Reaching To The Worlds With The Word

Jumat, 01 Februari 2019

Mengontrol Emosi Selama Haid

Bismillah,

Kalau pas datang bulan, ada yang suka ngerasain kram perut gak? Atau badan jadi berasa cepet capek? Moody? Sensitif? Cepet marah? 



PMS mode ON. 

Orang maklumi kali yah. Apalagi pas mereka tau kita lagi haid palingan bilang " oh lagi haid, PMS itu". Tapi itu yang tau, gimana kalau yang gak tau ya gaes? Gak mungkin kan kita tuh minta dimaklumi terus, ye kan? 

Ujung - ujungnya malah salah paham deh. Dari salah paham, suka ada ujungnya lagi, jadi masalah. 

Makanya, saya suka sebisa mungkin meskipun lagi haid suka nahan - nahan emosi aja, ngendaliin diri sebisa mungkin. Karena males juga kan kalau berujung masalah. Nah untuk mengatasi hal itu saya punya nih beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi selama haid. 

Menghindari jenis makanan yang mengandung kafein, gula dan juga soda 
Lah emang ada hubungannya sama mengontrol emosi? Oke, gini ya gengs. Stop makanan yang sifatnya manis itu bisa loh mengurangi rasa sakit atau kram perut ketika haid. Jadi selama haid bisa stop dulu konsumsi cokelat, es krim atau permen. Apalagi konsumsi kafein dan soda, stop dulu aja yah. Jadi, temen - temen pilih jenis makanan yang bisa meredakan sakit itu, itu bisa banget memperbaiki atau membuat emosi lebih stabil loh. 


Memperbanyak makanan yang mengandung kalsium
Stop makanan manis, ganti aja dengan makanan yang mengandung kalsium. Lebih disarankan untuk memilih makanan yang kalsiumnya tinggi, ini tuh manfaatnya oke loh buat tubuh karena mampu meredakan nyeri pas datang bulan dan juga bisa meningkatkan mood, kan biasanya kalau lagi haid mood suka kurang oke yah. 

Coba untuk konsumsi lebih banyak sayuran seperti brokoli, bayam dan juga lobak, kandungan kalsiumnya tinggi loh. Temen - temen juga bisa konsumsi susu, yoghurt atau keju. Wah enak - enak kan? Semua jenis makanan dan minuman ini tuh bakalan menggantikan kalsium yang terkuras ketika haid. 

Jangan konsumsi makanan asin 
Stop dulu deh makan makanan yang kadar garamnya tinggi. Kadar garam yang tinggi bisa menaikkan rasa kram dan malah tambah sakit loh. Jadi buat yang suka makanan asin mendingan stop dulu aja daripada tar tambah sakit. 


Jangan terlalu capek say, berat 
Bayangin aja gaes, lagi haid keluar banyak darah dari dalam tubuh kan? terus kecape an? Kebayang gak lemesnya? Capek kan? Kalau capek biasanya suka cepet emosi tersulut, jadinya marah - marah aja. Nah untuk menghindari ini, jangan terlalu capek deh. Kalau lelah, istirahat saja. 


Kalau dipaksain mengerjakan sesuatu, sementara kondisi dalam keadaan capek yang ada jadinya stress. Jadi untuk menghindari stress dan menstabilkan emosi ketika haid baiknya jangan terlalu capek dan berusahalah untuk rileks alias santai. 

Jadi enaknya sih kalau lagi haid itu mencari suasana tenang, melakukan me time baca buku atau nonton film gitu kan asik yah. Jadi emosi pun bisa jadi stabil lagi, gak cepet marah - marah deh. 

Kalau temen - temen gimana tuh cara mengontrol emosi selama haidnya? Sharing Yuk!


         With Love,
      Tian lustiana 






23 komentar:

  1. Tapi ada satu hal unik lho Mbak kalau menurut saya tentang wanita dan haid. Jadi pernah tuh saya mengamati beberapa teman dan diri saya sendiri kalau sebelum dan saat haid. Yang saya temukan, sepertinya orang-orang di sekitar wanita yang akan/sedang haid itu banyak yang bersikap kurang baik sehingga memancing emosi. Istilahnya kayak sering atau serba apes deh Mbak. Tapi segala masalah ruwet itu bisa selesai sendiri kalau udah kelar haid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang unik yah, kok bisa saling mempengaruhi antara haid dan mood hehe

      Hapus
  2. Wah... aku ngga pernah merasakan langsung sih kak hahahah cuman sering kena dampaknya. kalau aku yang otomatis menjauh dan ngga mau cari gara-gara. Tapi ya bukan berati juga dijauhi sih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya pastilah pernah kena dampaknya wkwkwkw, janganlah jangan dijauhi, kalau dijauhi tambah panjang urusan

      Hapus
  3. Kadang saya bingung juga lho tiap bulan haid tapi kok suka aja nggak ke kontrol hahaha. Tapi kalau ngutip kata dokter ya hormon berubah terus ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya perubahan hormon mempengaruhi banget yah

      Hapus
  4. Huhuhu... aku nih masih susah ngontrol emosi kalo lagi PMS. Dan iya, makanan sangat berpengaruh dalam emosi ini. Tapi da gimana ya, kalo lagi PMS gitu, enak banget makan cokelat dan ngemil keripik gurih. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama teh, emosi suka meledak - ledak emang kalau lagi pMS yah huhu

      Hapus
  5. Saya juga mudah tersulut emosi saat PMS. Tipsnya sangat bermanfaat mba..TFS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan perempuan memang mudah tersulut emosi ketika sedang PMS yah

      Hapus
  6. wah, padahal kalau saya lagi haid malah pengennya yang asin asin pedas mbak. Karena kayaknya bawaannya eneg gitu di lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak tuh ngemil yang asin - asin pedas, seblak

      Hapus
  7. Enggak bisa sharing karena cowok. Tapi kalau denger dari temen yang cewek, rasa sakit perutnya tuh sakit banget ya sampe bikin bawaannya pengen marah2. Makanya mengendalikan emosi saat menstruasi bagi cewek itu penting banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh cowok sih palingan pernah kena dampaknya aja yah hehehehe

      Hapus
  8. Emang kalau PMS itu rasanya nano-nano, udah perut melilit, lemesnya minta ampun dan yang utama mau ngapa-ngapain males banget. Aku baru tahu mbak ternyata makanan bisa mempengaruhi ya. Padahal kalau pas PMS sih apa yg kupengen biasanya kumakan aja :D

    BalasHapus
  9. efek Haid bagi sebagian wanita memang jadi masalah yang agak tricky ya.. kalo aku kalo haid maunya tiduran aja.. karena lemes banget... terus maunya juga minum yang seger-seger.. wanita oh wanita.. cobaan emosinya berat euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, lagi haid emang enaknya tiduran dan ngemil aja heheh

      Hapus
  10. Hahaha aku banget kalau lagi haid PMS deh moody dan sensian :P
    Kalau aku saat kyk gtu awal2 haid mencoba ngurangin aktivitas gtu mbak. Jdnya gak terlalu terbebani dan minim setres. Kalau dah hari2 selanjutnya lbh bisa adaptasi nih emosinya, lbh terkontrol bau deh beraktivitas biasa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sama dong, aku pun kalau lagi haid moody an dan sensi wkwkwk

      Hapus
  11. Emang kalo lagi PMS kepingin nya itu marah-marah terus Emosi tidak terkontrol semuanya Serba Salah maka di atas bisa sangat membantu bagi para wanita yang sedang haid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang begitulah uniknya wanita ya mbak

      Hapus
  12. Pantes aja kalo teman wanitaku lagi datang bulan sering sensitif. Makanya, aku harus atur pola komunikasi sama mereka biar gak diamuk kalo keceplosan ngomong yang bikin baper :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.