Alasan Harus ke Yogyakarta

21.06.00

Bismillah, 

"Bu,liburan nanti kita ke Yogyakarta ya bu!" 
Pinta neng Marwah yang menggebu - gebu ingin melihat candi Borobudur di Yogyakarta. 

Ya, memang neng Marwah belum pernah liburan ke Yogyakarta. Dan insya Allah saya memang sedang merencanakan untuk membawanya ke Yogyakarta. Qadarullah banget nih, pas neng Marwah mau liburan ke Yogya pas banget ada saudara yang ajakin mudik ke Yogyakarta sekeluarga besar. Untuk menyambangi keluarganya disana. Wah asik nih mudik sekalian liburan dong, pikirku.


Yogyakarta tuh memang memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi, suasananya penuh dengan seni dan budaya yang kental dan khas. Adat istiadat nya pun masih kental, peninggalan leluhurnya masih dijaga dengan baik dan masyarakatnya masih menjunjung tinggi peninggalan leluhurnya itu. 




Menurut saudara yang tinggal di Yogyakarta, saya pun diberikan beberapa rekomendasi tempat untuk dikunjungi di Yogyakarta. Dan dari beberapa cerita yang saya dengar dari teman, ada beberapa alasan yang membuat mereka kembali lagi ke Yogyakarta dan merekomendasikan saya untuk berlibur ke Yogyakarta, diantaranya : 

Warga lokal yang ramah 
Selain urang sunda yang ramah - ramah, orang Yogyakarta pun sama ramahnya. Ya, Yogyakarta terkenal sekali akan warganya yang ramah dan juga sopan santun. Warga lokal sekitar bakalan banyak tersenyum meskipun pada orang yang belum dikenalnya. Ah ini bikin kita jadi betah dan nyaman ya apalagi kalau mengunjungi kota / daerah yang baru kita kunjungi. 



Tujuan wisata 
Objek wisata di Yogyakarta banyak banget gengs, so ga perlu bimbang apalagi ragu untuk memilih objek wisatanya. Bisa ke Candi Borobudur seperti keinginan neng Marwah, bisa ke daerah Malioboro yang ngehits, ke Kaliurang, ke Parangtritis, ke Keraton Yogya dan masih banyak lagi deh tujuan wisata lainnya yang tentu saja bakalan bikin liburan asik dan menyenangkan. 

Photo by : indonesia.travel


Kulinerannya murah dan enak 
Menurut temen, kulineran di Yogyakarta jauh lebih murah dibandingkan di Bandung. Menikmati Gudeg khas Yogyakarta dengan harga terjangkau akan terasa lebih nikmat. betul? Kuliner lesehan atau makan di angkringan juga harganya bersahabat banget. Ah ga bisa nunggu lagi nih ingin cepet - cepet ke Yogyakarta untuk menikmati kulinernya. 

kulinerenakdiyogyakarta



Mudik rasa liburan 

Tiket untuk mudik rasa liburan ke Yogyakarta sudah siap karena itu semua diurus sama saudara. Rencana kami nginap di daerah Kaliurang di rumah saudara, namun kok saya kepikiran mau book hotel aja yah, soalnya takut bikin mereka repot. kebayang kan kalau lebaran pasti bakalan banyak saudara yang kumpul, jadi biar ga repotin mereka saya mau book hotel aja deh. Ya berdasarkan pengalaman saya pas beberapa tahun lalu mudik ke rumah saudara di Garut dan ujung - ujungnya book hotel juga, jadi sepertinya lebaran tahun ini pun ke Yogyakarta saya bakalan book hotel juga.

Karena pas momen lebaran identiknya sama keluarga, kumpul - kumpul gitu. Maka buat saya agak sulit nyari hotel yang multi-pax atau family friendly, palingan book villa atau kalau ga mau nginep di villa ya jalan satu - satunya sih nambah ekstra bed. Nah sebelum memilih hotel yang tepat untuk mudik nanti ada beberapa yang harus dipertimbangkan terlebih dulu nih gaes, apa sajakah itu?

Memastikan adanya ekstra bed
Ini penting buat saya, karena kalau libur lebaran kan suka rombongan dan pengennya nginep dalam satu kamar, jadi saya sangat butuh ekstra bed, tapi sebelumnya pastikan dulu luas kamar hotelnya. Jangan sampai udah pesen ekstra bed eh luas kamar hotelnya sempit. Karena kan ekstra bed yang single aja ukurannya udah 90 x 195 jadi usahakan luas kamarnya agak besar yah.

Ekstra bed ini tuh disediakan hotel dan diberikan atas permintaan tamu dan pasti ada biaya tambahan. Jadi harus dipikirkan juga nih budget untuk ekstra bed. Terus untuk ekstra bed ini tuh ketersediaan setiap hotel berbeda - beda dan ada hotel yang memiliki ekstra bed terbatas. Apalagi pas mau libur lebaran sudah pasti penuh dan ramai, jadi harus booking dari jauh - jauh hari.

Diskusi dengan keluarga tentang booking hotel
Diskusi dulu dengan keluarga untuk memastikan semua keluarga yang ikut setuju dengan pilihan hotel yang kita pilih. Pikirkan juga tentang lokasi apakah dekat dengan rumah saudara atau jauh, kalau jauh malah bikin ribet jadi mendingan pilih hotel yang dekat dengan rumah saudaranya. Jadi kan setelah silaturahmi bisa istirahat lagi ke hotel.

Untuk urusan booking hotel, alhamdulillah saya sih ga pernah ada kendala. Tahun - tahun lalu juga kalau mudik saya selalu andalkan Traveloka untuk urusan booking hotel ini. Dan kayaknya tahun ini pun saya tetap andalkan Traveloka deh. Kenapa saya pilih booking hotel di Traveloka? karena pilihan hotelnya banyak mulai dari hostel, homestay, villa sampe hotel berbintang semuanya ada. Dan bisa ngecek juga ketersediaan ekstra bed pada hotel yang kita pilih. Bisa keliatan pas mau booking.




Pembayaran di Traveloka juga memudahkan banget gaes, selain via transfer dan internet banking juga bisa via mini market bayarnya, so simple.

Caranya gampang kok gaes, tinggal download aja applikasi Traveloka nya di smartphone temen - temen. Terus sign up, dan silakan deh bergerilya mencari hotel yang cocok dengan budget.Yang saya sukai adalah harganya jujur alias sudah all in sama pajak jadi ga usah khawatir lagi ada tambahan lainnya ya kecuali kalau mau tambahan tempat tidur atau ekstra bed yang saya maksudkan tadi.

Selain aplikasi bisa langsung juga mengunjungi websitenya nih : https://www.traveloka.com/hotel/indonesia . 

Ya sudah saya mau booking hotel di Traveloka dulu yah, mau nyari yang paling dekat sama rumah saudara aja ah biar ga ribet pas acara silaturahmi nya. Mudah - mudahan mudik rasa liburan kali ini menyenangkan yaah, aamiin.


Baca : Liburan itu penting loh gaes!



With Love,

Tian lustiana









You Might Also Like

32 komentar

  1. Aduuh aku jd kangen Jogjaa...
    Aku juga tiap pergi2 keluar kota and liar negri pesennya di Traveloka. Soalnya harganya lebih rasional dibanding yg lain sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, harga di Traveloka lebih rasional

      Hapus
  2. aku kalo pas mudik lebaran pasti nyempetin ke Yogjakarta. Selalu pengen balik lagi balik lagi emang teh. Terus nginep di hotel di Yogja juga murah, nyari hotelnya di Traveloka. aseeek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik yah kalau setiap mudik sempetin ke Yogyakarta

      Hapus
  3. Memang jogja ini bikin kangen. Sekali kesana rasanya istimewa. Pasti pengen balik lagi ^_^

    BalasHapus
  4. Ya alloh itu gudeg nya, aku sekali-kali nya ke Jogja dan yes selalu rindu teh sama suasananya dan segala atmosphere nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu bikin kangen berarti ya Jogja

      Hapus
  5. jadi pengen balik lagi ke yogya teh :( kemarin belum puas mainnya huhuhuu semoga ada kesempatan buat kesana lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy balik lagi ci puas2in nanti kalau ke Jogya nya yah

      Hapus
  6. Ahhhh aku kangen Jogja jadinya hiksss. Jogja memang memiliki t4 tersendiri dihatiku, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jangan - jangan ada yang tertinggal di Jogja, haha

      Hapus
  7. Aku juga senang pakai Traveloka. Mudah pakainya. Cara bayarnya juga jempolan.

    BalasHapus
  8. Betul juga. Kalau bawa keluarga kudu cari kamar besar biar bisa muat buat extra bed

    BalasHapus
  9. Teh, rumah saudaranya tetanggaan sama Hyatt? Wah hebat ya masih ada rumah di situ, padahal tanah sekitaran Hyatt sudah banyak yang digusur dan dibeli vendor untuk dijadikan bangunan bisnis.

    BalasHapus
  10. kalau lagi musim liburan, saya sebagai orang jogja malah ngendon di rumah. Kalo kata ibuk, memberi kesempatan buat warna luar kota buat nikmatin indahnya Jogja hihih

    BalasHapus
  11. Mudah banget ya sekarang mau travelling, tinggal booking di Traveloka. Apalagi harganya ga bohong ya, jadi gak bikin kantong was was deh 😁

    BalasHapus
  12. aku ingin banget ke jogja, ingin menjelajah wisata dan kulinernya

    BalasHapus
  13. jogja emg selalu bikin kangen 😂 objek wisata nya bnyk bgt , kuliner nya jg enak dan murah. ak jg sua pake traveloka nih 👍🏻

    BalasHapus
  14. Setuju, terlalu banyak alasan untuk pergi ke jogja. Penginapannya juga ada yang budget traveller di traveloka, bersih lagi hotel nya. Jadi pengen ke jogja lagi

    BalasHapus
  15. Aku juga sering booking di traveloka, navigasinya enak dan praktis. Recommended banget

    BalasHapus
  16. Dan aku pun jadi kangen ke Yogyakarta lagi, mba. Soalnya emang ngangenin. Aku waktu itu pesan tiket pesawat dan hotel di Traveloka. Andalan banget

    BalasHapus
  17. Kalau aku bilang, kalau ke Jogja, jangan lupa ke Borobudur yaa...
    Lalu orang Magelang nyaut, bukan Jogja...kak. Borobudur itu di Magelang.

    Huwwaa~

    Dan di dekte-deket Borobudur, ada Desa Wisataloo, teh..
    Kayanya sayang kalau dilewatkan begitu saja.

    BalasHapus
  18. Jogja, kota yang penuh kenangan. Buat aku yang paling ngangenin dari Jogja adalah suasana dan tentu saja makanannya. Next time ke jogja booking hotelnya coba pakai traveloka aah .

    BalasHapus
  19. Mbak, ralat dikit, candi borobudur itu di muntilan, termasuk jawa tengah, bukan yogyakarta. Kalo yg di yogyakarta itu candi prambanan. Btw, aku jg langganan booking hotel pake traveloka mbak. Suka pake traveloka krn harga yg tercantum sdh include pajak. Gak kayak buka yg lain2, awalnya keliatan murah, pas mau bayar, lhaaa kok jadinya gak semurah harga di awal. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. Ada banyak alasan untuk ke Jogja makanannya Dan suasananya semuanya membuat kangen aku jadi pengen ke Jogja lagi

    BalasHapus
  21. pas banget nih, libur lebaran ini juga aku mau ke jogja, cus ah cek cek traveloka buat hotelnya

    BalasHapus
  22. pengen banget ke jogjakartaa, pengen wisataa kulinernya kalo akuu, semoga suatu saat nanti bisa kesampean nih teh hehe

    BalasHapus
  23. ih udah lama aku ga ke jojga, jadi pingin kesana lagii! aku sering pake traveloka juga tuh buat booking hotel, gampang banget soalnya :)

    BalasHapus
  24. tempat wisatanya jogja sih juara, buanyak banget!
    aku waktu ke jogja pesen hotel di traveloka strategis bgt mba, dkt bgt tugu udh gitu murah. Happy bgt akutu

    BalasHapus
  25. Jogja selalu bikin kangen. Pas nih mau liburan Lebaran, bisa kayaknya diplanning buat liburan ke Jogja lagi. Makasi pengalamannya ya, Mbak, bisa jadi referensi tambahan buat aku nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive