Perhatikan Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

11.10.00

Bismillah, 
Zaman sekarang, mau nambah modal usaha tuh gampang loh. Beneran!
Karena sekarang tuh banyak sekali pinjaman - pinjaman yang menawarkan modal usaha, mulai dari Bank sampai perusahaan Fintech pun banyak yang menyediakan pinjaman untuk modal usaha. 



Untuk yang memang sedang membutuhkan suntikan modal usaha, ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan dulu sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, diantaranya adalah : 

Benarkah butuh pinjaman modal usaha? 
Tanyain sama diri sendiri, benar ga sih butuh pinjaman modal usaha. Jangan hanya karena tergiur pinjaman saja, terus langsung deh apply pinjaman. Mungkin temen - temen sedang punya rencana buat ekspansi bisnis dan memang butuh banyak modal, ya silakan ajukan pinjaman. Atau mungkin sedang butuh peralatan / perlengkapan baru untuk menunjang produksi, ya mangga langsung saja ajukan pinjaman modal usaha nya. Yang pasti harus bener - bener butuh suntikan modal usaha, jangan asal - asalan minjem.  Jadi memang, kalau mau mengajukan pinjaman modal usaha harus jelas alasannya karena nanti investor pasti bakalan nanya akan hal ini kok. 

Berapa banyak modal usaha yang dibutuhkan? 

Kembalikan lagi sama laporan keuangan usaha nih. Pastinya sudah ada rencana kan berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk ekspansi bisnisnya. Nah jangan sampai hitungannya asal - asalan karena jika mengajukan pinjaman yang terlalu sedikit pun nantinya memunculkan masalah modal dikemudian hari. 



Nah, kalau mengajukan pinjaman yang terlalu banyak pun entar terlihat jelas bahwa kita gak ada penelitian yang cukup untuk modal usaha. Takutnya nanti pihak Bank atau investor malah menilai usaha kita tuh kurang kredibilitas. Jadi, wajib nih menghitung secara matang sebelum mengajukan pinjaman modal usaha. 

Kondisi keuangan 
Bank atau lembaga keuangan atau investor yang akan memberikan pinjaman modal usaha itu ingin tau dong apakah kondisi keuangan kita tuh sehat dan bisa melunasi pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika seandainya Bank / lembaga keuangan menilai usaha kita tuh ga mampu melunasi dan mengembangkan usaha, maka besar kemungkinan pinjaman bakalan ditolak. Jadi sebelum mengajukan pinjaman modal usaha arus kas harus dipastikan sehat. Neraca perusahaan, laporan rugi laba, laporan arus kas harus disiapkan dengan sebaik - baiknya yah. 

Cari lembaga keuangan yang paling sesuai 
Harus rajin dan mau nyari - nyari produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha kita. Makanya, sebelum menentukan jenis pinjaman mana yang nantinya akan diajukan, harus teliti dulu struktur produknya, suku bunganya dan lainnya. Misalnya nih, kalau mau ajuin di Bank pasti memberikan pinjaman yang berjangka panjang dan nominalnya pun lebih tinggi, beda dengan lembaga keuangan lainnya yang proses lebih cepat dan nominal lebih rendah. Jadi, harus benar - benar dipikirkan dulu mau yang mana, pilih yang paling sesuai saja. Kalian juga bisa memanfaatkan situs perbandingan, seperti Financer.com untuk membandingkan pinjaman dari berbagai bank dan fintech yang menawarkan modal usaha sesuai dengan kondisi keuangan kalian.

Rencana bisnis 

Rencana bisnis apa yang akan dilakukan jika sudah memiliki pinjaman modal usaha.  Jangan lupakan itu, karena nanti akan diminta untuk membuat rencana bisnis, karena Bank atau lembaga keuangan juga ingin mengetahui bagaimana uang modal akan dipergunakan. Untuk apa saja, jadi harus rinci dan detail. 



Rencana bisnis yang kuat harus didukung dengan laporan keuangan masa lalu dan masa kini plus dilengkapi dengan proyeksi di masa depan juga. Hal penting lainnya juga adalah mengetahui lebih detail tentang perusahaan dan produknya. Analisis pasar dan strategi perusahaan jangan pernah dilupakan juga yah. 


Well, itulah gengs, sebagian kecil hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha


With Love, 











You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah bener banget tuh hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha.

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh, rencana bisnis itu yang paling penting menurutku

    BalasHapus
  3. Wah bener banget tuh sekarang memang banyak sekali yang menawarkan modal usaha

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget nih informasinya. Terima kasih kak

    BalasHapus
  5. Ini nih yang paling penting yaitu cari lembaga keuangan yang paling sesuai

    BalasHapus
  6. Bermanfaat banget, kebetulan mau coba mulai usaha baru dari sekarang. Thank's for sharing!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive