Pilihan Warna untuk Desain Minimalis pada Interior Ruangan

09.22.00


Bismillah, 

Minimalis. Sebuah kata yang selalu dikaitkan dengan berbagai segmen properti yang sedang populer saat ini. Kayaknya sekarang tuh apa - apa inginnya dikonsep dengan minimalis, bener ga gengs? 

Nah dalam properti pun sama, kepopuleran minimalis dapat dilihat dari beragam proyek rumah dijual baru yang muncul pada zaman ini. Konsep minimalis dalam spesifikasi hunian diadopsi oleh beragam rumah dijual, baik rumah dijual satu lantai ataupun rumah bertingkat. Minimalis dalam bangunan rumah dijual diartikan dengan bangunan yang ramping dengan struktur yang sederhana. 




Bukan cuma dalam segmen bangunan rumah dijual, minimalis dalam segmen properti juga berkaitan dengan segmen desain interior. Belakangan ini, konsep minimalis dalam desain interior diadopsi tidak hanya untuk beragam proyek rumah dijual, namun juga beberapa restoran dan kafe.



Berasal dari budaya Zen dari Jepang, konsep desain minimalis dimaknai sebagai penataan ruang secara sederhana yang menekankan esensi kehidupan pada sebuah bangunan.

Karena kesederhanannya, seringkali desain interior minimalis sering menjadi desain yang membosankan meskipun tujuannya untuk memunculkan nuansa ketenangan dan kenyamanan bagi para pemukim. Hal ini biasanya dikarenakan pewarnaannya yang monotone dari warna netral.


Rata-rata pewarnaan minimalis yang netral tidak jauh-jauh dari tone warna monokrom, yaitu warna putih atau abu-abu. Padahal, warna-warna netral yang cocok untuk desain interior minimalis tidak terbatas dari warna-warna tersebut saja.

Ada sejumlah warna netral yang memunculkan kesan menarik dan berbda dari yang biasanya. Beberapa warna seperti Beige, Hitam, atau Dusty pink, misalnya. Warna-warna ini diketahui merupakan pilihan warna netral yang justru dapat mengembangkan konsep minimalis dalam dekorasi rumah.

Beige
Diantara warna putih dan abu-abu yang biasa ditemukan sebagai pewarnaan netral pada desain minimalis, tone warna beige merupakan warna yang saat ini paling populer. Hal tersebut dikarenakan warna beige dapat mengakomodasi nuansa kehangatan dan ketenganan pada tiap ruangan, apalagi jika pencahayaan natural ruangan cukup bagus. Sama seperti putih dan abu-abu, memilih warna beige akan dapat sangat menunjang furnitur atau aksesoris berbahan dasar kayu yang ditempatkan pada ruangan



Hitam
Sekalipun tone warna hitam masuk ke dalam pallette warna netral, sebagian besar orang mungkin berpendapat bahwa warna hitam akan menimbulkan kesan mistis dalam interior minimalis. Itu tentu sepenuhnya tidak benar.



Ada yang perlu diingat nih, interior minimalis berbicara tentang esensi ketenangan di dalam hunian, dan hitam merupakan warna yang dapat sangat mudah menghadirkan nuansa tersebut dibanding warna lainnya. Memilih warna hitam untuk pewarnaan dinding interior minimalis diketahui dapat meningkatkan nuansa ketenangan pada level tertinggi.

Untuk mencapai level tersebut, faktor pencahayaan tentu harus dipertimbangkan. Di pagi dan siang hari, kita perlu memaksimalkan pencahayaan natural yang masuk ke dalam ruang agar warna hitam memudar menjadi mirip abu-abu tua yang hangat. Untuk pencahayaan malam hari, ada baiknya untuk mengolaborasikan lampu-lampu sorot warna warm white yang dipasang di langit-langit atau sudut-sudut ruang agar rumah minimalis  tidak terlalu mencekam.

Pink Pudar
Ingat pewarnaan netral terbaik tidak hanya datang dari irisan warna monokrom (hitam-putih). Ini juga bisa hadir dari tone warna pastel, dusty pink misalnya.


Berbeda dengan merah muda yang mencolok, dusty pink atau pink pudar tergolong lebih kalem dan netral karena masih mengiris warna putih didalam tone warnanya. Dusty pink merupakan warna yang menarik, dimana selain memunculkan kesan netral, juga  akan mendapatkan kesan yang lebih colorful dan ceria. Kesan ini tentu akan mengangkat aktivitas kehidupan di dalam ruangan jadi lebih menyenangkan.

Gimana nih gengs konsep minimalisnya? Oke kan? 




With Love,


You Might Also Like

1 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive