Inilah Lima Kesalahan Menyikat Gigi yang Sering Dilakukan

11.06.00

 Bismillah, 
Meski terbilang mudah, tapi tidak semua orang menyikat gigi dengan benar sesuai dengan kaidah menyikat gigi.Berniat untuk menjaga gigi tetap sehat namun ternyata malah membuat gigi semakin sakit dan berlubang.Memang bakteri hilang, namun ternyata rusak karena penanganan yang salah akibat salah menyikat gigi.Ini juga yang membuat cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat tak berpengaruh bagi orang yang mengeluh gigi dan gusinya sakit.Berikut ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat menyikat gigi.



1. Waktu hanya sebentar
Kebanyakan orang dewasa menyikat gigi sangat sebentar.Seolah-olah terburu-buru dalam menyikat gigi tak sampai 1 menit.Padaha idealnya menyikat gigi adalah 2 menit dengan banyaknya bagian gigi yang disikat. Memang saat menyikat gigi, sepertinya satu dua kali menyikat akan merasa gigi sudah bersih sehingga lanjut ke bagian gigi yang lain. Jika kamu menyikat gigi dengan cepat maka jangan harap kamu akan menemukan cara meghilangkan sakit gigi dengan cepat. Sikatlah setiap bagian gigi minimal 30 menit lamanya.

2. Langsung berkumur
Menyikat gigi dengan pasta gigi akan menghasilkan busa yang berisi kotoran dari sisa makanan dan plak yang menempel. Setelah selesai menyikat, pastikan kamu membuang busa dari pasta gigi dan tunggu sebentar hingga konsentrasi fluoride yang terkandung pada pasta gigi larut membersihkan kuman pada bagian gigi. Setelah itu baru berkumur untuk  membersihkan sisa pasta gigi hingga mulut kembali segar.


3. Sikat gigi setelah makan
Banyak himbauan untuk menyikat gigi setelah makan.Memang ini adalah himbauan yang benar.Namun tidak benar-benar setelah makan.Kamu harus menunggu hingga 30 menit setelah makan. Jika langsung sikat gigi setelah makan justru akan membuat gigi menjadi rusak. Perhatikan makanan yang kamu makan untuk memastikan semua sisa makanan dan zat dalam makanan hilang dan tertelan.Saat makan, ludah akan menghasilkan enzim asam yang digunakan untuk menghancurkan makanan yang akan dikonsumsi. Jika enzim asam ini masih tersisa dan langsung disikat, maka akan terjadi pengikisan pada gigi.

4. Menggunakan obat kumur
Kandungna obat kumur sangat baik untuk mengontrol kerusakan gigi dan pastinya membuat nafas menjadi lebih segar dan harum. Namun sebaiknya menggunakan obat kumur tidak dilakukan tepat setelah sikat gigi. Gunakan obat kumur setelah makan siang dan bukan sesaat setelah sikat gigi karena kandungan fluoride akan hilang terbasuh oleh obat kumur. Ada cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat yang bisa dilakukan yaitu menggunakan obat kumur ini karena kuman akan segera hilang. Pastikan juga kamu tidak makan selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur ini.

5. Tidak rutin
Meski menyikat gigi tak sampai 5 menit, tapi tidak semua orang benar-benar rutin melakukannya sebelum tidur dan bangun tidur.Banyak orang malas menyikat gigi atau bahkan menyikat gigi hanya sekedar saja saat ingat atau saat merasa risih dengan giginya.Padahal sekali saja tidak menyikat gigi sebelum tidur, maka ada banyak hal buruk yang mengintai.Misalnya riset tentang rutin sikat gigi ini menyatakan bahwa orang yang jarang menyikat gigi juga mengalami peningkatan terhadap resiko penyakit jantung.Jika saja semua orang menyadari sikat gigi tidak hanya tentang kesehatan gigi tapi juga kesehatan semua organ tubuh, pastinya tak ada lagi orang yang malas sikat gigi.Maka mencari cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat bisa dihindari karena memang sudah dicegah sejak dini.





With Love, 




You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah bener banget tuh kak. Terima kasih Mbak informasinya

    BalasHapus
  2. Wah banyak banget ya kesalahan dalam menyikat gigi ternyata

    BalasHapus
  3. Ini nih yang biasa sering saya lakukan wkwk

    BalasHapus
  4. Hmm ternayat menyikat gigi setelah makan itu tidak baik ya. Harus butuh waktu sekitar 30 menitan

    BalasHapus
  5. Wah bener banget nih. Sering banget nih secara nggak sadar melakyukan kesalahan ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive