Fakta Yang Harus diketahui Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

15.44.00

Bismillah, 
Temen - temen sudah pada tau kan apa itu KTA (Kredit Tanpa Agunan) ? 
Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini tuh sudah menjadi solusi untuk masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman cepat tanpa perlu menyediakan agunan atau jaminan, seperti sertifikat, surat - surat kepemilikan kendaraan dan lainnya. Biasanya sih yang pada ngajuin Kredit Tanpa Agunan ini tuh yang ada kepentingan mendesak atau buat modal juga bisa sih. 



Kredit Tanpa Agunan ini merupakan produk pinjaman dana yang awalnya hanya disediakan oleh Bank saja. Namun sekarang kan teknologi makin berkembang pesat yah, banyak perusahaan Financial Technology (Fintech) yang juga menyediakan layanan Kredit Tanpa Agunan. Mungkin karena popularitas KTA sekarang meningkat jadinta Fintech makin banyak yang memberikan layanan serupa kali yah, namun tetap saja temen - temen harus hati - hati dalam mengajukan Kredit Tanpa Agunan ini yah. Kalau mau via Fintech, pastikan Fintechnya terdaftar di Otoritas jasa Keuangan (OJK). 

Jenis - Jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) itu secara umum sih ada dua jenis, yang reguler dan payroll. Tujuannya sih beda namun karakteristiknya ada mirip - miripnya. 

KTA Reguler, pinjaman tanpa jaminan yang disediakan Bank atau Lembaga Fintech untuk masyarakat umum. Seseorang ga perlu jadi nasabah Bank tertentu untuk bisa akses KTA dari Bank itu kok. 

KTA Payroll, kalau KTA jenis ini ditujukan untuk karyawan yang memiliki gaji bulanan dari Bank yang menyediakan pinjaman KTA itu. KTA payroll ini lebih cepet loh prosesnya dan dana yang di acc pun lebih besar. Kenapa? Karena Bank bisa lebih percaya dan memastikan bahwa penerima KTA ini bisa mengembalikan pinjaman dengan statusnya sebagai karyawan yang menerima payroll dari Bank itu, lebih aman buat Bank juga kali yah.

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 


Gak butuh agunan atau jaminan 
Beda sama pinjaman lain, Kredit Tanpa Agunan ini ga usah ada agunan atau jaminan. Namun ya gitu deh, jumlah dana yang dicairkan tidak sebesar pinjaman lain yang mengharuskan jaminan. 

 Plafon kredit bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial 
Bagi yang mau mengajukan KTA bisa loh disesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan juga. Jadi menyesuaikanlah yah. Namun tetap ada beberapa ketetapan dari Bank / Fintech nya juga. 

 Proses ringkas dan singkat 
Gak lama loh pencairan KTA bisa dalam hitungan hari, ga sampe berbulan - bulan kok, asalkan semua persyaratan beres dan sudah dipenuhi. 

 Dana bisa untuk segala keperluan 
Gak mesti buat modal aja, dana pinjaman KTA ini bisa untuk kebutuhan apa saja, mau konsumtif ataupun untuk produktif, yang penting sanggup membayar saja. 



Syarat - syarat Kredit Tanpa Agunan apa saja? 

Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan isteri ( kalau sudah menikah) 
Slip gaji terakhir untuk karyawan
Surat izin usaha untuk yang memiliki usaha 
Rekening Bank 
NPWP

Selain itu ada yang paling banyak ditanyakan dan mempengaruhi banget diacc enggak nya, adalah Kartu Kredit. Bank memberlakukan syarat memiliki kartu kredit ini mungkin supaya bisa nilai kemampuan keuangan pemohonnya, bayarnya disiplin engga kali yah. 

Proses Pencairan Kredit Tanpa Agunan 

Kredit Tanpa Agunan ini bisa diakses langsung datang ke kantor penyedianya, tapi zaman now bisa juga loh via online. KTA online ini lebih memudahkan bagi yang sibuk. Cukup dengan mendaftarkan diri dan mengirim semua berkah lewat situs Fintech / Bank lalu pengajuan KTA diproses deh. Selama persyaratan aman, pencairan akan cepat. 



Apa saja sih yang harus diperhatikan tentang Kredit Tanpa Agunan ini?


KTA ini memang termasuk pinjaman yang pencairannya cepat. Namun ada beberapa yang harus temen - temen perhatikan juga yah, diantaranya :

Biaya Kredit Tanpa Agunan 
  1. Provisi, biaya administari yang pada umumnya dipotong langsung dari plafon yang dicairkan. Besar biaya nya tuh kebanyakan 3% dari jumlah pinjaman. Misalnya temen - temen minjem 10 jutaam nih, artinya yang diterima cuman 9.7 juta saja karena biaya provisi senilai 3% dari 10juta itu adalah 300ribu. 
  2. Penalti, biaya ini akan muncul kalau dilunasi lebih cepat dari tenor yang diawal sudah disepakati. Misalkan nih temen - temen harus ngangsur 12 bulan, namun temen - temen di bulan ke 11 sudah dilunasi, maka penalti akan dikenakan. Jumlahnya beda - beda tergantung Bank / lembaga keuangan. Namun ada juga sih ya gak bebankan penalti. 
  3. Biaya keterlambatan pembayaran, denda yang akan dikenakan jika temen - temen terlambat membayar anngsuran. 
  4. Biaya tahunan, gak semua KTA menerapkan biaya tahunan sih, andaipun ada biasanya muncul di tahun kedua sampai angsuran lunas. 
  5. Asuransi.Biaya asuransi ini gunanya melindungi penerima KTA jika mengalami hal yang tidak diinginkan dan ga bisa bayar angsuran sampai lunas. Maka KTA nantinya akan dilunasi sama pihak asuransi. 
Dan masih banyak hal lainnya yang harus diperhatikan sama temen - temen jika ingin mengajukan Kredit tanpa Agunan. Bisa langsung kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan saja.

With Love,





You Might Also Like

7 komentar

  1. mau coba kredit tapi masih takut takut, minimal dapat tips diatas biar lebih siap lagi kalau mau ambil kredit. Makasih sharing sharing nya kak.

    BalasHapus
  2. Wah artikelnya bermanfaat banget nih. Terima kasih informasinya Bun

    BalasHapus
  3. Wah ternyata banyak juga ya keuntungan yang bisa didapatkan dari kredit ini

    BalasHapus
  4. Sekarang memang serba online ya. Apa-apa online. Jadi, lebih mudah

    BalasHapus
  5. Wah ternyata juga bisa dicairkan secara online ya. Keren banget dah

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu nih. Ternyata semudah itu ya, banyak untungnya juga

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive