Mau Jual Rumah Cepat? Wajib Tahu Beberapa Hal Ini!

Bismillah, 

Menjual rumah sekarang tuh agak - agak susah, apalagi jual dalam kondisi bekas yah. Gampang - gampang susah gitu gaes. Dengan kondisi properti saat ini yang masih kurang baik. Butuh usaha ekstra dan juga kesabaran ekstra bila ingin cepat laku dan mendapatkan pembeli. Iya gak? 

iklan jual rumah





Kalau dibandingkan dengan menjual apartemen nih, ada beberapa orang yang bilang jual rumah itu bukanlah proses yang mudah dan memang jual rumah itu butuh waktu yang cukup lama. 
Sepertiyang dikutip dari kompas.com, ada beberapa sejumlah kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat menjual rumah misalnya adalah memasang harga yang tidak tepat, menjual rumah dalam kondisi seadanya, alias tidak melakukan perbaikan atau bahkan tidak membersihkan. Padahalkan kalau dibersihkan dulu atau diperbaiki dulu bakalan menambah nilai jual. 

Lalu bagi yang beriklan online, seringkali menyepelekan penggunaan foto. Padahal bisa dibilang ini daya tarik utama dari iklan properti. Sedangkan kalau yang memilih pakai perantara, justru menggunakan agen properti yang salah. Pengaruh agen properti dalam penjualan juga sangat besar, karena dia yang akan mengurus segala sesuatunya. Jadi memang harus hati-hati dalam memilih.

Namun sebelum lebih jauh membahas agen properti, sebaiknya mulai dulu dari tahap persiapan, memastikan bahwa temen - temen sudah membuat langkah-langkah yang benar.

Persiapan Jual Rumah
Seperti yang diungkapkan sebelumnya, jangan sepelekan tahap persiapan. Tujuannya tentu saja untuk membuat properti kita tuh tampil dalam kondisi terbaik.

persiapan jual rumah

Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan :


1. Membersihkan rumah
Ini termasuk membuang sampah, menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan seperti barang-barang personal, hingga membersihkan halaman dan memotong rumput.

2. Melakukan perbaikan
Jika memang ada yang harus diperbaiki, jangan lewatkan tahapan ini juga ya! Seperti memperbaiki genteng atau atap yang bocor, mengganti perlengkapan yang sudah berkarat dan sebagainya.

3. Mempercantik rumah
Mempercantik rumah bisa dengan mengecat ulang bagian dalam hingga melakukan penataan taman di bagian depan rumah yang akan diakses pertama kali oleh calon pembeli ketika datang ke rumah.

Karena dalam hal ini penampilan adalah yang utama, jadi berikan kesan yang baik ya agar pembeli tertarik. Kalau pembeli suka dan tertarik, tentu harga bakalan ngikutin, ye kan?

jual rumah

Tips Mudah Jual Rumah
Ketika langkah persiapan di atas sudah dilakukan, tahapan berikutnya adalah menyiapkan iklan jual rumah. Dalam hal ini juga ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya adalah


1. Tentukan harga yang sesuai
Banyak orang yang terjebak menjual rumah dengan harga tinggi, namun sebenarnya ini akan menurunkan minat pembeli, bahkan untuk sekedar bertanya-tanya.

Intinya berikan harga yang realistis. Dimana artinya juga jangan terlalu murah mematok harga rumah , karena ini hanya akan menimbulkan keraguan bagi pembeli tentang kualitas rumah.

Jadi temen - temen juga perlu survei dulu ya pasaran yang pas untuk properti , supaya tidak salah dalam memberikan harga.

2. Persiapkan foto dan deskripsikan fasilitas dan kelebihan
Seperti yang diungkapkan sebelumnya, banyak yang menyepelekan peran foto dalam iklan jual rumah, padahal ini jadi kunci keberhasilan menjual rumah lho!

Kalau rasanya temen - temen tidak terlalu ahli dalam menangkap sudut-sudut rumah dengan cara yang menarik, sewa lah fotografer atau setidaknya orang yang lebih mahir dalam memotret dan dengan perlengkapan yang sudah memenuhi standar.

Jangan hanya di bagian depan rumah, foto juga bagian dalam rumah ya! Misalnya ruang utama, atau spot tertentu yang ingin ditunjukkan, kalau bisa sampai ke halaman belakang rumah. Intinya tunjukkan kelebihan yang dimiliki rumah yang akan membuat orang tertarik.

Selain foto, deskripsi tentunya juga penting. Gambarkan spesifikasi rumah, hingga fasilitas-fasilitas dan lingkungan di sekitar, fasilitas umum yang berada dekat rumah, termasuk akses mudah ke tempat publik, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

3. Utamakan keinginan pembeli sehingga mereka nyaman
Ketika hendak beriklan, maka otomatis juga sudah siap untuk melayani pembeli. Termasuk ketika mereka bertanya-tanya seputar properti, hingga jika mereka ingin mengecek langsung rumah yang dijual.

Di sini temen - temen perlu terbuka dan fleksibel melayani calon pembeli agar mereka senang karena merasa diutamakan. Jangan lupa juga untuk selalu bersikap sopan, terlepas dari mereka jadi membeli atau tidak.

Tapi tahapan satu ini bisa saja dihindari jika memilih menjual rumah melalui agen atau broker.


jual rumah via agen properti

Cara Jual Rumah

Bicara jual rumah lewat perantara, ini merupakan salah satu cara dari beberapa opsi yang bisa diambil, tentunya setelah menyiapkan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Dan berikut cara-cara jual rumah yang bisa menjadi pilihan:

1. Jual rumah secara langsung (offline)
Dalam hal ini temen - temen bisa memasang iklan di depan rumah lengkap dengan nomor kontak yang selalu siap untuk dihubungi.

Atau juga bisa memberitahu keluarga dan kenalan sehingga informasi mengenai iklan properti  akan tersebar dari mulut ke mulut.

Hanya saja kelemahannya adalah jangkauan informasi iklan properti temen - temen akan sangat terbatas, sehingga peluang untuk laku pun juga kecil.

2. Jual rumah via media online
Saat ini sudah bisa dengan mudah beriklan dengan menggunakan media online, misalnya dengan memanfaatkan jejaring sosial, forum dan blog khusus, atau bisa juga memanfaatkan situs jual beli alias e-commerce hingga website properti seperti 99.co/id.

Dengan cara ini, jangkauannya tentu lebih luas dan peluang untuk iklan diketahui oleh pembeli potensial lebih besar. 

Tapi jangan lupa, untuk memasang iklan dengan mengikuti tips-tips yang sudah dibagikan sebelumnya ya!

3. Jual rumah menggunakan jasa agen properti
Seperti yang disebutkan sebelumnya, menjual rumah lewat agen properti,tidak perlu ‘repot’ melayani pertanyaan dan menemani pembeli mengecek properti langsung. Karena semuanya sudah ditangani oleh agen properti.

Menggunakan jasa agen properti adalah salah satu cara cepat jual rumah. Ini karena mereka bekerja secara profesional dan memiliki data pembeli yang potensial. Sehingga mereka bisa langsung memetakan calon pembeli yang berminat membeli properti .

Lagipula, mereka juga menguasai harga pasaran sehingga bisa mengalkulasi nilai jual properti  dengan tepat. 

Namun, bukan berarti menggunakan jasa agen properti tidak memiliki resiko. Jadi temen - temen perlu tahu dulu nih, beberapa tips menggunakan jasa agen properti:

1. Menggunakan broker yang tergabung dalam perusahaan, karena biasanya ini lebih terjamin kualitasnya dibanding yang bekerja secara independen. Hal ini juga tentunya karena mereka membawa nama instansinya. 

2. Temen - temen juga perlu meneliti perusahaan dari agen properti. Tentunya pilih yang memiliki rekam jejak bagus di dunia properti. Yang jelas perusahan yang dipilih harus memiliki izin usaha.

3. Simpan kontak agen properti mulai dari nomor telepon, email hingga alamat. Dan pastikan mereka mudah dihubungi. 

4. Buatlah perjanjin sedetail mungkin, mulai dari soal fee atau komisi dimana besarannya adalah 2% - 3% dari harga jual properti. Lalu perjelas juga mengenai target waktu yang dibutuhkan untuk menjual rumah, pastikan juga pihak agen tidak mengoper pemasaran ke pihak lain.

Kalau  bisa memilih agen properti terpercaya, ini akan jadi cara yang praktis untuk jual rumah. Tapi temen - temen juga bisa memilih menjual sendiri secara online maupun offline dengan tips yang sudah diberikan di atas. 

Semoga rumahnya cepat laku terjual yaa gaes dan untungnya pun besar, aamiin. 




With Love,








Posting Komentar

5 Komentar

  1. Wah betul banget tuh tips yang ada di atas. Boleh di coba nih kalau mau jual rumah hehe

    BalasHapus
  2. Betul banget tuh, kalau menjual rumah selain dilakukan dengan cara offline juga bisa dengan menggunakan cara online

    BalasHapus
  3. Wah bisa dicoba nih tipsnya. Terima kasih sangat membantu kak tipsnya

    BalasHapus
  4. Ternyata ketika mau menggunakan jasa properti juga masih banyak ya yang harus diperhatikan

    BalasHapus
  5. Mendeskripsikan kelebihan dari rumah tersebut memang yang paling utama tuh, iya kan?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.