ada yang ga paham. Hehe.

Oke deh, sekian dulu tips sederhana yang bisa temen - temen lakukan untuk memaksimalkan proses optimasi SEO (Search Engine Optimization) nya. Kalau ada yang ingin menambahkan seputar ini silakan langsung komen dikolom komentar ya.



With Love,







1 komentar:

  1. Terakhir ngecek broken link saya ratusan. Nggak kuat bersihin satu-satu. Ada nggak sih mbak tools buat bersihin broken link sekaligus?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.