SSL Certificate Untuk Keamanan Website

Bismillah,

Sejak kenalan sama dunia per-blogger-an, wawasan dunia internet dan website perlahan nambah. Mulai dari kenalan sama yang namanya domain, hosting, pageview dan lain sebagainya. Nah sekarang saya pun kenalan sama istilah baru "Sertifikat SSL". Langsung deh saya mengernyitkan dahi, apa lagi sih ini.


Katanya kalau ga install Sertifikat SSL maka Google bakalan menandai blog kita tuh ga aman alias not secure. Begitu dapat informasi itu saya pun langsung konsultasi sama temen yang lebih paham akan masalah ini, soalnya saya masih ingin blog ini aman. Makanya langkah awal yang harus saya lakukan adalah migrasi ke HTTPS.

Lah, kenapa ya kok harus HTTPS ?
Menurut penjelasan seorang kawan katanya http itu ibarat nya sudah kuno alias udah ga memenuhi standar dan bisa dikatakan bahwa http itu engga aman. Jika kita melakukan koneksi http dengan web yang ga punya koneksi aman maka data - data rentan dimanipulasi dengan menggunakan koneksi internet itu sendiri. Hmmm gimana paham?


Nah kalau HTTPS ini tuh adalah pilihan prokotol yang tentunya lebih aman. Gini, ketika kita membuat koneksi website, data yang dikirim akan dienskripsi. Nah ini tuh membantu banget melindungi data yang akan kita kirim kesiapapun nantinya yang ga punya corresponding key ga akan bisa masuk, baik itu mau nyuri data atau mau manipulasi data. Bukan cuman itu, HTTPS juga akan nge blok ISP dari memasukkan ads ke website / blog kita. Jadi kalau blog kita menggunakan HTTPS, maka blog atau website tuh bakalan bekerja dengan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan ketika masih pakai HTTP dulu. 

Kenapa butuh SSL Certificate?
Saya rasa memang penting nih SSL Certificate ini, kenapa saya mikirnya gitu? Karena kan mbah Google aja udah kasi keputusan mengharuskan semua web/blog memiliki SSL Certificate, so i think itu artinya penting.

Tapi ada nih beberapa alasan penting kenapa sih butuh SSL Certificate untuk keamanan website.

↬Sebagai perlindungan informasi 
Sekarang tuh internet bukan hanya untuk belajar atau mencari informasi ye kan? Namun juga untuk shopping. Banyak kan sekarang layanan e-commerce dan juga ibanking untuk melakukan transaksi shopping yang mana kita tuh harus memasukkan informasi personal ke website ini, ya kan? Kebayangkan risiko nya kalau misalnya websitenya ga aman, ya bisa saja informasi penting ini dibobol orang, ya kan gengs?


Nah dengan SSL inilah, salah satu protocol yang menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Dengan memberikan command pada server dan browser, SSL pun menyediakan channel yang aman supaya pengunjung website bisa memasukkan email dan pasword plus data yang sifatnya personal tanpa rasa khawatir dan was - was data ini akan jatuh ke tangan orang jahat. So, SSL ini penting ya terutama untuk website e-commerce dan perbankan.

↬Website menjadi lebih terpercaya
Zaman sekarang tuh website atau blog ibarat bagian dari kesuksesan jualan atau branding kita, setuju? Jadi keliatan lebih pro gitu ya kalau ada blog atau website nah SSL bisa loh bikin website atau blog kita lebih keren dan lebih terpercaya. Soalnya kan orang yang mau transaksi dengan kita pun pastinya inginkan penggunaan internet yang aman, kalau misalnya website ga aman nanti google bakalan langsung ngasi tau "koneksi ga aman" gitu. Jadi kan bakalan lebih terpercaya kalau menggunakan SSL, jadi yang akses pun merasa aman.

↬SEO untuk website 
Kadang banyak orang yang merasa ga perlu belajar tentang SEO ini, karena merasa gak penting kali yah. Padahal masalah SEO ini lumayan penting loh untuk website atau blog supaya terdeteksi pada hasil pencarian Google. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi salah satunya dengan menggunakan SSL. Karena website atau blog yang sudah memiliki sertifikat SSL itu diutamakan oleh Google dalam mengatur rangking halaman pada hasil pencarian. Nah jika website nya mendapatkan ranking tinggi tentunya traffic akan lebih banyak, iya kan? 



↬Atasi iklan yang masuk 
Pernah ga membaca tentang iklan yang dimasukkan oleh ISP. ISP adalah Internet Service Provider yang sering banget memasukkan iklan pas kita buka website, pernah ngalami kayak gitu kan? 

Apalagi pas lagi browsing di hape, selalu ada iklan ikutan nyisip. Ternyata sisipan iklan itu buat yang punya website merugikan. Cara menghentikannya gimana? Ya salah satunya memasang sertifikat SSL dan juga mengganti protocol menjadi https. Semudah itu gengs. 


Gimana? mulai tertarik ga nih menggunakan SSL ini? 
Langsung aja ke Qwords  jagonya Hosting Indonesia, karena Qwords ini menyediakan layanan SSL Certificate ini juga. Jadi bisa langsung ceki - ceki ke website nya aja ya gengs biar lebih jelas. 



With love,


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wah ternyata mudah juga ya Mbak caranya. Terima kasih ya atas informasinya

    BalasHapus
  2. Dengan ssl certifikate ini bisa menjadikan website lebih terpecaya ya

    BalasHapus
  3. Wah jadi pingin nih seperti itujuga, biar lebih terpecaya websitenya

    BalasHapus
  4. Wah ternyata dengan menggunakan ssl certifikat ini bisa mengatasi iklan yang masuk ya

    BalasHapus
  5. Wah ternyata banyak banget ya manfaat yang didapatkan jika menggunakan ssl cerificate ini

    BalasHapus
  6. Wah bener banget tuh Mbak memang kalau biasanya ada iklan masuk itu merugikan yang punya website

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.