Reaching To The Worlds With The Word

Rabu, 27 Februari 2019

Tips Atasi Handphone Panas

Bismillah, 


Gak nyaman banget deh kalau handphone tiba - tiba terasa panas. Kalau keseringan panas, ujung - ujungnya handphone jadi cepet rusak dong. Belum lagi ke tangan juga jadi ga nyaman pegang handphone nya panas, ya kan?


Sebenernya, panasnya handphone itu akibat ulah user nya juga loh. Beneran! Gak percaya, oke saya bakalan share nih beberapa penyebab kenapa sih handphone suka panas. Dan jangan kaget kalau salah satu penyebabnya sering kita lakukan, hehe. 



 Kelamaan main game 
Kelamaan main game bisa jadi salah satu penyebab handphone sering panas loh. Apalagi kalau yang sering main PUBG, itu kan game nya berat jadi kinerja GPU handphone nya bekerja sangat keras, dan akhirnya panas deh. Main games ya boleh aja, silakan. Namun gak usah terlalu lama lah, cukup sejam atau dua jam saja nah kasi kesempatan handphone buat istirahat supaya panasnya agak berkurang. Dengan melakukan ini juga bisa bikin baterai hape nya lebih awet loh. 


 Kebanyakan Streaming 
Siapa yang suka nonton drama korea? 
Haha, saya jadi paham bener nih. Saya kurang suka main games namun selalu streaming nonton drama korea, jadi fix masalah saya ada disini. Streaming juga bikin handphone panas, apalagi kalau streaming kelamaan. Karena kan kalau streaming itu koneksi internetnya harus kenceng jadi itulah yang bikin handphone menjadi mudah panas. Aplaagi kalau lagi asik nonton drama korea, suka lupa waktu deh. 


 Pengaturan yang kurang optimal ✿ 
Cek deh pengaturan di handphone nya, sudah optimal apa belum? 
Mungkin, handphone panas itu karena ada pengaturan yang belum optimal. Misalnya kecerahan handphone terlalu terang, widgetnya kebanyakan atau menggunakan live wallpaper yang bikin batere menjadi lebih boros dan cepet panas. 

 Update aplikasi dan sistem operasi handphone   
Aplikasi yang ada indikasi bug nya berpotensi bikin masalah pada handphone loh, salah satunya ya bikin handphone cepet panas . Harus rajin update aplikasi soalnya kalau update, bug yang ada sama aplikasi itu diperbaiki developer. Selain aplikasi jangan lupa untuk update sistem operasi handphone juga yah. 



 Sinyal menghilang   
Susah sinyal bikin bete, dan juga bikin handphone menjadi panas. Apalagi pas lagi nonton streaming terus butuh koneksi internet yang cepet, signal hilang. Wassalam deh handphone bakalan langsung menjadi panas. Jadi usahakan sinyal hape itu stabil dan oke kualitasnya. Jangan salah pilih provider jaringan ya gaes. Pake XL aja biar jaringan tetap stabil dimana pun juga, bahkan dipakai diluar negeri sekalipun. 

Itulah penyebabnya yang suka bikin handphone menjadi suka panas. Terus gimana dong caranya supaya handphone yang panas ini menjadi normal kembali?

➡️ Selalu gunakan charger yang asli / original 
Jangan pernah tergiur harga murah gaes. Apalagi untuk beli charger handphone. Selalu beli charger yang original ya, karena menggunakan charger yang tidak asli / palsu malah bakalan bikin handphone cepet panas dan juga cepet rusak. Untuk memastikan bahwa charger nya asli dan aliran daya nya baik, temen - temen bisa donlod aplikasi Ampere, disana bisa cek keaslian charger loh. 



➡️ Jangan sering multi tasking 
Tapi tergantung spesifikasi hape nya juga sih, semakin canggih ya semakin oke buat multi tasking. Tapi tetep harus dijaga jangan sampe suhu hape nya menjadi panas. Banyaknya aplikasi yang aktif yang digunakan dalam waktu bersamaan itu tuh yang bikin panas, makanya jangan sering - seing multi tasking ya, kasian hape nya. 


➡️ Hapusin file sampah 
Rajin membersihkan file sampah, cache sampe cookies yang sudah numpuk karena tumpukan ini tuh bisa menjadi penyebab hape cepet panas. Hapusin aja biar CPU dan RAM nya menjadi oke kembali. Saya sih pake aplikasi Clean Master, aplikasi yang oke banget buat atasi hape yang cepet panas. 

Masih banyak sih sebenernya cara supaya hape ga cepet panas, namun salah satu yang saya tuliskan ini juga lumayan membantu banget bikin hape ga cepet panas gaes. Semoga bermanfaat yah. 






With Love 






19 komentar:

  1. Woow info pengetahuan yang harus di ketahui semua orang nih, soalnya zaman sekarang semua orang pasti punya hp dan harus tau info seperti ini. Agar hpnys lebih awet. Mksih infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama, terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Duh susah teh kalau disuruh ga multitasking, hihihi... Makasih ya tipsnya :)

    BalasHapus
  3. HPku paling cepet panas kalau lagi susah sinyal, Teh. Makanya suka kuganti airplane mode tapi kalau hpnya pas ngumpet mau di-misscall ya bye bye deh :D Eh penggunaan charger yang ngga ori juga ngaruh ya. Wah makasih infonya, Teh

    BalasHapus
  4. Rajin hapus file sampah ini benar banget. Kinerja ponsel jadi cepat dan gak panas
    Beruntung nih ponsel yang selalu apdet ngapusin file sampah jadi gak harus hapus manual

    BalasHapus
  5. Nah itu penting ya kak, pakai changer yang asli ya jangan abal-abal hahaha

    BalasHapus
  6. setuju untuk mengunakan charger yang original karena sempat liat di youtube ada beberapa hape meledak..kan serem

    BalasHapus
  7. Bener mba, kalau dipakai untuk multitasking (browsing, mp3/yutub) hp ku langsung anget, kalau di puncak/pas mendung ga protes sih 🙈 sekaligus angetin tangan

    BalasHapus
  8. Hapeku bangeeett, Krn suka dipaksa kerja keras hehe, Apalagi buat chating, makanya kalau di rumah aku pakai laptop dan semuanya konek di laptop termasuk WA-an. Tapi kalau pas gak di luar rmh yaaa, paling saat gak penting banget aku gk buka medsos atau WA sih :D
    Wah hapusin file sampah ini aku suka lupa hehe baiklah akan kulakukan :D

    BalasHapus
  9. waduh, perilaku yg disebutkan ini kerapkali saya lakukan, baiklah ke depan jadi makin mawas diri

    BalasHapus
  10. Iya nih mba aku juga dah mulai hapusin aplikasi yg gk penting dn sll pakai charge asli,,,sebisa mungkin gk main game trlalu lama thanks Kak udah dingatkan

    BalasHapus
  11. Aku sering multitasking..pantas ponsel cepat panas..n baterei habis..terus kalo buka aplikasi jarang ditutup biasanya langsung loncat ke yang lain..
    Duh.

    BalasHapus
  12. Daku kalau hape udah mulai panas, berhenti dulu lalu hape nya taro di lantai biar agak adem.

    BalasHapus
  13. handphone asusku cepet banget panas. Dan kalau udah panas hapenya jadi bego, ahahah..biasanya langsung aku diemin nggak diapa apain

    BalasHapus
  14. Bener banget nggak nyaman kalau hape cepet panas, suka sih hapusin sampah tapi kadang kelupaan mesti rajin terus, makasih ya infonya

    BalasHapus
  15. aku hobi banget multi-tasking. sambil streaming, chattan dan juga lainnya dalam waktu yg bersamaan.. pantes aja ni hp suka cepet panas :'D

    BalasHapus
  16. Aku sering nih hape panas. Aku pernah lho, saat panas gitu, aku buka casingnya dan lalu simpen di lantai. Cepet dinginnya. :D

    BalasHapus
  17. AQ banget tuu kalau pegang hp sampe panas ...o iya suka lupa hapus sampah . Info yg berguna bngt ni terma kasih

    BalasHapus
  18. aplikasi notif atau apa gitu kalo di on-in juga bikin panas kayanya sist. jadi walaupun hp lagi gak di mainin bisa panas. cmiiw.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.