Cara Mengatur Keuangan Keluarga Ala Ibu Zaman Now Bersama CEKAJA.COM

April 05, 2019

Bismillah, 

Dalam rangka memperingati ulang tahun CekAja.com yang ke-5, ada banyak hadiah yang menanti kamu. Mulai dari Sepeda Motor Scoopy terbaru, Kamera Mirrorless Fuji X-A10, 8 Smartphone Samsung Galaxy M20, dan gratis ribuan asuransi perlindungan kecelakaan diri. Gimana caranya? Cukup ajukan Kartu Kredit, KTA, atau Asuransi, dan masukkan kode voucher "CEKAJA5" untuk mendapatkan kesempatan rebut hadiah utama! Tunggu apalagi? Yuk, ikutan! Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk merasakan kemudahan akses finansial di CekAja.com dan jadilah pemenang beruntung!

Mupeng gak gaes?
Kalau mupeng, ikutan aja cus. Caranya gampang banget. Temen - temen cukup ajukan saja Kartu Kredit, KTA atau asuransi kemudian masukkan kode voucher "CEKAJA5" untuk mendapatkan kesempatan merebut hadiah utamanya. Yuk buruan ajakin temen - temen yang lainnya biar mereka juga pada merasakan kemudahan akses finansial di CekAja.com dan siapa tau juga menang, ya kan?

Kan lumayan ya kalau menang, bisa nabung. Iya kan? Atau pas menang pas akhir bulan juga kan seneng yah. Apalagi pas menang, pas abis gajian, makin mantabs itu.

Ngomongin gajian nih, ada yang ngerasa kok gajian cepet abis?
Pernah ga merasaka kayak gitu? 

Merasakan gaji yang setiap tahun naik, tapi ya tabungan segitu - gitu aja. Huh, kesel!
Ya, namanya juga manusia ya, ga pernah lepas dari kebutuhan sehari - hari yang anggarannya tuh lumayan besar. Apalagi nih kalau sudah menikah, punya anak. Kebutuhan bertambah. Kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak belum lagi kebutuhan dadakan lainnya yang budgetnya tuh lumayan loh gaes. Lumayan bikin sakit kepala maksud saya. 

Meskipun bikin sakit kepala namun kan semuanya itu harus dipenuhi, makanya harus pintar - pintar nyari uang plus pinter mengatur keuangan juga. Percuma sih pintar nyari uang kalau gak bisa ngatur keuangan, ya kan? 

Saya akui loh, mengatur keuangan itu bukan perkara mudah. Butuh kemampuan khusus buat ngatur keuangan, apalagi kalau penghasilannya ga besar, need more effort. Jangan sampai pemasukan / penghasilan / gaji cuman numpang lewat permisi saja, hehe. 

Jadi gimana dong? 
Apa yang harus dilakukan? Apalagi nih buat para mahmud dan pahmud yang baru menikah, yang masih terbawa gaya hidup ketika masih melajang. karena banyak temen - temen yang baru nikah dan mereka suka minta saran tentang mengatur keuangan, oke deh nih saya jembrengin beberapa tips simple yang mudah - mudahan bisa membantu pendapatan dan pengeluaran ya minimal menjadi seimbang lah yah, syukur - syukur sih jadi bisa menabung atau investasi, aamiin.  

Mengkalkulasikan seluruh penghasilan 
Kalkulasikan semua penghasilan, mulai dari gajian suami, gajian isteri, penghasilan tambahan, bunga deposito (jika ada). Pokoknya semua yang menghasilkan silakan ditotalin saja. Ini tuh biar tau berapa besar penghasilan yang diterima setiap bulannya, biar tau juga berapa dana yang akan dialokasikan untuk masing - masing pos kebutuhan. Semua kebutuhan ada pos nya, Primer, Sekunder dan Tersier. Masih inget kan pelajaran ekonomi tentang kebutuhan? Kalau masih bingung bisa googling aja yah.


Menyusun rencana pengeluaran
Ya, pengeluaran harus direncanakan. Meskipun memang banyak juga pengeluaran yang tidak direncanakan, alias pengeluaran dadakan atau urgent. Nah, setelah temen - temen kalkulasikan penghasilan, sekarang tulis perencanaan pengeluaran rumah tangga mulai dari yang penting sampe yang biasa. Misalnya pengeluaran makan dan minum, transportasi, bayar tagihan listrik, pulsa, kuota data, sewa rumah (cicilan rumah), cicilan utang, kartu kredit (jika ada), biaya makan diluar dan biaya lainnya yangg rutin dan dirasa memang perlu. Jangan lupa tuliskan juga pengeluaran yang dadakan, misalkan untuk pengeluaran dadakan alokasikan sekian rupiah.

Jangan lupakan tabungan, asuransi dan juga investasi
Zaman now itu bakalan terlihat keren kalau punya tabungan, asuransi juga investasi. Ya kan? Gaung seputar ini udah banyak dikoarkan dimana - mana tuh. Sisihkan saja sekitar 30% atau 35% dari penghasilan untuk nabung, dll. Misalnya nabung 15% nah sisanya itu bisa buat asuransi dan investasi. Ya atur - atur saja sesuai dengan budget yang dimiliki.

Menyiapkan dana cadangan
Bukan mau main bola aja yang butuh pemain cadangan. Namun dalam keuangan pun butuh dana cadangan. Dana cadangan ini digunakannya jika ada hal yang mendesak. Sifatnya bebas, jadi kita bisa menyisihkan berapapun untuk pos dana cadangan ini, ga usah dipatok sih. Yang penting komitmen untuk ga pernah menggoda dan mengusik dana cadangan ini. Hanya ada keadaan mendesak saja baru boleh dipakai.

Menjaga rasio utang 
Supaya keuangan tetep stabil, engga morat - marit, menjaga rasio utang itu perlu. Harus mengusahakan jangan lebih dari 30% tuh utang dari penghasilan yang sudah ditotalkan tadi diawal. Karena yah kalau misalnya lebih dari itu bisa - bisa penghasilan sebulan abis buat bayar cicilan utang. Makanya biar keuangan tetep sehat dan bugar, usahakan jangan lebih dari 30% ya untuk utangnya. 

Kalau terdesak nih butuh pinjaman dana, temen - temen juga harus pinter - pinter milih yah. Sekarang kan banyak tuh pinjaman online, jadi jangan asal apply pinjaman online. Harus ke yang terpercaya. Temen - temen sudah tau belum CEKAJA.COM ? 

CEKAJA.COM, solusi finansial zaman now 

CEKAJA.COM ini tuh adalah portal layanan informasi dan juga perbandingan yang netral, terpercaya yang akan membantu masyarakat Indonesia seputar keputusan finansial yang cerdas.

CEKAJA.COM juga memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah dan singkat. Jadi kalau misalnya temen - temen merasa ragu nih pengen asuransi atau produk finansial lainnya, langsung aja ceki - ceki di cekaja.com. Percayalah, karena cekaja.com ini didukung oleh tenaga - tenaga yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Juga didukung oleh sejumlah mitra Bank terbaik dan lembaga asuransi yang sudah terpercaya di Indonesia.

https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online kita bisa baca banyak artikel tentang pinjaman online ataupun tips plus strategi keuangan yang tentu saja bikin kita semakin cerdas dalam hal finansialnya, ya kan?

With Love,





You Might Also Like

25 Comments

  1. Sebagai yang awam banget sama finansial, cek aja ini bisa dijadikan bahan bacaan wajib nih. Biar ga buta-buta banget sama dunia keuangan :))

    BalasHapus
  2. Waah kayaknya aku butuh nih artikel2 keuangan di cek aja. Susah banget emang atur keuangan yaa apalagi ditambah jadi bendahara tabungan ibu2 PKK. Banyak duit taoi bukan duit sendiri hahaha.

    BalasHapus
  3. Saya harus mulai rajin ngecek kondisi keuangan. Apalagi biasanya di bulan Ramadan suka lebih konsumtif. Saya baca dulu beberapa artikel di CekAja

    BalasHapus
  4. Widiiih, asyik bangeeett!
    CekAja ini salah satu portal finance yg super duper informatif!
    --kindly visit my blog bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Aku banget tuh, sewaktu masih bekerja dan suami juga bekerja kantoran, sering banget ngumpulin penghasilan dan kemudian membagi ke post post yang wajib dibayarkan. Duh, kadang uang baru dibagi ke post wajib saja udah kelihatan ada yang ndak kebagian. Dulu belum tahu nih ada cekaja.com Sekarang mah sudah jaman digital ya, semua masalah sepertinya bakal didapat solusinya ya

    BalasHapus
  6. Kalau udah baca tips2 begini, yang kudu diingat adalah disiplinnya ya

    BalasHapus
  7. Kalau ngatur keuangan keluarga suka semangat deh, apalagi baca tips begini. Tapi itu teh cekaja ini sudah diawasi OJKkah?

    BalasHapus
  8. Aku nih... Saldo tabunganku susah montoknya. Awal bulan aja yang gede akhir bulan segitu lagi hahaha... Duh itu kamera mirorless Fujinya bikin mupeng *tuuuh kan*

    BalasHapus
  9. Boleh nih mba cekajadotcom tambah pngetahuan buat literasi keuangan aplg ibu2 kyk Kita u,, klo aku lg jauh2 buat Kartu kredit ngeri bngt kebablasan klo blnja

    BalasHapus
  10. Dana cadangan yang sering nggak kebagian. Udah disisih-sisihin, ee larinya ke toko online, wkwkwk. Manajer keuangan yang gak hisa dhandalkan keluarga nih. Kudu segera insyaf terus belajar literasi keuangan. Puenting banget.

    BalasHapus
  11. Sedih banget lah gaji teh meuni cuma numpang lewat doang gak sopan banget, gak pake punten punten acan hahaha

    Kayaknya pengen coba nih melipir ke CEKAJA. COM

    BalasHapus
  12. Mbaaa, aku jadi penasaran ngubek ngubek LinkAja. Terutama mau buat siapkan dana cadangan, mba. Harus beneran disiapkan ini ya

    BalasHapus
  13. Bener banget mbak, ngatur keuangan itu ga mudah. Perempuan sih biasanya yang paling pusing buat nyukupin seluruhnya. Makanya biasanya perempuan juga dengan sendirinya bisa jadi manager keuangan yang handal

    BalasHapus
  14. Betul banget...mengatur keuangan itu ga gampang..harus disiplin juga, biar tidak ada post lain yang dikorbankan. Cekaja.com sepertinya bagus nih buat referensi biar semakin pinter masalah keuangan dan segala perniknya. Tfs mb...

    BalasHapus
  15. Wah udah ultah ke 5 nih, dan saya baru tahu lewat postingan ini ada cekajadotcom. Mau kepoin ah, biar smart ngatur keuangan. Tfs mbak

    BalasHapus
  16. Aku harus berusaha lebih banyak nabung ni biar ngga habis begitu saja duitnya huhu buat bekal kuliah anak kelak ya

    BalasHapus
  17. Kerasa teh sama aku, yang masih (((melajang))) aja udah ribet ngurusin keuangan, apalagi nanti kalau udah berkeluarga yah, perlu belajar dari sekarang.

    Btw itu menarik banget teh Cekaja, jadi bisa dong yaa beli barang-barang impian dananya pinjem dulu dari sana hehe

    BalasHapus
  18. Lumayan nih ada aplikasi baru yang bisa membantu pengeluaran keuangan rumah tangga ya. Pengen download ah.

    BalasHapus
  19. Kudu banget nih bisa mengatur keuangan. Karena aset bersih didapat bukan hanya dari pandai mencari uang, tapi harus pandai juga dalam mengeluarkannya.

    BalasHapus
  20. Kalau soal bikin menyusun rencana pengeluaran ini selalu dilakukan tiap bulan. Namun realisasinya. Duh meleset jauh *tepok jidat. Meski pada akhirnya nyesel kalau udah akhir bulan. Kudu displin lagi nih kayaknya mulai bulan depan.

    BalasHapus
  21. Duh baca tulisan ini jadi menyadarkanku kalau aku mesti lebih belajar lagi soal pengaturan keuangan rumah tangga. Iya kadang berasa banget duit koq cepet abis ilang kemana ya

    BalasHapus
  22. Oh ternyata cekaja ini gak cuma menawari beberpa solusi kredit tapi asuransi dan jg produk finansial lainnya ya mbak?
    Kalau investasi kira2 ada jg gak ya? mau ah liat webnya TFS

    BalasHapus
  23. Aku baru tahu produk keungan cek aja itu lumayan lengkap ya, makin banyak start up fintech yang ngerti banget kebutuhan kita yang susah ngatur uang hehehe

    BalasHapus
  24. Kredit pinjaman online bahaya ga sih...bbrp waktu lalu baca beritanya harus hati2 katanya banyak yg blm terdaftar di ojk

    BalasHapus
  25. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online PM Slots
    Beragam hadiah kemenangan dari permainan Slot, terdapat lebih dari 100 jenis permainan slot HTML5 yang sudah terbukti.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Follower

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan